Keluarga

6 Menu Diet Bergizi untuk Remaja, Tetap Bisa Langsing Tanpa Kekurangan Gizi!

6 Menu Diet Bergizi untuk Remaja, Tetap Bisa Langsing Tanpa Kekurangan Gizi!

MOMSMONEY.ID - Siapa bilang remaja tak boleh melakukan diet? Remaja diperbolehkan melakukan diet asalkan mengonsumsi beberapa menu diet bergizi seperti yang berikut ini!

Saat usia remaja, penampilan adalah salah satu yang wajib diperhatikan. Bagi remaja, memiliki tubuh ideal adalah salah satu impian yang harus dicapai. Namun untuk mendapatkannya, mereka harus melakukan diet ketat.

Sayangnya, diet ketat sangat tak cocok dilakukan oleh remaja. Ini karena remaja masih harus mendapatkan gizi & vitamin untuk perkembangan otak supaya proses belajar tetap berjalan lancar dan tak kekurangan gizi.

Untuk mendapatkan diet yang baik, berikut ini MomsMoney telah merangkum beberapa menu diet bergizi khusus untuk remaja. Apa sajakah itu? Melansir dari Dapur Umami dan Healthline, berikut selengkapnya!

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Rasa Ngantuk Saat Sedang Bekerja, Patut Ditiru Pekerja Kantoran

Pisang

Pisang adalah salah satu menu diet bergizi yang baik jika dikonsumsi oleh remaja.

Pisang mengandung serat tak larut yang membuat siapapun yang mengonsumsinya jadi mudah kenyang. Anda bisa mencoba mengganti menu nasi saat sarapan dan makan malam dengan menu pisang.

Namun tak perlu khawatir, pisang mengandung banyak gizi seperti magnesium, vitamin A, dan kalium yang membuat metabolisme tubuh tetap aktif. Serta kandung gula dalam pisang membuat tubuh tak akan mudah lemas meski sedang diet.

Baca Juga: Daftar 4 Makanan Pembentuk Otot yang Bagus Dikonsumsi Setiap Pagi

Telur rebus

Telur Rebus

Seperti yang kita ketahui, telur merupakan salah satu sumber protein terbaik yang ada pada makanan. Kandungan protein ini membuat Anda yang sedang melakukan diet jadi kenyang tahan lama.

Telur rebus memang sangat cocok jadi menu diet bergizi karena dalam 1 butirnya hanya mengandung 78 kkal sehingga Anda bisa menjadikannya pilihan sebagai menu diet yang baik untuk tubuh.

MomsMoney juga rekomendasikan makanan tinggi protein lainnya seperti tofu dan dada ayam yang baik untuk diet remaja.

Baca Juga: Kelelahan? Konsumsi 4 Makanan yang Bantu Percepat Pulihkan Energi yang Hilang

Sayuran

Menu diet bergizi terbaik untuk remaja adalah menu diet yang mengandung gizi & mineral penting meski porsi makanan yang dikonsumsi berkurang. Sayuran jadi pilihan menu diet bergizi yang tak boleh ditinggalkan.

Melansir dari Healthline, sayuran dapat digolongkan ke dalam 2 jenis: sayuran yang mengandung pati dan yang non-pati.

Makanana Sehat bayam

Baca Juga: Masih Suka Bangun Siang? Ikuti 5 Tips Agar Produktif dan Semangat Bangun di Pagi Hari

Sayuran non-pati: brokoli, aneka sayuran berdaun hijau, paprika, kol, asparagus, wortel, dan zukini.

Sayuran mengandung pati: kentang, ubi jalar, dan labu.

Baik sayuran yang mengandung pati maupun non-pati, keduanya sama-sama baik untuk tubuh, terutama bagi remaja yang sedang menerapkan menu diet bergizi.

Biji utuh

Bagi remaja yang sedang melakukan diet, ada baiknya untuk mengganti nasi putih menjadi menu biji-bijian utuh seperti nasi merah, oat, ataupun roti gandum yang lebih sehat.

Biji-bijian utuh menjadi menu diet bergizi yang dibutuhkan tubuh karena mengandung antioksidan lebih tinggi daripada nasi putih.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Otak dan Tubuh yang Bagus Dikonsumsi Saat Sarapan

Kacang-kacangan

Menu diet bergizi untuk remaja salah satunya adalah menu kacang-kacangan seperti almond, biji Bunga matahari, dan selai kacang alami.

Bagi remaja yang sedang melakukan diet, sangat cocok mengonsumsi menu kacang-kacangan sebagai camilan sehat pengganjal perut, daripada mengonsumsi jajanan berminyak yang tak bergizi.

Baca Juga: Tips Rahasia Bikin Tepung Panir Awet Menempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

Ikan

Ikan Goreng

Baca Juga: Tips Bikin Kulit Ikan Goreng Lebih Renyah Tanpa Takut Gosong

Meski sedang melakukan diet, tubuh remaja harus tetap mengonsumsi beberapa mineral dan vitamin tertentu seperti protein hingga Omega-3. Omega-3 itu sendiri sangat penting untuk perkembangan otak. Kekurangan Omega-3 membuat otak jadi berpikir lambat.

Maka dari itu, ikan jadi salah satu menu diet bergizi yang wajib dikonsumsi dan tak boleh dilupakan.

Itulah beberapa menu diet bergizi yang cocok dikonsumsi untuk para remaja yang sedang ingin berdiet. Inti dari diet ini adalah mengurangi porsi makan tanpa harus mengurangi asupan gizi & mineral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News