Patut Disimak, Ini 7 Nasihat Pernikahan dari Mereka yang Telah Bercerai

Reporter: Raissa Yulianti
Kamis, 01 Desember 2022 | 10:10 WIB
Patut Disimak, Ini 7 Nasihat Pernikahan dari Mereka yang Telah Bercerai


MOMSMONEY.ID - Ada beberapa nasihat pernikahan dari mereka yang telah bercerai. 

Pernikahan merupakan sebuah hubungan yang sulit untuk dijalani. Ini karena pernikahan melibatkan waktu seumur hidup.

Agar Anda tak salah dalam menjalaninya, ada beberapa nasihat pernikahan yang penting untuk didengarkan.

Beberapa nasihat pernikahan ini telah MomsMoney rangkum dari dari laman Times of India, Elephant Journal, dan Buzzfeed, berikut selengkapnya:

Baca Juga: Nikah Bukan Sekadar Urusan Cinta, Kesehatan Keuangan Juga Penting

Jaga ucapan

Nasihat pernikahan yang pertama adalah agar Anda selalu menjaga segala bentuk ucapan yang dikeluarkan.

Penting untuk selalu memilih kata-kata yang baik dan penuh kehati-hatian meski Anda sedang bercanda. Sebab, Anda tidak tahu apa yang pasangan tafsirkan ketika mencerna candaan Anda.

Kata-kata kasar yang diucapkan ketika sedang bertengkar juga dapat merusak pernikahan. Sementara itu, Anda tak akan bisa menarik kembali kata-kata Anda jika itu sudah terjadi.

Baca Juga: Jenuh dan Stres? Ini 5 Tanda Moms Butuh Me Time untuk Kembalikan Energi yang Hilang

Hindari sering mengkritik

Nasihat pernikahan dari mereka yang telah bercerai menyarankan Anda dan pasangan untuk tidak saling mengkritik. Kritik kecil yang dilakukan secara berulang akan menimbulkan rasa kesal.

Rasa kesal merupakan racun lambat bagi pernikahan Anda. Jika salah satu dari Anda mulai membenci satu sama lain, maka pernikahan akan hancur.

Mintalah nasihat pernikahan

Dalam menjalani pernikahan, tidak mungkin jika pasangan selalu membuat keputusan terbaik, terlebih jika sedang emosional.

Untuk menengahi keadaan, ada baiknya untuk meminta nasihat pernikahan kepada wanita yang lebih tua dan bijaksana yang telah berhasil dalam pernikahan mereka.

Mencari nasihat pernikahan dari teman-teman seusia Anda tidak sebaik nasihat pernikahan yang diberikan oleh wanita lanjut usia.

Baca Juga: Destinasi Wisata Terbaik 2023: 6 Tempat Paling Nyaman untuk Bersantai, Ada Indonesia

Menikahlah dengan seseorang yang …

Ilustrasi Menikah

Orang-orang yang telah mengalami pengalaman menyakitkan, seperti bercerai, menyarankan sebuah nasihat pernikahan mengenai pasangan yang harus Anda pilih.

Mereka berkata, menikahlah dengan seseorang yang anda lihat akan tumbuh bersama anda, untuk kebaikan maupun keburukan. Amati setiap dinamika pikiran, “bisakah saya hidup dengan hal seperti ini seumur hidup saya?”

Pertimbangkan keuangan, keluarga, pertemanan, dan bahkan hal terkecil yang Anda bisa Anda jalani sekarang.

Sekarang, Anda mungkin mencintai pasangan Anda. Tapi, setelah pernikahan berlangsung, apakah Anda akan tetap mencintainya dengan segala dinamika yang ada hingga usia 60 tahunan?

Baca Juga: 5 Tips Tetap Sehat Begadang Nonton Piala Dunia

Perbaiki komunikasi

Nasihat pernikahan dari mereka yang telah bercerai menyarankan Anda untuk tidak mengasingkan diri. Berbagilah perasaan anda kepada pasangan, sekecil apapun itu. Karena komunikasi adalah kunci pernikahan.

Miskomunikasi bermula ketika wanita dan pria tidak saling berbagi mengenai perasaannya masing-masing. Ini akan merusak pernikahan Anda jika Anda tak segera memperbaiki cara komunikasi bersama pasangan.

Baca Juga: Kurangi Minyak Berlebih, Ikuti 4 Cara Menggoreng Ikan Anti Meletup

Ponsel adalah orang ketiga

Dalam sebuah pernikahan, tidak boleh ada ruang untuk orang ketiga. Sayangnya, teknologi memungkinkan orang-orang untuk bermain ponsel sepanjang waktu, seolah-olah mereka menikah dengan ponsel.

Jadi, berhentilah bermain ponsel dan mulailah untuk menghabiskan waktu bersama pasangan anda berdua. Nasihat pernikahan yang satu ini jadi salah satu cara untuk perbaiki cara berkomunikasi Anda dengan pasangan.

Tidak memprioritaskan pasangan

Nasihat pernikahan dari mereka yang telah bercerai menyarankan agar Anda selalu memprioritaskan pasangan.

Kehidupan kerja memang penting. Tetapi, jika Anda lebih memprioritaskan pekerjaan dibandingkan pasangan, maka Anda akan kehilangan pasangan Anda secara perlahan namun pasti.

Pada masanya nanti, Anda dan pasangan akan bisa menjadi sangat jauh jika ini tak segera dihentikan.

Baca Juga: 6 Kategori KDRT atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang Jarang Disadari

Argumen yang tepat

Dalam setiap argumen dan pertengkaran, Anda tidak harus selalu jadi pihak yang merasa paling benar. Sebuah nasihat pernikahan dari mereka yang telah bercerai menyarankan Anda untuk tetap diam dan tenang meski Anda tak setuju.

Sampaikan tujuan atau argumen Anda secara baik-baik dan perlahan hanya jika pasangan Anda sudah tenang.

Itulah 7 nasihat pernikahan dari mereka yang telah bercerai. Semoga beberapa nasihat pernikahan di atas bisa membawamu menjadi sosok yang lebih dewasa bersama pasangan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER