HOME, Keluarga

6 Rekomendasi Pajangan yang Cocok untuk Rumah Bergaya Vintage

6 Rekomendasi Pajangan yang Cocok untuk Rumah Bergaya Vintage

MOMSMONEY.ID - Di tengah tren rumah bergaya modern dan minimalis, nampaknya interior rumah bergaya vintage dan antik bisa dibilang masih memiliki banyak penggemar.

Sesuai dengan namanya, interior rumah bergaya vintage banyak menggunakan unsur-unsur yang terlihat vintage atau antik, mulai dari penggunaan warna cat dinding, motif, hingga pajangan rumah tertentu.

Nah, salah satu cara termudah menghadirkan kesan vintage di rumah adalah dengan menggunakan pajangan rumah yang tepat. Ingin tahu pajangan rumah apa saja yang bisa cocok digunakan untuk rumah bergaya vintage? Simak rekomendasi berikut ini!

Baca Juga: Simpel dan Natural, Berikut Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Coklat

1. Set cangkir teh porselen

Jika Anda punya set cangkir teh atau tea set berbahan porselen dengan motif klasik yang tidak terpakai di rumah, coba manfaatkan sebagai pajangan untuk menghadirkan kesan vintage di rumah Anda.

Mengutip Dengarden.com, Anda bisa memajang set cangkir teh tersebut di ruang keluarga. Tempatkan set cangkir teh tersebut di tempat yang aman, misalnya lemari dengan pintu kaca supaya tidak mudah jatuh dan pecah.

2. Vas bunga porselen

Selain set cangkir teh, Anda juga bisa menggunakan vas bunga porselen dengan motif ornamen yang terlihat antik dan klasik. Porselen dan motif ornamen memang lekat dengan kesan vintage.

Supaya rumah semakin segar, lengkapi vas bunga tersebut dengan bunga-bunga segar. Gunakan bunga kesukaan Anda dengan warna-warna yang lembut untuk memperkuat kesan vintage.

3. Pigura foto

Jika punya banyak foto atau lukisan yang dipajang di dinding rumah, pertimbangkan untuk menggunakan pigura atau bingkai foto yang terlihat antik.

Rumah-rumah bergaya vintage banyak menggunakan hiasan dinding seperti foto atau lukisan. Umumnya, kesan vintage tersebut dihadirkan dari pigura foto yang dihias dengan ukiran atau ornamen rumit dan memiliki lapisan metalik.

Baca Juga: Kenali 5 Elemen Feng Shui untuk Ciptakan Keseimbangan di Rumah

4. Karpet bermotif

Dikutip dari Magic Bricks, penggunaan karpet tertentu juga dapat menambah kesan vintage pada rumah.

Pilihlah karpet dengan motif oriental atau motif-motif rumit lainnya yang terlihat klasik dengan rumbai-rumbai, lalu letakkan di ruangan seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Penggunaan karpet dengan motif yang detail tersebut akan membantu menghidupkan rumah Anda.

Baca Juga: Bisa Bawa Cuan, Yuk Simak Cara Menata Dapur ala Feng Shui!

5. Lampu gantung

Lampu gantung atau chandelier bisa menjadi pilihan model lampu yang tepat untuk menghadirkan suasana vintage di rumah.

Anda bisa menggunakan lampu gantung ini di kamar tidur, ruang tamu, atau ruang keluarga. Supaya kesan vintage semakin terasa, pilihlah lampu gantung dengan desain yang terlihat klasik dan berbahan logam.

6. Furnitur kayu, kulit, atau besi

Rumah vintage umumnya memiliki furnitur-furnitur berbahan kayu atau kulit yang berkualitas tinggi dengan warna gelap. Untuk memperkuat kesan vintage, pilihlah furnitur dengan detail-detail yang terlihat antik.

Mengutip The Spruce, furnitur besi juga merupakan pilihan yang bisa dipertimbangkan. Biasanya, furnitur ini banyak dijumpai dalam bentuk ranjang atau dipan di kamar tidur. Pilihlah ranjang besi dengan warna netral seperti putih dan hitam.

Itulah beberapa pajangan rumah yang bisa digunakan untuk menghiasi rumah bergaya vintage. Bagaimana, tertarik menggunakan gaya ini di rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News