Keluarga

5 Tips Makeup untuk Mata yang Sensitif agar Tidak Iritasi

5 Tips Makeup untuk Mata yang Sensitif agar Tidak Iritasi

MOMSMONEY.ID - Memiliki mata yang mudah gatal, berair, atau teriritasi tentu bukan sesuatu yang mudah terutama jika Anda gemar ber-makeup. Pasalnya, pemilihan atau cara pengaplikasian produk makeup yang tidak tepat rentan memperparah kondisi mata yang sensitif.

Untuk membantu Anda mencegah iritasi mata saat memakai makeup, artikel ini patut Anda simak sampai akhir. Sebagaimana MomsMoney kutip dari Her Zindagi, berikut 5 tips makeup untuk mata yang sensitif agar tidak iritasi.

1. Aplikasikan produk secara lembut

Menerapkan sapuan kasar untuk mengaplikasikan produk makeup pada kelopak mata dapat menyebabkan iritasi. Jadi, pastikan Anda bersikap lembut saat menerapkan makeup mata terutama jika bagian mata Anda tergolong sensitif.

Adapun cara terbaik untuk mengaplikasikan produk makeup pada mata yang sensitif yaitu dengan menggunakan gerakan menepuk dan membaurkannya tanpa memberikan terlalu banyak tekanan.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Kerutan di Bawah Mata Secara Alami

2. Pakai brush berkualitas tinggi

Menggunakan brush dengan bulu yang kasar dan tidak bersih untuk mengaplikasikan makeup mata dapat menyebabkan iritasi. Sebagai gantinya, gunakanlah brush berkualitas tinggi dan tentunya bersih. Jangan ragu untuk mengeluarkan kocek lebih untuk berinvestasi pada brush terbaik dibandingkan mata sensitif Anda harus tersakiti.

Pilihlah brush berlabel original dengan bulu yang lembut dan gagang yang kokoh. Selalu ingat juga untuk mencuci brush secara rutin dengan cara yang benar guna meminimalkan segala jenis iritasi mata.

3. Tempatkan produk dengan tepat

Kelopak mata yang dibingkai tebal dengan terlalu banyak eyeliner memang sangat populer. Namun, tampilan yang berat semacam ini bisa sangat menyakitkan bagi mata yang sensitif.

Apabila Anda memiliki mata yang sensitif, alangkah baiknya Anda tidak menggunakan produk apapun di bagian waterline untuk menghindari masalah mata lebih lanjut. Jika Anda tetap ingin memakai eyeliner, pastikan untuk mengaplikasikannya di bagian bawah waterline.

4. Jangan mengaplikasikan produk secara berlebihan

Pemilik mata sensitif harus menghindari penggunaan produk yang terlalu banyak. Misalnya, jika Anda menginginkan tampilan smokey eyes, maka Anda tak perlu menambahkan cat eyeliner yang dramatis di atasnya. Selain itu, jangan pula membebani kelopak mata Anda dengan eyeshadow yang tebal.

Ingat, semakin sedikit produk yang Anda gunakan, maka semakin kecil pula kemungkinan mata Anda mengalami iritasi. Plus, penggunaan produk yang tidak berlebihan juga akan memudahkan Anda untuk membersihkannya dengan maksimal.

5. Hindari bahan-bahan yang mengiritasi

Bahan-bahan tertentu dalam produk kosmetik bisa menyebabkan dermatitis kontak. Bahan-bahan ini termasuk beberapa solvent, rubbing alcohol, formaldehyde, sabun, dan aditif pewarna.

Dermatitis kontak sendiri dapat muncul sebagai iritasi ringan, ruam merah, gatal, dan bahkan lepuh yang menyakitkan di area kulit yang terkena bahan-bahan kosmetik yang mengiritasi. Jika suatu hari Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera hentikan penggunaan produk dan hubungi dokter kulit apabila gejala terus berlanjut.

Nah, itulah 5 tips makeup untuk mata yang sensitif agar tidak iritasi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News