Keluarga

6 Cara Merawat Karpet Agar Tetap Bersih dan Terlihat Baru

6 Cara Merawat Karpet Agar Tetap Bersih dan Terlihat Baru

MOMSMONEY.ID - Punya karpet mahal tapi bingung cara perawatannya? Tenang, kali ini MomsMoney hadirkan beberapa cara merawat karpet agar tetap bersih dan terlihat baru.

Merawat karpet yang tepat tak hanya dilihat berdasarkan noda yang tak nampak, melainkan juga dari tingkat kebersihannya. Tingkat kebersihan ini menjadi yang utama, terlebih jika karpet sering digunakan untuk duduk dan bersantai.

Simak beberapa cara merawat karpet agar tetap bersih dan terlihat baru, yang dirangkum dari laman Sharp, Rug Doctor, dan Cheap Sheds!

Baca Juga: Para Pekerja Kantoran, Ini 5 Tips Hilangkan Rasa Ngantuk Saat Sedang Bekerja

Vacuum secara teratur

Cara Merawat Karpet Agar Tetap Bersih dan Terlihat Seperti Baru

Menyedot debu dengan vacuum cleaner adalah cara merawat karpet termudah & paling efektif yang bisa dilakukan agar karpet tetap bersih dan terlihat seperti baru.

Menyedot debu berdampak signifikan pada karpet yang Anda miliki, terutama apabila karpet tersebut digunakan sehari-hari untuk tempat bersantai.

Coba gunakan vacuum cleaner seminggu sekali. Akan lebih baik apabila Anda memilih vacuum cleaner anti serangga seperti tungau agar pembersihannya lebih dalam lagi. Jangan lupa untuk membersihkan kantung filter secara teratur agar daya hisap tetap berjalan normal.

Baca Juga: Ladies, Ini 6 Desain Nail Art yang Akan Populer Pada 2023

Teknik blot

Teknik blot merupakan salah satu cara merawat karpet yang bisa dilakukan apabila karpet Anda terkena tumpahan cairan berwarna seperti kopi atau darah, misalnya.

Teknik blot sendiri merupakan teknik menyerap cairan dengan cara menekan-nekan bagian yang terkena tumpahan dengan menggunakan tissue, lap kain, ataupun spons. Teknik blot ditujukan agar cairan berwarna yang tumpah tidak akan menyebar ke bagian lainnya.

Cara merawat karpet agar tetap bersih dengan menggunakan teknik blot terbukti efektif membuat warna karpet tetap mengkilat dan terlihat seperti baru.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Membersihkan Noda Bekas Stiker yang Menempel Pada Pakaian-Gelas

Hindari menginjak karpet pakai sepatu

Cara merawat karpet agar tetap bersih dan terlihat seperti baru sebetulnya mudah dilakukan, yakni cukup hindari menginjak karpet menggunakan sepatu ataupun sandal.

Sepatu dan sandal menyerap berbagai jenis kotoran yang ada di rumah Anda, mulai dari bakteri, kotoran, hingga debu-debu yang menempel pada bagian alas. Apabila sepatu/sandal ini menginjak karpet, maka sudah dapat dipastikan bahwa karpet Anda akan menjadi kotor.

Meski tetap terlihat bersih, sebetulnya karpet Anda telah dihinggapi bakteri. Lama kelamaan, kumpulan bakteri ini akan membuat kulit gatal-gatal apabila bersentuhan langsung dengan kulit.

Baca Juga: Jangan Digosok! Ini 3 Cara Tepat Hapus Noda Kopi yang Ada pada Baju atau Jok Mobil

Es batu untuk noda permen karet

Permen karet yang menempel

Khusus untuk noda permen karet, maka cara paling efektif membersihkannya adalah dengan menggunakan es batu.

Cara merawat karpet yang berbulu sebetulnya susah-susah gampang. Namun merawat karpet juga diperlukan kehati-hatian, terutama apabila karpet terkena permen karet yang super lengket dan sulit dicabut.

Agar karpet tetap bersih dan terlihat seperti baru meski telah tertempel permen karet, maka solusinya adalah dengan mengambil es batu & membekukan permen karet yang menempel. Apabila permen karet sudah mengeras, barulah angkat perlahan permen karet yang menempel pada karpet. Nantinya, permen karet akan dengan mudah terlepas ketika teksturnya beku akibat ditempeli es batu.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Hilangkan Bau Terasi yang Menempel pada Wadah

Hindari pembersih kimia

Mungkin anda berpikir cara merawat karpet agar tetap bersih dan terlihat seperti baru bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan memakai pembersih kimia. Namun ternyata anda salah.

Hindari pembersih sintetis pada karpet Anda. Pembersih jenis ini akan merusak karpet pada tingkat mikro.

Cara merawat karpet yang lebih disarankan adalah dengan melakukan perawatan karpet menggunakan larutan cuka putih & soda bikarbohidrat untuk menghilangkan noda.

Jika ingin membersihkan karpet, pakailah cairan pembersih berlabel “nabati” atau “dapat terurai secara hayati/biodegradable” karena lebih aman bagi lingkungan dan tak akan merusak warna karpet.

Baca Juga: 6 Tas Chanel Paling Ikonik Sepanjang Masa, Makin Mirip dengan Jennie Blackpink!

Hindari karpet di jalan utama

Apabila Anda ingin memiliki karpet yang tetap indah dan terlihat seperti baru, maka hindari menempatkannya pada area rumah yang sering dilewati orang, seperti area pintu ataupun area ruang tamu.

Area-area ini merupakan area rumah yang sering dilewati oleh banyak kaki, baik yang memakai sepatu ataupun yang tidak. Tentu ini akan menyebabkan karpet cepat kotor dan warnanya memudah.

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 7 Nasihat Pernikahan dari Mereka yang Telah Bercerai

Cara merawat karpet agar tetap bersih dan terlihat seperti baru dapat dilakukan dengan menghindarkannya dari area yang dilewati banyak orang. Cara ini dianggap lebih mudah daripada harus mencuci dan merawat karpet menggunakan jasa professional.

Itu dia 6 cara merawat karpet agar tetap bersih. Apabila Anda memiliki karpet yang cantik, jangan lupa rawat dan perhatikan kebersihannya agar Anda tak gatal-gatal sekaligus agar warna karpet terlihat tetap indah seperti karpet baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News