Santai

6 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik

6 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk perjalanan mudik Lebaran.

Biasanya, mudik Lebaran dilakukan dalam jangka waktu lebih dari tiga hari. Hal ini tentu akan membuat rumah menjadi tertinggal dan tidak ada yang mengurus selama berhari-hari.

Maka dari itu, perhatikan beberapa hal penting berikut ini sebelum meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran yang telah dirangkum Momsmoney berikut ini.

Baca Juga: Ingin Mudik Lebaran Aman dan Nyaman? Coba 4 Tips Mudik Ini Saja

Siram tanaman

Jika memiliki tanaman hijau di rumah, maka jangan lupa untuk menyiramnya sebelum berangkat mudik. Pastikan untuk memberikan simpanan air yang memadai di pot tanaman.

Atau, jika Anda memiliki orang yang dipercaya untuk menjaga rumah selama mudik, berikan instruksi dengan jelas untuk merawat dan menyiram tanaman secara rutin.

Perhatikan hewan peliharaan

Tak hanya tanaman, perhatikan juga keselamatan dan kenyamanan hewan peliharaan sebelum ditinggal mudik. Jika tak lebih dari tiga hari meninggalkan rumah, maka pastikan agar hewan peliharaan mendapatkan makanan dan minuman yang cukup dan segar.

Namun, jika mudik lebih dari tiga hari, Anda bisa menitipkan hewan peliharaan di pet shop atau orang yang dipercaya.

Baca Juga: Sebelum Mudik, Wajib Siapkan 5 Hal Penting Berikut Ini, ya

Bersihkan kulkas

Hal yang sering lupa dilakukan sebelum berangkat mudik adalah membersihkan kulkas. Banyak makanan yang menjadi layu, rusak, atau busuk jika disimpan terlalu lama di kulkas.

Maka dari itu, pastikan untuk membersihkan kulkas dari makanan yang mudah busuk selama ditinggal mudik. Untuk menghemat energi, jangan lupa juga mencabut juga daya kulkas sebelum berangkat mudik Lebaran.

Melengkapi keamanan rumah

Bagi yang memiliki dana lebih, cobalah untuk melengkapi sistem keamanan rumah selama ditinggal mudik. Pasang beberapa CCTV dan juga alarm di pintu-pintu rumah yang sudah tersambung dengan aplikasi jarah jauh seperti ponsel.

Alat-alat keamanan tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi canggih untuk mengawasi rumah dari jarak jauh hanya dengan menggunakan ponsel.

Baca Juga: Ikuti 6 Tips Belanja Menjelang Lebaran Ini Agar Tidak Boncos di Kemudian Hari

Rapikan cucian

Sebelum mudik, ada baiknya juga untuk memeriksa area cuci baju yang ada di rumah. Pastikan untuk mencuci semua baju kotor sebelum mudik agar baju terhindar dari jamur atau kotoran yang menempel.

Pastikan juga untuk tidak meninggalkan jemuran di tempat terbuka selama mudik karena cuaca yang tak menentu. Setelah itu, jangan lupa untuk mengangkat semua jemuran serta merapikannya agar tak ada tanggungan sepulang mudik.

Periksa area rumah

Hal terakhir adalah memeriksa semua area rumah secara detail sebelum ditinggalkan.

Periksa apakah pintu, pagar, dan jendela bisa terkunci dengan baik, apakah sampah sudah dibuang semua, apakah semua alat elektronik sudah dimatikan, dan jangan lupa juga untuk menutup semua jendela dengan kelambu yang rapat.

Itulah tadi beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran. Catat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News