HOME, Keluarga

Mengenal Pajangan Lucky Cat, Apa Maknanya dalam Feng Shui?

Mengenal Pajangan Lucky Cat, Apa Maknanya dalam Feng Shui?

MOMSMONEY.ID - Jika Anda akrab dengan kebudayaan Asia, kemungkinan besar Anda akan mengenali pajangan lucky cat.

Lucky cat merupakan pajangan kucing yang berasal dari Jepang dengan ciri khas berupa kaki depan yang dapat melambai-lambai.

Walaupun berasal dari Jepang, benda yang satu ini kerap digunakan dalam feng shui karena dipercaya dapat memberikan kebaikan bagi penghuni rumah.

Jadi, jika Anda ingin rumah dipenuhi dengan keberuntungan, kemakmuran, dan hal-hal baik lainnya, tidak ada salahnya Anda menggunakan lucky cat sebagai pajangan di rumah.

Baca Juga: Dipercaya Bawa Hoki, Ini Makna Lucky Bamboo dalam Feng Shui

Sebelum menggunakannya, yuk kenali dulu makna serta cara menggunakan pajangan lucky cat!

Apa itu lucky cat?

Dikutip dari laman Doorflip.com, lucky cat atau maneki-neko adalah patung yang dianggap membawa keberuntungan dalam kebudayaan Jepang, apalagi jika diletakkan di dalam rumah.

Biasanya, lucky cat terbuat dari plastik atau keramik, dan menggambarkan kucing yang berdiri sambil melambaikan satu kaki depannya. Lucky cat umumnya diletakkan di pintu depan toko-toko, restoran, salon, hingga tempat bisnis lainnya.

Lucky cat memang berasal dari Jepang, tapi benda yang satu ini juga sangat populer di Tiongkok sehingga banyak orang yang salah mengira lucky cat berasal dari negara tirai bambu tersebut.

Makna lucky cat

Walaupun terlihat seperti sedang melambaikan kaki depannya, sebenarnya lucky cat menggambarkan kucing yang tengah memanggil sesuatu, lo.

Mengutip Love to Know, lucky cat digambarkan tengah memanggil hal-hal positif seperti kemakmuran dan keberuntungan. Jika dipajang di toko, lucky cat digunakan untuk membantu menarik pelanggan masuk.

Baca Juga: 3 Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Merah yang Penuh Energi

Dalam feng shui, lucky cat umumnya dikenal sebagai simbol keberuntungan. Namun, Anda juga bisa menghadirkan hal-hal lainnya berdasarkan warna patungnya, lo.

Berikut beberapa variasi warna lucky cat dengan maknanya:

  • Hitam – melindungi penghuni rumah dari ancaman dan musuh
  • Biru – mendatangkan kedamaian, harmoni, dan kebahagiaan
  • Calico (tiga warna) – keberuntungan, kekayaan, dan kemakmuran
  • Emas – kekayaan dan harta
  • Hijau – membantu studi dan menyembuhkan penyakit
  • Pink – menarik cinta dan romansa
  • Merah – melindungi penghuni rumah dari kejahatan dan penyakit
  • Putih – kemurnian dan kebahagiaan

Selain itu, kaki depan yang diangkat juga melambangkan hal yang berbeda. aki kanan melambangkan undangan untuk keberuntungan dan harta, sedangkan kaki kiri melambangkan harapan untuk mendatangkan pelanggan.

Baca Juga: Klasik dan Romantis, Kenali 6 Elemen Taman Rumah Bergaya English Cottage

Cara menggunakan lucky cat

Dilansir dari The Spruce, ada beragam cara untuk menggunakan lucky cat dalam feng shui. Berikut beberapa di antaranya:

Di pintu depan: lucky cat bisa diletakkan di area pintu utama atau pintu depan rumah Anda. Lucky cat akan berperan sebagai penjaga pintu rumah Anda dan melindungi rumah dari hal-hal buruk, serta memberikan energi yang mengundang hal baik.

Mengarah ke luar jendela: jika Anda punya toko atau bisnis lainnya, coba letakkan lucky cat di area dekat jendela. Hal ini dipercaya dapat membantu memanggil pelanggan dan kemakmuran ke lokasi usaha Anda.

Di pojok kiri suatu ruangan: dalam feng shui, area pojok kiri suatu ruangan disebut Xun, yaitu area yang identik dengan kekayaan dan kemakmuran. Jika Anda ingin mendatangkan kedua hal tersebut, letakkan lucky cat di area pojok kiri suatu ruangan, misalnya di kamar tidur atau ruang kerja.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal lucky cat dalam feng shui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News