Keluarga

6 Tips Kecantikan Menggunakan Tepung Maizena yang Layak Dicoba

6 Tips Kecantikan Menggunakan Tepung Maizena yang Layak Dicoba

MOMSMONEY.ID - Tepung maizena atau cornstarch biasa digunakan untuk membuat kue atau menjadi pengental masakan.

Mengandung antioksidan dan beragam vitamin seperti vitamin A, C, dan E, tepung berbahan baku jagung ini juga memiliki kegunaan lain yang baik untuk kulit saat diaplikasikan secara topikal lho.

Selengkapnya, berikut penjelasan tentang manfaat beserta tips menggunakan tepung maizena untuk kecantikan sebagaimana dilansir dari situs Dr.Oz.

Baca Juga: Bisa Mencerahkan Kulit, Begini Cara Menggunakan Tepung Beras untuk Wajah

1. Sebagai deodoran alami

Tepung maizena mampu menyerap kelembaban sekaligus mengurangi aroma tidak sedap akibat keringat. Oleh sebab itu, bahan ini sangat baik untuk dijadikan sebagai deodoran alami.

Untuk membuatnya, campurkanlah 3 sendok makan tepung maizena organik dengan 4 sendok makan baking soda dan 5 sendok makan minyak kelapa yang dipanaskan terlebih dahulu. Anda bisa menambahkan 5 tetes tea tree oil jika menginginkan aroma tambahan. Setelah semua bahan tercampur dan berubah menjadi pasta, pindahkan ke dalam wadah dan deodoran alami dari tepung maizena pun siap untuk digunakan.

2. Sebagai dry shampoo

Seperti kita tahu, keberadaan dry shampoo akan sangat berguna di kala buru-buru dan tidak punya waktu untuk mandi penuh. Meski banyak dijual di pasaran, namun Anda tetap bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan tepung maizena. Anda cukup mencampurkan seperempat cangkir tepung maizena dengan 2 sendok makan baking soda hingga merata lalu taburkan sedikit ke rambut Anda sebelum disisir.

Dry shampoo dari tepung maizena akan membantu menghilangkan sebagian besar minyak di kulit kepala dan membuat rambut Anda terlihat bersih dalam waktu singkat. Nah, mengingat tepung maizena dan baking soda memiliki warna yang terang, dry shampoo ini mungkin paling cocok untuk orang dengan rambut berwarna lebih terang.

3. Untuk menenangkan iritasi kulit

Tepung maizena dapat digunakan sebagai penenang iritasi kulit termasuk sunburn dan alergi kulit. Caranya, campurkan 3 sendok makan tepung maizena dengan air dingin sampai memiliki konsistensi serupa selai kacang.

Setelah jadi, oleskan pasta tepung maizena ke area kulit yang mengalami iritasi dengan menggunakan kain kasa atau bola kapas dan biarkan sampai mengering. Anda bisa menerapkan pasta tepung maizena setiap sebelum tidur guna memberikan waktu yang cukup untuk bekerja.

Baca Juga: 4 Tips Makeup Mata untuk Menyamarkan Dark Circles

4. Untuk mencegah masalah kaki atlet

Masalah kaki atlet atau tinea pedis adalah kondisi podiatrik yang bau dan cenderung tidak sedap dipandang. Kaki atlet disebabkan oleh pertumbuhan jamur di lapisan atas kulit kaki. Dikarenakan jamur senang tumbuh subur di tempat yang hangat dan basah, maka tidak heran jika kondisi kaki atlet sering menimpa para atlet yang kakinya cenderung berkeringat saat mengenakan sepatu.

Adapun kekuatan menyerap kelembaban yang dimiliki tepung maizena menjadikannya sebagai obat pencegahan kaki atlet yang cukup efektif. Anda hanya perlu menaburi kaki Anda dengan tepung maizena secukupnya untuk menjaga kaki tetap kering sekaligus mencegah jamur dari akarnya.

5. Untuk menjaga area kemaluan tetap kering dan segar

Kelembaban berlebih di area sekitar kemaluan rentan menyebabkan iritasi dan bau yang tidak sedap. Untuk menjaganya supaya tetap kering dan segar, maka tepung maizena layak Anda coba.

Sebaliknya, hindari penggunaan bedak di area kemaluan karena zat yang terkandung di dalam bedak berpotensi meningkatkan risiko kanker ovarium.

6. Untuk mengurangi gatal akibat gigitan serangga

Gigitan serangga yang mengganggu bisa menjadi lebih parah dan gatal jika terpapar kelembaban, minyak, dan bakteri. Nah, agar area kulit yang terkena gigitan serangga tetap bersih dan kering serta tidak terlalu terasa gatal, oleskanlah pasta yang terbuat dari tepung maizena.

Campurkanlah 3 sendok makan tepung maizena dengan air dingin secukupnya kemudian aduk-aduk hingga mengental. Setelah pasta jadi, oleskan ke area gigitan serangga dengan menggunakan kain kasa atau bola kapas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News