Keluarga

5 Tips untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anak, Praktikkan Sekarang Juga!

5 Tips untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anak, Praktikkan Sekarang Juga!

MOMSMONEY.ID - Simak penjelasan tentang 5 tips untuk menjaga kesehatan ginjal anak berikut ini.

Baru-baru ini, masyarakat digemparkan dengan lonjakan kasus gagal ginjal akut pada anak.

Menurut Kementerian Kesehatan, gagal ginjal akut menyerang anak dengan rentang usia 6 bulan sampai 18 tahun, namun paling banyak terjadi pada balita.

Melihat kasus tersebut, para orang tua wajib lebih cermat dan disiplin dalam menjaga kesehatan ginjal anak, karena termasuk organ vital yang memiliki banyak fungsi penting.

Beberapa fungsi ginjal adalah menyaring darah, menyaring dan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, serta mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah.

Lalu, mengatur sel darah merah, mengatur keseimbangan PH darah, menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit, serta menghasilkan bentuk aktif vitamin D.

Melansir laman National Kidney Foundation, ada 5 tips untuk menjaga kesehatan ginjal anak yang patut orang tua praktikkan mulai dari sekarang. Catat baik-baik, inilah kelima tips tersebut:

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Merebak, Perhatikan Hal Ini Saat Gunakan Obat

1. Dorong anak untuk lebih banyak beraktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat membantu anak merasa lebih baik sekaligus meningkatkan kesehatannya. Aktivitas fisik terbukti mampu menjaga bagian tubuh anak tetap sehat termasuk tulang, otot, jantung, dan ginjal.

Selain berolahraga, Anda juga bisa mengajak anak untuk sekadar berjalan kaki bersama hewan peliharaan di sekitar rumah. Kuncinya adalah membuat segala sesuatunya tetap terasa menyenangkan.

Sembari menerapkan kiat ini, pastikan Anda membatasi screen time pada anak yang mencakup penggunaan televisi, smartphone, tablet, maupun komputer.

2. Kurangi konsumsi gula pada anak

Terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko diabetes seiring bertambahnya usia anak-anak. Saat anak memiliki kadar gula darah yang tinggi, itu bisa membebani ginjal mereka.

Lantaran diabetes merupakan penyebab utama gagal ginjal pada orang dewasa, maka Anda harus membatasi konsumsi gula pada anak sedini mungkin guna meminimalkan kemungkinan anak mengalami gagal ginjal di kemudian hari.

Anda dapat menurunkan asupan gula anak dengan mengurangi penyajian minuman manis, seperti soda, jus, dan minuman berenergi. Sebisa mungkin, hindari pula sereal dan camilan manis seperti permen.

Baca Juga: Kemenkes: Gagal Ginjal Akut Pada Anak Tak Berkaitan dengan Vaksinasi Covid-19

3. Biasakan anak untuk minum air putih

Air putih merupakan pengganti minuman manis yang ampuh untuk mengurangi gula. Air putih penting untuk menjaga kesehatan ginjal dengan cara membuang limbah dari darah dalam bentuk urin.

Air putih juga dapat membantu darah mengalir dengan bebas melalui ginjal dan seluruh tubuh.

Oleh sebab itu, memastikan anak minum cukup air putih adalah hal yang penting, terutama saat mereka aktif di cuaca hangat dan lembab.

Dengan asupan air putih yang cukup, anak akan terhindar dari dehidrasi parah penyebab gangguan fungsi normal tubuh dan kerusakan ginjal.

Adapun salah satu tanda anak mendapatkan asupan air putih yang cukup yakni urin mereka mengalir dengan lancar, berwarna lebih terang, dan baunya tidak terlalu menyengat.

4. Kurangi garam

Natrium atau sodium memang dibutuhkan tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Namun, terlalu banyak natrium akan membuat tubuh menahan lebih banyak air.

Saat tubuh menyimpan air secara ekstra, itu dapat meningkatkan tekanan darah dan membebani berbagai bagian tubuh termasuk pembuluh darah dan ginjal.

Tekanan darah tinggi bisa merusak ginjal anak seiring bertambahnya usia mereka. Jika dibiarkan hingga dewasa, tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Karena natrium banyak ditemukan dalam garam, maka Anda harus mengurangi penyajian makanan yang mengandung garam meja, camilan asin, makanan olahan, dan makanan cepat saji guna membantu menjaga kesehatan ginjal anak.

Baca Juga: Atur Pola Makan, Inilah 3 Cara Mencegah Gula Darah Tinggi Penderita Diabetes

5. Pertahankan berat badan yang sehat

Setiap orang, terutama anak-anak, membutuhkan lemak tubuh untuk energi, insulasi panas, dan fungsi tubuh lainnya. Kendati demikian, terlalu banyak lemak dan kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih yang memicu masalah kesehatan serius.

Ingat, semakin banyak kelebihan lemak tubuh yang dimiliki anak, maka semakin besar pula risiko mereka terkena diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, obesitas pada masa kanak-kanak dikaitkan dengan risiko penyakit ginjal yang lebih tinggi dari waktu ke waktu.

Jadi, Anda wajib membantu anak mempertahankan berat badan yang sehat untuk mencegah atau mengendalikan banyak masalah kesehatan termasuk diabetes dan tekanan darah tinggi.

Disarankan bagi Anda untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan tentang kisaran berat badan yang tepat untuk anak. Jika perlu, diskusikan juga langkah-langkah penurunan berat badan sesuai usia yang diperlukan anak.

Moms, itulah 5 tips untuk menjaga kesehatan ginjal anak. Selain mempraktikkan tips-tips di atas, jangan lupa juga mengajak anak melakukan pemeriksaan rutin untuk mengecek kesehatan mereka secara keseluruhan termasuk pada bagian ginjal.

Tes urin dan darah bisa dipertimbangkan untuk memeriksa seberapa baik ginjal anak bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News