HOME, Keluarga

6 Tanda Makeup Kedaluwarsa, Jangan Dipakai Lagi Ya!

6 Tanda Makeup Kedaluwarsa, Jangan Dipakai Lagi Ya!

MOMSMONEY.ID - Saat ini, tidak sedikit dijumpai orang-orang yang gemar membeli makeup baru padahal stok yang lama masih ada. Akhirnya, stok makeup yang dimiliki pun menumpuk dan tanpa sadar berujung kedaluwarsa meski isinya masih banyak.

Fenomena tersebut tentu tidak baik jika menjadi kebiasaan karena makeup kedaluwarsa menyimpan bahaya jika terus digunakan. Selain jerawat, makeup yang sudah tidak layak pakai juga bisa menimbulkan iritasi atau infeksi pada kulit wajah.

Supaya tidak menimbulkan permasalahan kulit yang bisa merusak penampilan wajah, alangkah baiknya Moms mengetahui tanda-tanda makeup kedaluwarsa yang MomsMoney lansir dari Calanna Pharmacy sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Tips Seputar Foundation yang Perlu Diterapkan Supaya Hasil Makeup Cantik Maksimal

1. Maskara

Siapa di sini penggemar maskara dibandingkan bulu mata palsu? Maskara terbilang ajaib, karena mampu meningkatkan penampilan bulu mata dalam sekejap.

Meskipun begitu, disarankan bagi Moms untuk membuang maskara setiap 3 bulan apabila maskara sudah dibuka dan digunakan.

Membuka dan menutup tube maskara secara konstan dapat menyebabkan bakteri menumpuk dan berisiko menimbulkan iritasi atau infeksi mata.

Tanda-tanda yang harus diperhatikan dari maskara kedaluwarsa adalah baunya yang berubah menyengat serta cairannya yang menjadi kering dan bersisik.

2. Lipstick

Performa lipstick yang sempurna biasanya akan bertahan selama sekitar satu tahun. Ketika kedaluwarsa, aroma lipstick akan berubah menyengat atau bahkan tidak beraroma sama sekali.

Setelah melewati masa kedaluwarsanya, lapisan lilin yang ada pada lipstick cenderung akan menjebak bakteri sehingga iritasi dan kerusakan pada bibir pun rentan terjadi jika lipstick kedaluwarsa terus Moms gunakan.

3. Foundation

Setelah kedaluwarsa, foundation akan rusak dan bahan pengawet yang ada di dalamnya akan berhenti bekerja sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri. Menggunakan foundation kedaluwarsa dapat menyebabkan wajah Moms berjerawat, iritasi, atau infeksi.

Tanda-tanda foundation sudah kedaluwarsa yaitu isinya yang tampak terpisah seolah tidak menyatu.

4. Eyeliner

Eyeliner cenderung bertahan lebih lama dibandingkan maskara, namun tetap berisiko terkontaminasi kuman jika digunakan melewati masa kedaluwarsanya.

Meski perbedaan antara eyeliner yang belum dan sudah kedaluwarsa tidak terlalu terlihat, pastikan Moms tidak menggunakan eyeliner yang sudah tidak layak pakai guna menghindari terjadinya iritasi atau infeksi mata.

5. Blush On

Saat blush on berbentuk powder kedaluwarsa, teksturnya akan menjadi keras dan terlihat jelek saat diaplikasikan.

Sebenarnya, blush on powder yang sudah kedaluwarsa masih memungkinkan untuk digunakan selagi tidak mengandung air, minyak, atau humektan yang menyediakan lingkungan lembab bagi kuman dan bakteri untuk berkembang.

Sebaliknya, Moms disarankan untuk tidak menggunakan blush on berbentuk cream atau stick yang sudah kedaluwarsa. Pasalnya, blush on dengan bentuk tersebut memiliki tekstur lembab yang disukai kuman maupun bakteri.

6. Eyeshadow

Ketika eyeshadow berbentuk powder kedaluwarsa, teksturnya akan berubah menjadi keras dan tampak tidak mulus pada saat diaplikasikan.

Dikarenakan eyeshadow digunakan di dekat mata, selalu ingat untuk memeriksanya guna mengetahui tanda-tanda peringatan eyeshadow telah melewati masa kedaluwarsa. Selain perubahan tekstur, tanda-tanda eyeshadow kedaluwarsa dan sudah tidak layak lagi untuk digunakan ialah adanya perubahan bau dan warna.

Moms, itulah 6 tanda yang mengindikasikan bahwa produk makeup yang Moms miliki sudah kedaluwarsa.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada wajah Moms, sebaiknya Moms berhenti menggunakan makeup yang sudah kedaluwarsa dan menggantinya dengan yang baru. Meskipun isinya masih banyak, namun membuang makeup kedaluwarsa akan menjadi pilihan terbaik dibandingkan kulit wajah menjadi rusak hanya karena sayang.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Lip Serum Lokal untuk Bibir Sehat dan Pink Cerah Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News