AturUang

Ikuti 6 Tips Belanja Menjelang Lebaran Ini Agar Tidak Boncos di Kemudian Hari

Ikuti 6 Tips Belanja Menjelang Lebaran Ini Agar Tidak Boncos di Kemudian Hari

MOMSMONEY.ID - Patut Moms praktikkan, ini 6 tips belanja menjelang Lebaran agar tidak boncos di kemudian hari.

Hari Raya Idul Fitri atau dikenal juga dengan Lebaran sudah ada di depan mata. Kira-kira, seberapa jauh persiapan yang telah Anda lakukan untuk menyambut Lebaran tahun ini?

Untuk menyemarakkan Lebaran, tentu Anda akan berbelanja berbagai kebutuhan khas Lebaran seperti makanan, pakaian, dan sebagainya, bukan?

Nah, kali ini, MomsMoney akan membagikan 6 tips belanja menjelang Lebaran untuk menghindari boncos di kemudian hari. Dilansir dari laman Info Mudik Kabupaten Blitar, berikut keenam tips tersebut:

Baca Juga: 5 Tanda Parental Burnout yang Kerap Melanda Orang Tua Saat Mengasuh Anak

1. Tulis daftar prioritas belanja

Tips belanja menjelang Lebaran yang pertama yaitu menulis daftar prioritas belanja. Dengan menuliskan daftar prioritas, Anda akan terhindar dari pembelian tidak perlu yang dapat mengakibatkan pemborosan menjelang Lebaran.

Sebelum berbelanja, buatlah daftar barang yang paling penting untuk dibeli serta barang yang bisa ditunda pembeliannya atau bisa dianggarkan untuk kebutuhan yang akan datang.

2. Pisahkan uang berdasarkan kebutuhan

Tips belanja menjelang Lebaran yang kedua yaitu memisahkan uang berdasarkan kebutuhan.  

Memisahkan uang sebelum berbelanja sangat diperlukan untuk membuat Anda tetap fokus pada kebutuhan yang mendesak dan tidak menggunakan uang secara berlebihan untuk hal-hal yang kurang penting.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memisahkan uang yaitu dengan memasukkannya ke dalam amplop lalu diberi nama sesuai dengan kebutuhan. Misal, satu amplop untuk kebutuhan rumah tangga dan amplop yang berbeda untuk kebutuhan lainnya.

3. Manfaatkan uang THR sebanyak 50% saja untuk berbelanja

Tips belanja menjelang Lebaran yang ketiga yaitu memanfaatkan uang THR sebanyak 50% saja untuk berbelanja.

Uang Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan harapan bagi banyak orang. Namun, terkadang dengan adanya THR, kita menjadi berlebihan dalam berbelanja sehingga jatah THR habis bahkan sebelum Lebaran tiba.

Untuk mengantisipasinya, anggarkan 50% saja dari total THR Anda untuk belanja kebutuhan Lebaran. Sisanya bisa Anda sisihkan untuk hal lain seperti uang saku untuk keponakan dan kerabat jauh atau ditabung untuk kebutuhan rumah tangga.

Baca Juga: Simak Cara Menyimpan Bahan Makanan saat Ditinggal Mudik supaya Tetap Segar

4. Cermat dalam memanfaatkan diskon

Tips belanja menjelang Lebaran yang keempat yaitu cermat dalam memanfaatkan diskon. Kebanyakan orang pasti menyukai potongan harga. Apakah Anda termasuk pemburu diskon?

Kendati diskon begitu menggiurkan apalagi menjelang Lebaran, namun Anda harus pintar mengamati dengan rinci berbagai jenis diskon yang diberikan oleh penjual.

Jangan mudah tergoda dengan iming-iming diskon, padahal diskon tersebut adalah jebakan semata. Contoh diskon yang tergolong jebakan yaitu harga asli barang merupakan harga diskon yang kita terima.

5. Cari referensi secara online

Tips belanja menjelang Lebaran yang kelima yaitu mencari referensi secara online. Barang yang dijual sebelum Lebaran bisa beragam dan terkadang kita terkecoh dengan harga yang murah.

Untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari, sangat disarankan bagi Anda untuk mencari referensi secara online yang meliputi berapa harga umumnya dan di mana orang mencari barang tersebut atau sumber yang lainnya.

Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak guna membuka referensi online, apalagi untuk pengeluaran di atas satu juta.

6. Belanja sesuai kebutuhan

Tips belanja menjelang Lebaran yang keenam yaitu berbelanja sesuai kebutuhan. Menjelang Lebaran, tak jarang kita terbawa ego untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Pada akhirnya, kita pun membeli barang hanya untuk menyenangkan orang lain atau hanya untuk tampil berbeda dan wah di hari Lebaran.

Hal itu boleh-boleh saja asalkan Anda tetap memerhatikan kebutuhan Anda. Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, pastikan Anda bertanya kepada diri sendiri apakah barang yang hendak Anda beli tersebut merupakan kebutuhan atau sekadar keinginan alias lapar mata.

Demikian 6 tips belanja menjelang Lebaran yang patut Anda praktikkan agar tidak boncos di kemudian hari. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News