Santai

Ingin Tetap Langsing Saat Liburan? Ini 5 Tips Kontrol Berat Badan Saat Liburan

Ingin Tetap Langsing Saat Liburan? Ini 5 Tips Kontrol Berat Badan Saat Liburan

MOMSMONEY.ID - Ingin tetap langsing saat liburan? Simak beberapa tips berikut ini agar tidak mudah gendut saat liburan.

Liburan menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang sekaligus digunakan untuk melepas penat dan stres. Biasanya, saat liburan, orang akan menjadi lebih susah untuk mengontrol makan.  

Konsumsi makanan yang tidak terkontrol saat liburan tentunya bisa menjadi penyebab berat badan naik setelah liburan.

Bagi yang ingin tetap langsing saat liburan, berikut ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan agar berat badan tidak naik saat liburan:

Baca Juga: Ingin Segera Akhiri Masa Jomblo? Stop Lakukan 6 Hal Berikut Ini, ya

Mengatur porsi makan sendiri

Mengatur porsi makan dan jenis makanan saat liburan juga menjadi salah satu cara untuk terhindar dari kegendutan akibat liburan.

Caranya pun juga cukup mudah, dengan membawa sendiri makanan sehat, seperti sayur, buah, dan protein yang telah disiapkan saat sedang bertemu teman ataupun saat liburan. Sehingga, kalori yang dimakan pun masih sesuai dan dapat terkontrol dengan baik.

Menggunakan piring kecil

Laman Health Line memberikan tips mudah yang dapat dilakukan agar terhindar dari berat bedan yang naik pasca liburan. Yakni, dengan menggunakan piring dengan ukuran lebih kecil saat sedang liburan.

Masa liburan akan membuat orang kesusahan untuk mengontrol porsi makan dan lebih memilih makan dengan porsi besar yang membuat berat badan mudah bertambah.

Alhasil, menggunakan piring dengan ukuran yang kecil bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengontrol porsi makan.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru, Apa Resolusi Kesehatan Anda? Simak Inspirasi Berikut

Mengunyah perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan bisa membantu tubuh untuk cepat merasa kenyang. Sehingga, tubuh akan secara alami membatasi makanan yang dimakan.

Mengunyah makanan secara cepat tentunya bisa membuat tubuh merasa kurang dan lapar. Akhirnya, nafsu makan akan terus bertambah dan tubuh kehilangan waktunya untuk memproses makanan hingga merasa kenyang.

Makan protein

Saat liburan ada baiknya untuk mengatasi rasa lapar dengan mengonsumsi lebih banyak protein yang tentunya lebih mengenyangkan.

Laman Greatist menjelaskan, memilih makanan dengan protein tinggi, seperti dada ayam, kalkun, dan kacang-kacangan, bisa membantu menjaga keseimbangan diet yang sehat. Ditambah dengan membantu mempercepat pertumbuhan otot.

Olahraga

Jika ingin tetap makan dengan tenang tanpa takut berat badan naik, olahraga tentunya tak boleh sampai dilewatkan begitu saja.

Agar bisa makan apapun dengan nyaman, jangan lupa untuk menjaga tubuh tetap aktif membakar lemak setidaknya 30 menit sehari. Luangkan waktu untuk melakukan olahraga, seperti cardio atau angkat beban, agar tubuh tetap aktif membakar lemak walau sedang liburan.

Nah, itulah tadi tips untuk menjaga berat badan tetap normal saat sedang liburan. Mulai coba, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News