Keluarga

Punya Karakter Rasa Berbeda, Ini 5 Jenis Susu yang Cocok Dipadukan Bersama Kopi

Punya Karakter Rasa Berbeda, Ini 5 Jenis Susu yang Cocok Dipadukan Bersama Kopi

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai jenis susu yang cocok dipadukan bersama kopi. Berbagai jenis susu ini memiliki karakteristik yang khas karena dapat memengaruhi rasa dan tekstur kopi yang dihasilkan.

Sebelum mencoba kopi dengan aneka campuran susu, mari intip dulu beberapa referensi jenis dan rasa susu untuk kopi hitam berikut, dilansir dari Urnex, Two Chimps Coffee, dan Dolce Gusto, selengkapnya:

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Kopi Susu Bercita Rasa Manis untuk Pemula

Dairy Milk

Dairy milk adalah jenis susu yang dihasilkan dari hewan ternak, seperti susu sapi misalnya. Susu jenis ini mengandung protein hewani.

a. Whole milk

Jenis susu yang cocok dipadukan bersama kopi hitam adalah whole milk. Melansir dari Frisian Flag, whole milk disebut juga susu full cream. Jenis susu ini masih utuh mengandung lemak-lemak asli dari susu perah.

Whole milk atau susu full cream punya rasa yang manis, sehingga apabila ditambahkan ke dalam kopi hitam, maka kopi akan berubah menjadi lebih manis dengan cita rasa lembut.

Baca Juga: Perbedaan Susu Biasa, Susu Low Fat, dan Susu Skim, Mana yang Lebih Baik?

Jenis Susu yang Cocok Dipadukan Bersama Kopi

Baca Juga: 6 Kopi Termahal di Dunia, Ada yang Berasal dari Kotoran Gajah

b. Susu skim

Susu skim juga menjadi salah satu jenis susu yang cocok dipadukan bersama kopi hitam. Susu skim itu sendiri merupakan jenis susu yang lemaknya sebagian telah dipisahkan.

Melansir dari Friesland Campina Institute, susu skim memiliki kandungan lemak lebih rendah serta kandungan protein lebih tinggi daripada susu full cream.

Susu skim punya rasa yang kurang manis dan bertekstur sedikit lebih encer. Jadi apabila ingin menambahkan susu skim ke dalam kopi, tambahkanlah susu skim yang mengandung lemak sebanyak 3-4% agar tak terlalu encer.

Meski begitu, susu skim sangat populer di Inggris sebagai bahan tambahan ke dalam kopi hitam.

Baca Juga: Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

c. Susu UHT

Susu UHT adalah jenis susu yang cocok dipadukan bersama kopi. Susu UHT merupakan jenis susu yang diolah dengan cara dipanaskan selama 2-5 detik dalam suhu 135 derajat Celcius untuk membunuh bakteri.

Susu UHT kerap kali digunakan sebagai bahan campuran kopi hitam karena mudah didapatkan. Karakter susu ini juga bertekstur creamy dan memiliki rasa manis yang khas. Sangat cocok dipadukan bersama kopi hitam.

Baca Juga: 4 Jenis Roasting Kopi yang Bikin Rasa Pada Kopimu Berbeda-beda

Non-Dairy Milk

Non-dairy milk adalah jenis susu nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Non-dairy milk bukanlah jenis susu yang berasal dari hewan. Biasanya non-dairy milk dikonsumsi bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi/protein hewani.

a. Susu almond

Susu almond

Jenis susu yang cocok dipadukan bersama kopi hitam adalah susu almond. Meskipun begitu, cukup jarang ada peminum kopi yang menyukai susu ini. Sebab, susu almond dianggap terlalu encer karena mengandung lebih banyak air dan lebih sedikit lemak.

Kopi yang dipadukan dengan susu almond biasanya memiliki rasa yang ringan di lidah dan sedikit pedas yang khas ala almond.

Baca Juga: Jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi, Ini 7 Perbedaan Susu Almond dan Susu Kedelai

b. Susu kedelai

Susu kedelai

Susu kedelai adalah jenis susu non-dairy milk yang cocok dipadukan bersama kopi. Susu kedelai punya rasa yang netral sehingga digemari oleh pecinta kopi sebagai pengganti susu full cream.

Baca Juga: Simak 4 Cara Bikin Kopi Selezat Buatan Kafe, Sudah Tahu Caranya?

Susu kedelai punya tekstur yang halus, lembut, lebih kental, lebih manis, dan dapat berbuih dengan baik. Susu kedelai juga sering dijadikan hidangan soya latte di berbagai menu pada kedai kopi.

Tapi, jika Anda ingin menyeduh kopi hitam bersama susu kedelai, perlu diperhatikan bahwa susu kedelai tak boleh berada pada suhu yang telalu panas. Sebab, susu kedelai dapat menggumpal dan tak tercampur rata bersama kopi yang dibuat.

Demikian sederet info mengenai jenis susu yang cocok dipadukan bersama kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News