Keluarga

Bisa Mencerahkan Kulit, Begini Cara Menggunakan Tepung Beras untuk Wajah

Bisa Mencerahkan Kulit, Begini Cara Menggunakan Tepung Beras untuk Wajah

MOMSMONEY.ID - Tepung beras biasa dimanfaatkan untuk membuat berbagai hidangan terutama jajanan pasar. Namun, siapa sangka jika bahan makanan yang serbaguna ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kecantikan kulit wajah.

Faktanya, tepung beras dapat membantu memperbaiki struktur kulit berkat kandungan nutrisinya yang melimpah salah satunya vitamin B. Selain itu, mengaplikasikan tepung beras secara topikal ke kulit wajah juga bisa membantu mengatasi polusi dan kotoran eksternal serta membuat kulit terlihat lebih cerah.

Lalu, bagaimana cara menggunakan tepung beras untuk kecantikan kulit wajah? Dilansir dari BeBeautiful, inilah penjelasannya.

Baca Juga: 4 Langkah Sederhana untuk Membantu Melebatkan Alis

1. Untuk menyamarkan garis-garis halus

Jika wajah Anda dipenuhi dengan tanda-tanda stres dan penuaan dini seperti garis-garis halus dan kerutan, Anda bisa memanfaatkan tepung beras untuk membantu menyamarkannya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kombinasikanlah tepung beras dengan putih telur.

Putih telur diketahui dapat bekerja secara efektif untuk membalikkan tanda-tanda penuaan. Di sisi lain, beras mampu bekerja untuk memecahkan senyawa elastase yang menua pada kulit.

Ambil 1 sendok makan tepung beras dan campurkan dengan 2 butir putih telur hingga menjadi pasta yang kental. Setelah itu, oleskan pasta ke seluruh wajah lalu diamkan selama beberapa menit sampai benar-benar kering. Terakhir, bilas dan lembabkan wajah Anda dengan moisturizer.

2. Untuk mengurangi jerawat

Tepung beras memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menjaga kadar minyak di kulit. Ini artinya tepung beras mampu menyerap minyak berlebih sehingga hanya akan menyisakan minyak yang cukup untuk menyehatkan kulit. Pada gilirannya, penggunaan tepung beras akan sekaligus membantu mengontrol komedo dan jerawat.

Jika Anda sedang bermasalah dengan jerawat, tepung beras dan castor oil merupakan kombinasi yang sempurna. Castor oil memiliki sifat anti-fungal dan anti-inflamasi yang menenangkan dan melembutkan kulit.

Sediakan 1 sendok makan tepung beras lalu tambahkan 4 tetes castor oil serta beberapa tetes air mawar ke dalamnya. Campur semua bahan hingga mengental menjadi pasta kemudian oleskan dan diamkan selama 5 menit pada wajah. Untuk hasil terbaik, lakukanlah perawatan ini sebanyak 3 kali seminggu.

3. Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati

Tepung beras dapat bekerja secara aktif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati serta semua kotoran yang menyumbat pori-pori dan berkontribusi terhadap kerusakan sekaligus kekusaman kulit.

Manfaat eksfoliasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan tepung beras dan lidah buaya. Tak hanya mampu membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk, campuran tepung beras dan lidah buaya juga akan menenangkan kulit dan membuatnya terasa segar.

Campurkan 1 sendok makan tepung beras dengan 2 sendok makan gel lidah buaya. Setelah merata, oleskan campuran tadi ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas wajah Anda hingga bersih setelah 20 menit kemudian lembabkan.

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Mata yang Sensitif agar Tidak Iritasi

4. Untuk mencerahkan kulit

Teh hijau kaya akan antioksidan dan dapat bekerja dengan baik dalam hal membersihkan kulit. Saat dikombinasikan dengan tepung beras, khasiat teh hijau pun akan ditingkatkan. Campuran dari kedua bahan ini tidak hanya bisa membersihkan kulit tetapi juga mampu membuatnya lebih cerah.

Seduh 1 kantong teh hijau dengan segelas air panas dan diamkan selama beberapa menit. Usai beberapa menit, lanjutkan dengan memasukkan 2 sendok makan tepung beras dan 1 sendok teh jus lemon ke dalam seduhan teh hijau. Aduk semua bahan tersebut hingga membentuk pasta kemudian oleskan dan diamkan pada wajah selama 15 menit.

Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

5. Untuk mengencangkan kulit

Menggabungkan tepung beras dengan apel dan jeruk bisa membantu mengencangkan kulit lho, Moms. Apel dan jeruk kaya akan vitamin serta mineral yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Sementara itu, tepung beras mampu membantu mengencangkan dan mempertahankan elastisitas kulit yang mengarah pada pengurangan tanda-tanda penuaan.

Sebagai tambahan, masukkanlah madu ke dalam campuran ini karena madu dapat bertindak sebagai pengikat serta memiliki kemampuan untuk menenangkan, melembutkan, dan mengenyalkan kulit.

Sediakan setengah buah apel yang sudah diparut, setengah buah jeruk yang sudah diperas, 1 sendok teh madu, dan 2 sendok makan tepung beras. Campurkan semua bahan sampai menjadi pasta yang kental. Untuk hasil maksimal, diamkan pasta selama 15 menit pada wajah sebelum dibilas dan ulangi perawatan ini setiap seminggu sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News