Keluarga

6 Jenis Olahan Black Coffee Berbasis Espresso, Berisi Murni Kopi dengan Air

6 Jenis Olahan Black Coffee Berbasis Espresso, Berisi Murni Kopi dengan Air

MOMSMONEY.ID - Black coffee merupakan jenis minuman kopi hitam yang menghasilkan cita rasa kopi super pahit & pekat.

Black coffee murni terbuat dari campuran air & kopi, tanpa tambahan apapun termasuk susu, madu, ataupun krim. Penambahan susu ataupun krim dapat mengubah rasa hingga warna kopi hitam tersebut.

Kali ini, MomsMoney hadirkan aneka jenis olahan black coffee berbasis espresso yang dilansir dari Dolce Gusto, Zizira, dan Alliance Coffee, selengkapnya.

Baca Juga: Punya Karakter Rasa Berbeda, Ini 5 Jenis Susu yang Cocok Dipadukan Bersama Kopi

Espresso

Espresso merupakan salah satu jenis black coffee yang paling populer di seluruh dunia.

Espresso terbuat dari biji kopi yang digiling halus, dipadatkan, lalu diseduh dengan suhu & tekanan yang tinggi sehingga menghasilkan ekstrak kopi yang teksturnya kental.

Espresso sering dijadikan sebagai base hidangan kopi lainnya, seperti Americano misalnya.

Espresso bisa dikonsumsi dalam 2-3 kali tegukan karena hanya berukuran 30-45 ml saja. Rasanya super pahit dan tidak cocok dikonsumsi bagi peminum kopi pemula.

Baca Juga: Meski Mirip, Ini 5 Perbedaan Kopi Hitam Americano dan Espresso Mulai Bahan dan Rasa

Americano

Americano juga tergolong ke dalam jenis black coffee yang juga sangat populer di dunia.

Cara penyajian Americano adalah dengan menuangkan air panas ke dalam secangkir espresso. Perbandingannya adalah 1:2 untuk air panas & espresso. Ini membuat rasa Americano tak sepahit Espresso.

Americano hadir dalam 2 jenis, yaitu Americano dingin & panas.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Kopi Susu Bercita Rasa Manis untuk Pemula

Long black

Long black adalah jenis kopi hitam atau black coffee yang sangat mirip dengan Americano.

Long black memiliki takaran & perbandingan air yang sama dengan Americano, yakni 1: 2 untuk air panas & espresso. Namun yang membedakannya adalah terletak pada cara penyajiannya.

Long black disajikan dengan cara menuangkan espresso di atas air panas. Sementara Americano menuangkan air panas di atas espresso.

Cara penyajian ala Long Black inilah yang membuat aroma kopi tetap kuat.

Baca Juga: 6 Kopi Termahal di Dunia, Ada yang Berasal dari Kotoran Gajah

Ristretto

Jenis Olahan Black Coffee Berbasis Espresso

Kopi ristretto dikenal sebagai jenis kopi hitam yang pahit, namun tak sekuat espresso. Rasanya dianggap lebih lembut, kaya, dan sedikit manis jika dibandingkan dengan espresso, namun tetap tergolong pahit.

Ristretto dibuat dari dari 1 shot espresso. Satu cangkir ristretto berisi 15-20 ml espresso yang diekstraksi selama 15-20 detik dalam tekanan tinggi sehingga memberikan rasa yang lebih kaya daripada espresso itu sendiri.

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Minuman Kopi Ala Kafe yang Paling Sering Dibeli

Lungo

Yang tergolong ke dalam jenis black coffee selanjutnya adalah Lungo. Lungo disebut juga sebagai long espresso. Lungo merupakan espresso yang diekstraksi selama lebih dari 40 detik.

Ukuran Lungo pun lebih banyak daripada Espresso. Jika Espresso memiliki banyak sekitar 40 ml, maka Lungo berisi 130-170 ml espresso.

Karena banyaknya Lungo cukup banyak, maka tak heran apabila Lungo punya rasa super pahit, lebih pahit daripada espresso itu sendiri.

Baca Juga: Simak 4 Cara Bikin Kopi Selezat Buatan Kafe, Sudah Tahu Caranya?

Doppio

Doppio juga termasuk ke dalam jenis black coffee berbasis espresso. Nama lain Doppio adalah “double espresso” atau 2 cangkir espresso. Standarnya, 1 cangkir doppio berisi 60 ml espresso.

Itulah sederet jenis olahan black coffee berbasis espresso yang punya cita rasa murni hanya kopi dengan air saja. Sudah pernah menikmati semua jenis kopi di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News