Santai

6 Olahraga Ringan biar Tetap Aktif, Tak Perlu Ke Gym

6 Olahraga Ringan biar Tetap Aktif, Tak Perlu Ke Gym

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara lain untuk tetap bugar selain pergi ke gym, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Menjaga tubuh untuk tetap aktif tentu harus dilakukan dengan olahraga. Aktivitas ini pun juga tak melulu harus dilakukan di gym.

Berikut ini ada beberapa aktivitas olahraga lainnya yang bisa dilakukan selain pergi ke gym.

Baca Juga: Ingin Tetap Langsing Saat Liburan? Ini 5 Tips Kontrol Berat Badan Saat Liburan

Jalan

Tak semua orang memiliki kemampuan untuk melakukan olahraga lari. Jalan adalah salah satu alternatif mudah untuk menjaga tubuh tetap aktif tanpa harus pergi ke gym.

Cobalah untuk mulai olahraga jalan dengan kecepatan sedang, seperti jogging sedang, berjalan-jalan bersama hewan peliharaan, atau berjalan-jalan di sekitar kompleks perumahan.

Menari

Sudah bukan rahasia umum bahwa menari juga bisa digunakan sebagai salah satu aktivitas olahraga. Banyak jenis olahraga yang menggunakan gerakan tarian sebagai aktivitas kardio. Misalnya, zumba, hip-hop, salsa, dan beragam jenis tarian lainnya.

Laman Women’s Health menjelaskan, menari bisa membantu mengaktifkan beberapa otot lainnya yang mungkin tidak dilatih maksimal saat berlari atau angkat beban.

Naik turun tangga

Jadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah, naik turun tangga tentunya juga bisa dikategorikan sebagai olahraga efektif dan mudah. Tak hanya di rumah, olahraga ini bahkan juga bisa dilakukan di tempat kerja atau gedung lainnya.

Olahraga naik turun tangga akan mengaktifkan otot pantat, paha dalam, otot perut, kaki, dan juga betis. Pastikan juga untuk selalu melakukan olahraga ini dengan aman selama kurang lebih minimal 15 menit setiap hari.

Baca Juga: 7 Jenis Bra yang Wajib Dimiliki Perempuan, Sudah Tahu?

Lompat tali

Olahraga efektif dan mudah dilakukan lainnya adalah dengan melakukan lompat tali. Yang dibutuhkan hanyalah alat lompat tali saja, tidak perlu pergi ke gym untuk melakukan olahraga ini.

Tak hanya melatih kardio, menurut laman Byrdie, olahraga lompat tali juga efektif untuk melatih otot kaki, otot perut, pundak, dan juga lengan. Coba lakukan interval, seperti satu menit loncat satu menit istirahat saat sudah lancar melakukan olahraga ini.

Mendaki

Bagi yang suka mengunjungi alam, pilihlah olahraga mendaki untuk tetap membuat tubuh aktif. Olahraga ini bisa dilakukan di tempat-tempat wisata atau gunung di daerah lokal.

Pastikan memilih medan pendakian yang cocok dengan kondisi kesehatan. Lakukan olahraga ini selama minimal satu jam untuk mengaktifkan otot perut, pantat, dan kaki, dalam postur mendaki yang benar.

Aplikasi olahraga

Zaman yang semakin maju juga membuat banyak orang berpindah haluan menggunakan aplikasi untuk olahraga. Ada banyak pilihan aplikasi yang menyediakan jenis olahraga berbeda secara gratis.

Contoh, aplikasi olahraga lari, yoga, pilates, meditasi, dan jenis olahraga fitnes lainnya. Unduh lah aplikasi olahraga yang diinginkan dan lakukan olahraga di aplikasi tersebut secara rutin.

Tak selalu harus ke gym, itulah tadi beberapa jenis aktivitas yang bisa digunakan untuk olahraga di mana pun dan kapan pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News