Santai

Ingin Mudik Lebaran Aman dan Nyaman? Coba 4 Tips Mudik Ini Saja

Ingin Mudik Lebaran Aman dan Nyaman? Coba 4 Tips Mudik Ini Saja

MOMSMONEY.ID - Menjadi tradisi rutin Lebaran, ini dia beberapa tips mudik agar perjalanan jadi makin lancar dan nyaman.

Mudik sudah menjadi tradisi rutin setiap mendekati Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang merantau dan tinggal jauh dari keluarganya.

Beberapa tips dari Momsmoney berikut ini dapat Anda gunakan agar perjalanan mudik dapat berjalan dengan lancar dan nyaman.

Baca Juga: Sebelum Mudik, Wajib Siapkan 5 Hal Penting Berikut Ini, ya

Selesaikan semua pekerjaan

Penting untuk menyelesaikan semua pekerjaan atau tanggungan saat akan melakukan perjalanan mudik. Terutama, bagi orang-orang yang saat ini sedang bekerja menjadi karyawan atau staf.

Menyelesaikan pekerjaan sebelum mudik bisa membantu untuk meringankan beban tanggungan kerja. Sehingga, perjalanan mudik dapat tetap dilakukan dengan nyaman tanpa adanya gangguan dari pekerjaan yang belum tuntas.

Booking tiket dari jauh hari

Jika sudah mendapatkan tanggal yang tepat untuk cuti, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memesan tiket perjalanan. Baik perjalanan darat, laut, maupun udara akan lebih baik untuk memesan tiket dari jauh hari.

Soalnya, harga tiket perjalanan akan lebih mahal ketika sudah mendekati masa liburan atau puncak arus mudik. Sehingga, untuk menghindari lonjakan harga dan kehabisan tiket, pesan tiket akomodasi dari jauh-jauh hari.

Baca Juga: Ikuti 6 Tips Belanja Menjelang Lebaran Ini Agar Tidak Boncos di Kemudian Hari

Berikan informasi detail pada keluarga

Sebelum berangkat dan melakukan perjalanan mudik, sebaiknya berikan informasi pada keluarga di rumah tentang detail keberangkatan.

Seperti nomor pesawat atau kendaraan lainnya, nomor bangku, pakaian yang digunakan, hingga informasi mengenai lokasi terkini. Hal tersebut akan mempermudah keluarga untuk melacak dan mendapatkan informasi mengenai keberadaan Anda dalam perjalanan mudik.

Jangan membawa banyak barang

Salah satu hal yang membuat mudik menjadi kurang nyaman adalah karena banyaknya barang bawaan yang harus dibawa. Jika menggunakan transportasi umum untuk mudik, ada baiknya untuk tidak membawa barang bawaan yang terlalu banyak.

Begitu juga jika membawa menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya juga untuk membatasi jumlah barang bawaan saat mudik demi kenyamanan. Karena biasanya, barang akan menjadi bertambah sepulang dari mudik.

Nah, itulah beberapa tips mudik ringan yang bisa membuat perjalanan mudik jadi makin lancar dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News