Keluarga

6 Hal yang Harus Orang Tua Lakukan jika Memiliki Anak yang Pemalu

6 Hal yang Harus Orang Tua Lakukan jika Memiliki Anak yang Pemalu

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 hal yang harus orang tua lakukan jika memiliki anak yang pemalu. Apa saja?

Rasa malu merupakan hal yang normal bagi anak untuk menghindari pengalaman baru dan merasa kesulitan untuk berbicara ketika kewalahan atau tidak nyaman.

Meskipun normal, namun rasa malu yang semakin berlebihan akan secara negatif memengaruhi aktivitas normal anak sehari-hari. Bahkan, anak bisa saja menghindari sekolah dan situasi sosial lainnya akibat rasa malu yang melekat dalam diri mereka.

Sebelum menemui profesional kesehatan mental untuk menentukan apa yang ada di balik rasa malu anak, inilah 6 hal yang harus orang tua lakukan jika memiliki anak yang pemalu sebagaimana dilansir dari Orchids The International School.

Baca Juga: 4 Tips Penting untuk Mendukung Anak Berkepribadian Introvert

1. Berikan anak feedback yang positif

Saat anak pemalu mulai merasa malu atau tidak nyaman, mereka cenderung kehilangan kesadaran sosial dan rentan berperilaku gagap atau tidak mau berpartisipasi. Dengan memberikan feedback yang positif atas rasa malu anak, itu akan membuat mereka tahu bahwa Anda masih mencintainya bahkan ketika mereka merasa malu.

Jelaskan kepada anak bahwa perilaku anak pemalu merupakan hal yang normal dan bukan sebaliknya. Bantu juga anak pemalu Anda untuk bisa melihat perbedaan antara rasa malu dan perilaku anti-sosial. Dengan begini, anak akan menemukan tempat di mana mereka merasa nyaman sekaligus mendapatkan kesempatan untuk kembali bersosialisasi dan pulih dari pengalaman negatif apapun.

2. Beri anak kesempatan untuk merasa baik tentang dirinya sendiri

Sering kali, rasa malu muncul saat anak merasa tidak cukup baik tentang dirinya sendiri. Jadi, penting untuk memastikan anak pemalu Anda tahu bahwa Anda melihat nilai serta menjunjung tinggi diri mereka. Hal ini akan menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia anak terutama saat mereka memasuki situasi sosial yang dipenuhi dengan penilaian orang lain.

Anak-anak yang pemalu perlu belajar bahwa bagaimana orang lain memandang mereka bukanlah cerminan dari siapa diri mereka sebagai manusia.

3. Sadari bahwa anak pemalu mungkin bereaksi berlebihan

Anak-anak pemalu mungkin cenderung menjadi hiperaktif atau mengalami temper tantrum dan jenis reaksi lain yang tidak proporsional karena mereka mudah kewalahan.

Itulah mengapa penting bagi orang tua untuk tidak mendorong anaknya yang pemalu ke dalam situasi di mana mereka tidak merasa nyaman.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anak, Praktikkan Sekarang Juga!

4. Bantu anak saat dibutuhkan

Anak-anak yang pemalu mungkin merasa kesulitan tatkala berada di lingkungan dengan pengaturan yang asing bagi mereka. Atau, anak mungkin merasa gelisah saat orang-orang di sekitarnya sangat mengharapkan mereka untuk berinteraksi.

Sebagai orang tua, pastikan Anda tidak mendorong anak pemalu Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin mereka lakukan terutama jika hal tersebut menyebabkan ketidaknyamanan. Ketika anak Anda berada di situasi yang tidak nyaman dan kebetulan Anda berada di sekitar mereka, berikanlah anak waktu sendiri hingga mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar sebelum bergabung dengan orang-orang yang ada.

5. Kembangkan kemandirian anak secara bertahap

Anak pemalu biasanya membutuhkan dorongan ekstra untuk menjadi lebih mandiri. Kendati demikian, melakukan perubahan yang terlalu cepat untuk menjadi mandiri bukanlah solusi yang tepat karena bisa berdampak negatif bagi anak.

Sebagai gantinya, doronglah anak untuk melakukan tugas-tugas kecil secara mandiri seperti menata sarapan di meja makan atau mengemas tas sekolah. Tugas-tugas kecil semacam ini dapat membantu anak menjadi lebih percaya diri tanpa memberikan terlalu banyak tekanan kepada mereka.

6. Ciptakan ruang yang tenang di rumah

Untuk anak yang pemalu, memiliki ruang sendiri untuk dikunjungi ketika merasa kewalahan akan membuat perbedaan yang cukup signifikan bagi mereka. Memberikan anak pemalu Anda zona yang aman di rumah akan membantu mereka untuk tidak terlalu stres.

Ruang yang tenang akan memberikan anak tempat yang nyaman untuk membaca buku, menggambar, atau hal lain yang mereka sukai. Namun, pastikan ruangan tersebut memiliki banyak cahaya alami untuk membantu anak yang pemalu membiasakan diri dengan tempat cerah dan terbuka.

Demikian 6 hal yang harus orang tua lakukan jika memiliki anak yang pemalu. Jangan sampai keliru lagi ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News