Keluarga

Menurut Penelitian, Ini 5 Makanan Super untuk Tingkatkan Kinerja Otak Anak di Sekolah

Menurut Penelitian, Ini 5 Makanan Super untuk Tingkatkan Kinerja Otak Anak di Sekolah

MOMSMONEY.ID - Pertumbuhan kinerja otak anak sangat perlu diperhatikan sedini mungkin. Kinerja otak ini dapat berkembang dengan baik apabila diberi asupan nutrisi yang cukup.

Penelitian mengatakan bahwa makanan otak terbaik adalah makanan yang sama yang melindungi jantung dan pembuluh darah.

Lantas apa saja sih makanan terbaik untuk otak? Melansir dari laman Culinary Nutrition dan Health Harvard Edu, intip rangkumannya berikut ini!

Baca Juga: Ingin Punya Anak Tinggi? Ini 5 Makanan yang Dapat Menambah Tinggi Badan Anak

Gandum utuh bebas gluten

Sumber vitamin E yang luar biasa seperti gandum, quinoa, soba, hingga beras merah dapat berkontribusi pada kesehatan kognitif. Ini karena vitamin E dikenal memberikan perlindungan terhadap otak untuk mencegah berbagai penyakit serius.

Biji-bijian utuh juga merupakan sumber serat yang baik untuk usus dan kebutuhan otak.

Coklat hitam

Coklat hitam menjadi salah satu makanan terbaik bagi otak. Coklat hitam yang mengandung kokoa lebih dari 70% mengandung flavonoid yang dapat mencegah inflamasi serta mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh otak.

Bahkan beberapa penelitian yang dilansir dari Culinary Nutrition membuktikan coklat hitam mampu meningkatkan memori otak dan mood kita!

Baca Juga: Moms Wajib Simak! Ini 5 Tips Siapkan Bekal Sekolah untuk Anak Agar Tak Membosankan

Ikan laut

Ikan salmon

Ikan laut seperti sarden, makarel, salmon, dan ikan hering merupakan sumber omega-3 yang tinggi.

Omega-3 memiliki fungsi yang spesifik untuk otak, di antaranya untuk meningkatkan kinerja memori otak, fleksibilitas berpikir, serta pengendalian diri yang baik. Studi terbaru bakan mengatakan bahwa mengonsumsi minyak ikan dapat membuat risiko terkena demensia jadi menurun.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Kembalikan Semangat Anak Bersekolah Setelah Liburan

Buah berry

Buah berry seperty stroberi, blueberry, hingga blackberry mengandung flavonoid yang dapat membantu tingkatkan daya ingat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard’s Brigham and Women Hospital yang dilansir dari laman Health Harvard Edu menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 2 atau lebih porsi buah beri setiap minggu dapat menunda penurunan memori otak hingga 2,5 tahun.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan nutrisi yang menyehatkan otak seperti vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran berdaun hijau secara rutin dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News