Keluarga

6 Kegiatan Sederhana untuk Membantu Meningkatkan Hormon Cinta

6 Kegiatan Sederhana untuk Membantu Meningkatkan Hormon Cinta

MOMSMONEY.ID - Berikut MomsMoney bagikan 6 kegiatan sederhana untuk membantu meningkatkan oksitosin atau hormon cinta.

Oksitosin sebagaimana dikutip dari Hello Sehat merupakan hormon yang berperan dalam sistem reproduksi, proses persalinan, menyusui, interaksi sosial, serta perilaku seseorang.

Disebut juga sebagai hormon cinta, oksitosin berkaitan erat dengan peningkatan rangsangan seksual, suasana hati yang baik, dan perilaku yang positif.

Lalu, bagaimanakah cara untuk meningkatkannya? Melansir Healthline, inilah 6 kegiatan sederhana untuk membantu meningkatkan oksitosin atau hormon cinta.

Baca Juga: Cocok untuk Pemula Makeup, Ini 4 Kelebihan Cushion Daripada Foundation

1. Yoga

Yoga tidak hanya mampu membantu mengurangi kecemasan dan stres, membuat tidur lebih nyenyak, serta meningkatkan kualitas hidup, tetapi juga bisa membantu meningkatkan produksi oksitosin menurut penelitian pada tahun 2013.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, 15 peserta yang berlatih yoga selama 1 bulan memiliki tingkat oksitosin yang lebih tinggi.

Selain itu, para peserta tersebut juga mengalami peningkatan kemampuan untuk mengenali emosi.

2. Pijat

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa pijat selama 15 menit tidak hanya dapat membantu kita merasa rileks, tetapi juga bisa meningkatkan kadar oksitosin.

Penelitian tersebut didukung dan dikembangkan oleh penelitian pada tahun 2015. Adapun penelitian ini mencatat bahwa kadar oksitosin juga meningkat pada orang yang melakukan pijatan.

Oleh sebab itu, Anda tak perlu repot-repot pergi ke tempat pijat profesional. Karena, oksitosin Anda tetap bisa meningkat dengan saling memijat bersama pasangan atau orang terdekat lainnya.

3. Menghabiskan waktu bersama teman

Siapa sangka jika berkumpul bersama teman-teman bisa meningkatkan kadar oksitosin. Dengan dikelilingi oleh teman-teman, itu dapat membuat Anda merasa lebih positif untuk berinteraksi sekaligus membuat Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka.

Tak sampai di situ, kepercayaan dan kasih sayang yang Anda miliki untuk teman-teman Anda juga cenderung meningkat ketika Anda lebih sering berbagi berbagai hal dengan mereka.

Intinya, semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersama teman, maka semakin kuat pula ikatan antara Anda dengan mereka.

Baca Juga: Tahapan Membersihkan Makeup yang Tepat Menggunakan Makeup Remover

4. Meditasi

Latihan meditasi setiap hari dengan memfokuskannya pada seseorang yang Anda sayangi dapat membantu meningkatkan produksi oksitosin lho, Moms.

Disebut sebagai meditasi cinta kasih atau loving-kindness meditation, meditasi jenis ini akan mengarahkan pikiran tentang cinta, kasih sayang, dan niat baik terhadap seseorang dalam hidup Anda sekaligus mengirimkan pikiran kedamaian serta kesejahteraan kepada mereka.

Mengingat manfaatnya yang luar biasa, cobalah untuk mulai melakukan meditasi secara rutin guna membantu memperbaiki suasana hati dan memperkuat hubungan Anda dengan orang lain.

5. Berpelukan

Berpelukan termasuk bentuk keintiman fisik selain seks yang dapat memicu produksi oksitosin dalam tubuh.

Jadi, selalu sempatkanlah diri Anda untuk berpelukan dengan baik dan panjang bersama pasangan, anak, orang tua, atau hewan peliharaan Anda.

6. Berbuat baik kepada orang lain

Perilaku altruistik atau tidak mementingkan diri sendiri juga dapat meningkatkan pelepasan oksitosin.

Tindakan sederhana seperti membantu tetangga, beramal, atau memberi hadiah kecil untuk orang terdekat telah terbukti mampu membangkitkan semangat sekaligus meningkatkan perasaan positif dalam diri. Jadi, jalanilah hidup Anda dengan murah hati.

Itulah 6 kegiatan sederhana untuk membantu meningkatkan oksitosin atau hormon cinta. Yuk terapkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News