HOME, Keluarga

Kenali 5 Elemen Feng Shui untuk Ciptakan Keseimbangan di Rumah

 Kenali 5 Elemen Feng Shui untuk Ciptakan Keseimbangan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Saat mendekorasi rumah dengan prinsip feng shui, kadang Anda akan disarankan untuk menggunakan benda-benda yang melambangkan elemen tertentu.

Mengutip Houzz Australia, elemen feng shui terdiri dari 5 elemen yang membentuk segala sesuatu di dunia ini, yaitu kayu, api, air, tanah, dan logam. Kelimanya perlu dihadirkan dalam suatu ruangan supaya keseimbangan dan kedamaian dapat hadir di ruangan tersebut.

Nah, apa saja makna dari setiap elemen tersebut, dan bagaimana cara menghadirkannya ke dalam rumah Anda? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Pajangan Lucky Cat, Apa Maknanya dalam Feng Shui?

Kayu

Dikutip dari hgtv.com, elemen kayu dalam feng shui melambangkan kreativitas, pertumbuhan, kekuatan, fleksibilitas, dan intuisi. Penggunaan elemen kayu yang berlebihan bisa memberi kesan kaku, sementara kekurangan elemen kayu bisa membuat Anda kurang produktif.

Untuk menghadirkan elemen kayu ke rumah Anda, gunakan warna biru dan hijau. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan benda-benda dengan unsur alam, misalnya tanaman hias, bunga, furnitur kayu, hingga kain katun.

Api

Dalam feng shui, api melambangkan antusiasme, sifat ekspresif, inspirasi, dan keberanian. Jika digunakan secara berlebihan, elemen api bisa memberikan kesan agresif dan implusif, sedangkan kekurangan elemen api bisa menghadirkan kesan dingin, kurang percaya diri, dan tidak ekspresif.

Untuk menghadirkan elemen api ke rumah Anda, gunakan warna-warna seperti merah, pink, dan ungu. Gunakan juga dekorasi berupa lilin dan benda-benda dengan motif kulit hewan, serta maksimalkan cahaya alami di dalam rumah.

Baca Juga: Dipercaya Bawa Hoki, Ini Makna Lucky Bamboo dalam Feng Shui

Air

Mengutip Well+Good, elemen air melambangkan aliran emosi, pergerakan, kelimpahan, kebersihan, dan kesejahteraan. Jika digunakan terlalu banyak, elemen air bisa membuat Anda merasakan emosi berlebihan, sementara kekurangan air akan membuat Anda tertekan dan kesepian.

Untuk menghadirkan elemen air ke rumah Anda, coba tambahkan kolam ikan dan akuarium yang menenangkan. Anda juga bisa menggunakan atau foto yang berhubungan dengan elemen air, warna biru dan hitam, serta menggunakan cermin. Hindari penggunaan gambar air yang terkesan “kasar”, misalnya ombak atau badai.

Baca Juga: 5 Kesalahan Dekorasi ala Feng Shui yang Bisa Bawa Sial, Yuk Hindari!

Tanah

Elemen tanah hadir untuk melambangkan stabilitas dan keamanan di dalam kehidupan Anda, seperti hubungan percintaan dan pekerjaan. Penggunaan elemen tanah yang terlalu banyak akan memberi kesan datar, membosankan, dan terlalu serius, sementara kekurangan elemen tanah akan membuat Anda merasa kurang fokus dan berantakan.

Untuk menghadirkan elemen tanah ke rumah Anda, gunakan warna-warna earthy seperti coklat dan hijau. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan dekorasi berupa kristal, gambar pemandangan, hingga pot keramik.

Logam

Dilansir dari The Spruce, elemen logam atau metal melambangkan rasionalitas, logika, keindahan, dan efisiensi. Penggunaan elemen logam yang berlebihan akan membuat Anda merasa terlalu kritis, sementara kekurangan elemen logam akan membuat Anda merasa kesepian dan sulit fokus.

Untuk menghadirkan elemen logam ke rumah Anda, gunakan warna abu-abu, putih, serta warna metalik. Anda juga bisa menggunakan benda-benda berbahan logam sebagai dekorasi, misalnya vas bunga perak, patung kecil, hiasan dengan aksen emas, hingga furnitur stainless steel.

Itulah beberapa elemen dalam feng shui yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News