HOME, Keluarga

6 Lokasi Persembunyian yang Berisiko Bagi Kucing Peliharaan di Rumah

6 Lokasi Persembunyian yang Berisiko Bagi Kucing Peliharaan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Kucing terkadang menjadi hewan yang pandai bersembunyi. Mereka selalu bisa menemukan sudut dan celah kecil, di mana mereka pikir mereka bisa menyembunyikan dirinya. Bersembunyi sebenarnya adalah naluri alami mereka yang dilakukan saat sedang berburu menunggu mangsanya dan berlindung dari predator lainnya. Akan tetapi, terkadang mereka bersembunyi hanya untuk mencari tempat yang hangat, tenang, dan nyaman untuk tidur siang yang panjang.

Oleh karena itu, Anda akan selalu bisa menemukan kucing peliharaan Anda menghilang di sekitar ruangan karena dia bersembunyi. Anda tetap harus berhati-hati. Sebab, bersembunyi di dalam rumah bukan berarti keamanannya terjamin. Ada beberapa ruang yang berisiko membahayakan kucing. Dilansir dari Webmd, berikut 6 lokasi persembunyian yang berisiko untuk kucing  di rumah.

Baca Juga: Ketahui Berapa Suhu Normal Tubuh Kucing dan Cara Mengukurnya

Garasi

Seperti yang telah Anda ketahui, garasi adalah tempat penyimpanan barang-barang penting di rumah yang harus diamankan. Anda mungkin akan menyimpan alat-alat kebersihan dan cairan-cairan pembersih berbahan kimia di sana. Ketika kucing peliharaan bersembunyi di sana, ini jelas menimbulkan kekhawatiran.

Kucing bisa saja menghirup bahan kimia, tidur di atasnya, atau keracunan karena menjilatnya saat penasaran. Ini juga tidak menutup kemungkinan kucing tertimpa barang-barang berat yang Anda simpan di dalam garasi. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar menutup akses garasi untuk kucing bersembunyi.

Di Bawah Mobil

Selain garasi itu sendiri, kucing bisa saja masuk ke bawah mobil yang terparkir dan bersembunyi di sana untuk tidur. Ini adalah kejadian yang paling tak diinginkan bila Anda menghidupkan mobil dan menjalankannya tanpa sadar ada kucing yang masih bersembunyi di dalamnya. Sebaiknya, Anda selalu mengecek bawah mobil dan mengetuk pelan bagian kap mesin untuk mengecek adakah kucing bersembunyi di dalam sela-sela mesin mobil.

Di Dalam Lemari

Lemari yang terbuka adalah sasaran empuk kucing untuk bersembunyi di dalamnya dan mencari kehangatan. Namun, ini bukan ide yang baik untuknya. Pemilik rumah yang tidak tahu kucingnya bersembunyi di dalam akan menutup lemari dan membuat kucingnya terjebak tanpa udara di dalam. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengecek ke dalam lemari yang terbuka sebelum menutupnya.

Baca Juga: Beberapa Fakta Tentang Kucing Munchkin yang Jarang Diketahui

Di Dalam Mesin Cuci atau Pengering

Mulai saat ini, Anda harus selalu mengecek kondisi mesin cuci atau pengering sebelum menggunakannya. Jika tidak, Anda bisa tak sengaja turut mencuci kucing Anda yang malang. Ini tak hanya akan membuatnya cidera patah tulang atau kerusakan lainnya, tetapi juga kematian.

Ada sebuah cerita dari seorang spesialis perilaku kucing dan mantan presiden American Association of Feline Practitioners, Ilona Rodan, DVM, menceritakan ada seseorang yang datang ke rumah sakit hewan karena kucingnya masuk ke pengering. Pemilik tidak menyadari bahwa dia menggunakan pengering saat kucingnya masih berada di dalam. Dia menyalakan mesin pengering tinggi-tinggi dan meninggalkan ruangan. Saat kembali, dia sudah menemukan kucingnya kaku dan panas. Kucing itu sudah mati ketika di bawa ke klinik.

Jendela Terbuka atau Balkon

Dalam cuaca yang hangat dan cerah, jendela yang terbuka adalah tempat terbaik untuk bersantai. Meski dalam hal ini kucing tidak bersembunyi, tetapi ini adalah tempat yang berisiko untuknya. Kucing dapat terjatuh dan menderita luka, apalagi jika kebetulan dia berada di jendela lantai dua.

Kamar Mandi

Sama seperti garasi, kamar mandi harus ditutup dari aktivitas kucing (kecuali untuk mandi). Kamar mandi memang sejuk dan menyenangkan untuk mendinginkan badan yang kepanasan, tetapi ini berisiko buruk bagi kesehatan si kucing. Kamar mandi mungkin menyimpan banyak bakteri atau Anda menyimpan sabun-sabun yang beracun untuk kucing. Lebih baik, larang kucing untuk berada di tempat ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News