HOME, Keluarga

Beberapa Fakta Tentang Kucing Munchkin yang Jarang Diketahui

Beberapa Fakta Tentang Kucing Munchkin yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin akan berpendapat bahwa muchkin adalah salah satu ras kucing yang tampak paling aneh. Pendapat ini mungkin datang dari bentuk kakinya yang pendek dan badannya yang cenderung mungil. Bagaimana pun, kucing munchkin telah merebut hati banyak orang di seluruh dunia.

Jika Anda juga tertarik dengan ras kucing yang satu ini, tak ada salahnya untuk mengetahui lebih banyak tentang fakta-fakta munchkin yang masih jarang diketahui. Dilansir dari Kittentoob.com, berikut 6 fakta tentang kucing munchkin.

Baca Juga: Mengenal Lebih Banyak Karakteristik Anjing Ras Siberian Husky

Mutasi Genetik yang Sangat Kontroversial

Pada dasarnya, kucing munchkin terlahir karena perkawinan silang yang menyebabkan percampuran genetik. Mutasi genetik yang menyebabkan kucing munchkin berkaki pendek ini disebut achondroplasia.

Banyak kritikus dan ahli memperingatkan bahwa dengan sengaja membiakkan kucing yang akan lahir dengan kelainan ini adalah bentuk kekejaman. Kucing munchkin juga dianggap sangat rentan dengan masalah kesehatan, terutama dari potensi lordosis dan malformasi tulang belakang. Inilah yang menyebabkan kucing munchkin sangat kontroversial. Bahkan ada dua organisasi besar yang tidak menganggap munchkin sebagai ras resmi, yakni American Cat Fanciers Association dan Cat Fanciers Association.

Tidak Memiliki Kelainan Tulang Belakang, Meski Kakinya Pendek

Pada akhirnya, untuk membuktikan kesehatan munchkin, para peneliti melakukan pengujian ekstensif pada kucing munchkin pada tahun 1995. Hasilnya, tidak ada masalah yang berkaitan dengan tulang belakang, tulang, atau persendian. Kucing-kucing ini juga tidak menderita masalah apa pun dan umumnya sehat.

Satu-satunya masalah yang cenderung mereka miliki adalah mereka tidak dapat melompat tinggi seperti ras kucing pada umumnya. Namun, Anda tetap dapat mengatasinya dengan memberikan fasilitas tambahan untuk memanjat ke tempat-tempat tinggi, seperti sofa atau tempat tidur.

Memiliki 3 Ukuran Kaki yang Berbeda

Munchkin rupanya bisa terlahir dengan ukuran kaki yang berbeda-beda. Ada 3 jenis ukuran kaki munchkin. Kategori “standar” termasuk mereka yang tidak dilahirkan dengan gen heterozigot yang menyebabkan kaki lebih pendek. Kaki munchkin standar berukuran seperti ras kucing lainnya. Kategori “super pendek” dilahirkan dengan gen heterozigot memiliki kaki yang cukup pendek. Sementara kategori “rug hugger” memiliki kaki yang paling pendek daripada yang super pendek.

Kendati demikian, para peternak menganggap mengawinkan kedua kucing dengan kaki pendek sangat berbahaya. Mereka tidak ingin membuat masalah yang parah dengan keturunannya. Oleh karena itu, banyak orang mengawinkan kucing munchkin dengan berbagai ras kucing lainnya untuk menjaga kesehatan anak keturunan munchkin.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Anda Menolak Makan? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

Mereka Lincah, Bergerak Cepat, dan Mudah Dilatih

Meski kesulitan mereka terletak di ketidakmampuannya dalam melompat tinggi, kucing munchkin ternyata memiliki kelincahan dan kecepatan untuk berlari. Mereka juga aktif, suka bermain, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Bisa dibilang kucing munchkin adalah kucing yang cerdas. Jika Anda tertarik, Anda bisa melatihnya dengan permainan-permainan dan beberapa perintah sederhana, seperti memintanya untuk datang, mengikuti, atau menjauh.

Disebut Kucing Murai Karena Kebiasaannya

Kucing munchkin sering disebut kucing murai karena ketertarikannya terhadap benda-benda yang mengilap. Mereka bahkan cenderung untuk menyembunyikan mainan mengilap di tempat rahasia milik mereka. Ini karena munchkin sangat cerdas dan menganggap hal-hal yang mengilap adalah benda yang istimewa. Anda mungkin harus berhati-hati karena hal ini.

Munchkin Akan Seperti Anak Kucing di Sepanjang Hidupnya

Bagaimana pun, kakinya yang pendek akan membuat kucing munchkin menjadi tampak selalu mungil. Mereka akan terlihat seperti anak kucing selama hidup mereka. Namun ini bukan masalah karena mereka akan selalu menggemaskan dan populer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News