Keluarga

Masih Suka Bangun Siang? Ikuti 5 Tips Agar Produktif dan Semangat Bangun di Pagi Hari

Masih Suka Bangun Siang? Ikuti 5 Tips Agar Produktif dan Semangat Bangun di Pagi Hari

MOMSMONEY.ID - Bangun pagi menjadi hal yang cukup krusial dan sangat berpengaruh terhadap jalannya aktivitas sehari-hari. Pasalnya, jika telat bangun sedikit saja maka tubuh dan otak menjadi sulit fokus karena keadaan menjadi serba tergesa-gesa.

Namun tubuh dan otak akan jadi jauh lebih rileks jika mulai membiasakan diri untuk bangun lebih awal pada pagi hari. Tubuh juga jadi lebih produktif dan semangat menjalankan aktivitas seharian.

Nah, bagi Anda yang masih suka bangun tidur di siang hari, coba untuk terapkan 5 hal ini agar pagimu jadi lebih bersemangat dan produktif.

Mau tahu bagaimana caranya? Intip artikel yang dilansir dari Sehat Aqua, berikut ini!

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Otak dan Tubuh yang Bagus Dikonsumsi Saat Sarapan

Bangun lebih pagi

Agar harimu jadi produktif dan semangat di pagi hari, coba biasakan diri untuk bangun lebih pagi. Lebih baik lagi jika bangun saat matahari belum muncul, sekitar pukul 04.00 - 05.00.

Bangun lebih pagi tak hanya membuat anda lebih produktif menjalani aktivitas seharian, tetapi juga membuat Anda tak perlu tergesa-gesa untuk melakukan berbagai aktivitas di pagi hari.

Bangun lebih pagi juga bisa dimanfaatkan untuk bermeditasi sebentar agar pikiran jadi lebih tajam dan jiwa merasa tenang.

Namun bangun lebih pagi hanya bisa dilakukan jika Anda tidur lebih awal dan tak begadang.

Baca Juga: 7 Trik Rahasia Bikin Anak Jadi Mau Makan Sayur, Moms Harus Coba!

Biarkan cahaya masuk

Bangun Tidur

Membiarkan cahaya matahari masuk secara alami membuat ritme sirkadian tubuh atau jam alami tubuh pada otak memproses Anda agar segera terbangun sehingga mata dan badan menjadi lebih segar.

Meski sudah bangun tidur lebih pagi, tapi jika tak membiarkan cahaya matahari masuk secara alami ke dalam kamar, maka tubuh akan jadi malas bergerak dan berakhir kembali mengantuk.

Jangan biasakan membuka handphone

Agar pagimu jadi lebih produktif dan bersemangat, maka ketika bangun tidur coba untuk membiasakan diri untuk tidak membuka handphone.

Meski ini hal yang cukup sulit untuk dilakukan, cobalah untuk membiasakan diri untuk menjauhkan hp sebelum tidur, agar ketika waktunya bangun di pagi hari, Anda tak lagi mencari-cari hp.

Ini karena membuka hp di pagi hari hanya akan membuang-buang waktu serta menambah beban pikiran.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Ini 5 Makanan Super untuk Tingkatkan Kinerja Otak Anak di Sekolah

Bermeditasi

Bangun tidur lebih pagi membuat kita memiliki banyak waktu untuk bersantai. Cobalah mengisi waktu bersantai tersebut dengan bermeditasi dan memberikan 3 afirmasi positif kepada diri sendiri.

Coba juga tuliskan secara singkat tentang motivasi & keinginan diri untuk menjalankan aktivitas di pagi ini pada buku khusus. Ini akan menambah semangat Anda menjalankan aktivitas sehari-hari dan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Baca Juga: Moms Wajib Simak! Ini 5 Tips Siapkan Bekal Sekolah untuk Anak Agar Tak Membosankan

Minum yang cukup

Minum air putih

Terkadang setelah bangun tidur Anda lupa untuk minum air putih yang cukup. Padahal proses tidur pada malam hari membuat cairan tubuh berkurang drastis.

Jika cairan tubuh tak diisi saat bangun tidur, maka akibatnya tubuh akan menjadi lemas dan bibir menjadi kering.

Dengan minum yang cukup, otak akan tercukupi oleh cairan tubuh sehingga oksigen akan mengalir lancar dalam darah dan membuat pikiran jadi lebih fokus dan tajam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News