HOME, Keluarga

5 Tips Seputar Foundation yang Perlu Diterapkan Supaya Hasil Makeup Cantik Maksimal

5 Tips Seputar Foundation yang Perlu Diterapkan Supaya Hasil Makeup Cantik Maksimal

MOMSMONEY.ID - Sesuai namanya, foundation merupakan dasar makeup yang detail pengaplikasiannya tidak boleh luput dari perhatian. Karena, banyak dijumpai kasus wajah terlihat abu-abu akibat pemilihan foundation yang tidak tepat.

Sebagai upaya pencegahan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan supaya makeup yang sudah susah payah dibuat tidak lantas sia-sia karena foundation yang bermasalah.

Melansir Allure, inilah 5 tips seputar foundation yang perlu Moms ingat baik-baik agar makeup cantik maksimal.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Foundation untuk Kulit Kering, Lembab dan Glowing!

1. Jangan asal memilih shade foundation

Undertone atau warna dasar kulit sangat penting untuk Moms ketahui supaya tidak keliru pada saat memilih foundation. Pasalnya, foundation yang tidak sesuai dengan undertone rentan menyebabkan wajah menjadi ashy atau abu-abu nantinya.

Undertone sendiri terdiri dari Cool, Warm, dan Neutral. Berbeda dengan skintone yang bisa dilihat secara kasat mata, Moms perlu melakukan cara tersendiri untuk menentukan undertone. Untuk mengetahui undertone, Moms bisa melihat warna urat nadi atau melakukan tes menggunakan perhiasan.

  • Tes menggunakan warna urat nadi: Cool (jika urat nadi berwarna biru), Warm (jika urat nadi berwarna hijau), dan Neutral (jika warna urat nadi susah ditentukan apakah itu biru atau hijau).
  • Tes menggunakan perhiasan: Cool (jika Moms terlihat cocok menggunakan perhiasan silver), Warm (jika Moms terlihat cocok menggunakan perhiasan emas), dan Neutral (jika Moms terlihat cocok menggunakan perhiasan silver maupun emas).

2. Perhatikan tanggal kedaluwarsa foundation

Setiap produk kecantikan termasuk foundation tentu saja memiliki daya tahan atau masa simpan. Ketika foundation kedaluwarsa, maka formula dan performanya pun akan memburuk. Untuk itu, Moms perlu memerhatikan tanggal kedaluwarsa foundation yang tertera pada kemasannya.

Jika Moms tidak menemukan tanggal kedaluwarsa pada kemasan foundation, Moms bisa mengingat kembali kapan Moms membeli foundation tersebut. Adapun foundation sendiri dapat bertahan selama sekitar 6-12 bulan semenjak dibeli dan dibuka kemasannya.

3. Siapkan kulit wajah sebelum dipoles foundation

Sebelum mengaplikasikan foundation, sangat disarankan untuk Moms menggunakan primer terlebih dahulu.

Menggunakan primer sebelum foundation berguna untuk menahan makeup supaya dapat bertahan sepanjang hari. Jadi, makeup Moms akan awet meski tanpa touch-up.

Untuk kulit berminyak, Moms bisa memilih primer yang bersifat mattifying contohnya Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser. Sementara untuk kulit kering, Moms bisa memilih primer yang menghidrasi seperti Luxcrime Perfect Canvas Hydro Blur Finish Primer.

4. Hindari foundation yang mengandung zinc oxide

Zinc oxide sering ditemukan dalam produk ber-SPF. Agar hasil makeup Moms maksimal, pastikan untuk tidak memilih foundation dengan kandungan zinc oxide di dalamnya.

Foundation dengan zinc oxide mungkin akan mencerahkan penampilan kulit. Namun, wajah Moms kemungkinan besar akan menjadi abu-abu ketika menggunakan foundation yang mengandung zinc oxide.

5. Pilihlah foundation yang satu tingkat lebih terang

Momok populer dari penggunaan foundation ialah warnanya akan menggelap setelah digunakan beberapa saat. Hal ini disebabkan oleh formula foundation yang rata-rata akan mengalami oksidasi.

Untuk menghindari tampilan makeup kurang maksimal akibat oksidasi, baiknya Moms memilih foundation dengan warna yang lebih terang satu tingkat dari warna kulit asli Moms. Nah, supaya tidak terlihat terlalu terang, Moms bisa mengakalinya dengan menggunakan bronzer atau pun kontur.

Sekian tips seputar foundation yang bisa Moms praktikkan supaya penampilan makeup terlihat paripurna. Pastikan untuk tidak lupa melakukan double cleansing setelah menggunakan makeup agar kulit wajah tidak dihinggapi komedo dan jerawat.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Krim Pencerah Ketiak Gelap, Harga di Bawah 100 Ribu dan Sudah BPOM!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News