Keluarga

Tahapan Membersihkan Makeup yang Tepat Menggunakan Makeup Remover

Tahapan Membersihkan Makeup yang Tepat Menggunakan Makeup Remover

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum? Inilah tahapan membersihkan makeup yang tepat menggunakan makeup remover.

Apabila Anda suka menggunakan makeup, maka jangan malas untuk melakukan double cleansing ya Moms. Sebelum mencuci muka, selalu ingat untuk tidak melewatkan first cleansing dengan menggunakan produk makeup remover. Ini dilakukan untuk mencegah pori-pori tersumbat yang memicu komedo dan jerawat sekaligus mencegah kulit menjadi kusam.

Nah, supaya wajah bersih maksimal, pastikan Anda menerapkan tahapan membersihkan makeup yang tepat menggunakan makeup remover (khususnya yang berbentuk cair) berikut ini sebagaimana dilansir dari Maybelline.

Baca Juga: Cocok untuk Pemula Makeup, Ini 4 Kelebihan Cushion Daripada Foundation

1. Awali dengan membersihkan area mata

Mata menjadi bagian wajah pertama yang harus dibersihkan saat Anda menggunakan makeup remover. Ini karena kulit di area mata cenderung sensitif dan tipis sehingga rentan iritasi.

Untuk membersihkan makeup mata secara tepat, awali dengan mengusapkan kapas yang sudah diberi makeup remover ke bagian kelopak mata. Pastikan untuk mengusapkan kapas dengan gerakan menyamping.

Disarankan untuk membersihkan area mata dengan produk makeup remover khusus mata yang memiliki formula bi-phase (perpaduan air dan minyak). Formula ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan makeup mata yang membandel dalam waktu singkat. Utamakan juga untuk memilih produk makeup remover yang cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

2. Bersihkan maskara dan eyeliner dengan cotton bud

Setelah kelopak mata bersih, barulah Anda bisa lanjut membersihkan area sekitar kelopak mata yang masih dipenuhi residu makeup termasuk bulu mata. Untuk membersihkan bulu mata dan kulit di sekitarnya dengan aman menggunakan makeup remover, pakailah cotton bud sebagai aplikator.

Basahi cotton bud dengan makeup remover khusus mata secukupnya kemudian usapkan perlahan untuk menghapus eyeliner hingga bersih.

Seberes itu, hapus maskara dengan mengusapkan cotton bud baru yang sudah diberi makeup remover dari bagian pangkal ke bagian atas bulu mata. Usapkan dengan lembut guna mencegah kerontokan bulu mata.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Kulit Acne-Prone

3. Gunakan kapas baru untuk membersihkan kulit wajah

Jangan sampai rasa sayang terhadap kapas membuat Anda menggunakan kapas yang sama berulang kali untuk membersihkan makeup di seluruh wajah. Faktanya, kebiasaan tersebut akan memindahkan residu makeup yang menempel di kapas ke area wajah yang sudah dibersihkan.

Alih-alih begitu, gantilah kapas yang sudah kotor dengan kapas baru saat hendak membersihkan kulit wajah secara keseluruhan.

Setelah dibasahi makeup remover, usapkan kapas yang masih bersih tersebut dari bagian bawah mata ke tulang pipi. Lanjutkan sampai seluruh area wajah bersih kecuali bagian bibir.

4. Bersihkan bibir dengan kapas berbeda

Langkah terakhir untuk menutup prosesi membersihkan makeup dengan makeup remover adalah membersihkan bibir.

Ingat, jangan membersihkan bibir dengan kapas yang sudah dipakai untuk membersihkan kulit wajah. Sebaiknya, ambilah kapas baru lalu teteskan makeup remover secukupnya. Setelah itu, mulai hapus produk bibir dari sisi kanan ke sisi kiri bibir bagian atas dan lanjutkan dengan bibir bagian bawah.

Agar bibir Anda tidak kering setelah dibersihkan, pilihlah produk makeup remover khusus bibir yang memiliki formula melembabkan.

Demikian penjelasan tentang tahapan membersihkan makeup yang tepat menggunakan makeup remover. Jangan sampai keliru ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News