HOME, Keluarga

Ketahui Berapa Suhu Normal Tubuh Kucing dan Cara Mengukurnya

Ketahui Berapa Suhu Normal Tubuh Kucing dan Cara Mengukurnya

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan kucing tidak selalu menjadi hal yang mudah, apalagi kucing sangat mahir menyembunyikan rasa sakit. Namun sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah kucing Anda sehat atau tidak.

Salah satunya, mengenali tanda-tanda vital dasar, seperti berapa suhu normal kucing dan berapa detak per menit yang menunjukkan detak jantung kucing yang sehat.

Dilansir dari VCA Hospitals, kisaran suhu tubuh normal untuk kucing adalah antara 38,1 derajat C dan 39,2 derajat C. Suhu normal ini juga berlaku untuk hewan anjing. Kendati demikian, terkadang kucing juga mengalami kenaikan suhu tubuh tanpa sebab.

Dalam kondisi ini, suhu tubuh kucing berada di atas 39,7 derajat C tanpa penyebab yang jelas berdasarkan riwayat dan pemeriksaan fisik.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Ini Manfaat yang Didapat Bila Mensterilkan Kucing Peliharaan

Demam pada kucing ini bisa reda dengan sendirinya. Ini bermanfaat bagi tubuh karena dapat menghambat kemampuan virus dan bakteri untuk bereproduksi dan meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap penyerang asing. Kendati demikian, Anda perlu berhati-hati bila suhu tubuh tidak berubah atau terus naik.

Suhu tubuh tetap di atas 40,5 derajat C selama lebih dari satu atau dua hari, kucing akan menjadi lesu, anoreksia, dan dengan cepat mengalami dehidrasi. Jika suhu bertahan di atas 41,1 derajat C, kucing akan mengalami edema serebral (pembengkakan di sekitar otak), supresi sumsum tulang, dan gangguan pembekuan (koagulasi intravaskulas diseminata atau DIC).

Demam tinggi terus-menerus yang berlangsung selama lebih dari 48 jam, harus dianggap serius karena berpotensi mengancam nyama. Namun, Anda juga tak boleh menganggap remeh bila suhu tubuh kucing berada di bawah 37,2 derajat C. Suhu tubuh rendah (hipotermik) dapat menyebabkan kelesuan, kurang waspada, dan akan menggigil.

Selain suhu tubuh, berikut rentang kesehatan normal pada kucing yang dikutip dari Cat-World:

Respirasi: 20 – 30 napas per menit pada saat kucing beristirahat.

Denyut nadi: 130 – 240 denyut per menit.

Waktu pengisian kapiler: 1 – 2 detik.

Tekanan darah: antara 120 – 130 mmHg (millimeter Merkurius).

Baca Juga: Beberapa Fakta Tentang Kucing Munchkin yang Jarang Diketahui

Cara Mengukur Suhu Tubuh Kucing

Satu-satunya cara pasti untuk menentukan hewan peliharaan memiliki suhu tubuh yang normal adalah dengan mengukur suhunya dengan termometer. Ada dua jenis termometer, yakni termometer digital dan termometer dubur.

Termometer digital memiliki tampilan numerik yang mudah dibaca baik dalam Ferenheit atau Celcius. Alat ini akan mengklaribasi diri mereka sendiri setelah dihidupkan. Cara penggunaannya dengan memasukannya ke dalam saluran telinga dan harus dekat dengan gendang telinga untuk mendapatkan pembacaan yang akurat.

Sementara termemoter dubur, cara penggunaannya dengan memasukkan kebagian dalam rektum hewan. Kocok termometer terlebih dahulu hingga titik suhu 0. Lumasi ujungnya dengan petroleum jelly untuk memudahkan penyisipan.

Untuk anjing dan kucing kecil, termometer harus dinaikkan perlahan sekitar 1 inci, sedangkan untuk hewan yang lebih besar masukkan termometer sekitar 2-3 inci ke dalam rektum.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News