6 Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan akibat Sakit

Reporter: Ana Risma
Jumat, 23 September 2022 | 16:55 WIB
6 Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan akibat Sakit

ILUSTRASI. 6 Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan akibat Sakit.


MOMSMONEY.ID - Anak menjadi sulit atau bahkan tidak mau makan sama sekali saat sedang sakit merupakan hal yang wajar.

Meskipun penurunan nafsu makan akibat sakit tergolong wajar, faktanya sebagian besar orang tua cenderung khawatir berlebihan atau merasa bingung saat menghadapi anak yang enggan untuk makan. Ingat, sebesar apapun kekhawatiran Anda, jangan sampai Anda memaksa anak yang sedang tidak nafsu makan karena sakit untuk makan ya Moms.

Selain memberikan anak banyak minum untuk mengisi kekosongan perut mereka dan menggantikan makanan untuk sementara waktu, Anda juga patut menerapkan 6 cara yang dilansir dari laman Ciputra Hospital ini untuk mengatasi anak yang tidak mau makan akibat sakit dengan tepat.

Baca Juga: 4 Minuman Herbal untuk Mengatasi Jerawat dari Dalam

1. Jangan memaksa anak untuk makan

Memaksa anak yang sedang sakit untuk makan hanya akan menciptakan masalah baru. Saat orang tua bersikeras memaksa anak untuk makan padahal mereka sedang tidak nafsu makan akibat sakit, itu bisa menyebabkan anak makan dalam porsi lebih sedikit.

Ini karena paksaan orang tua akan memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi anak.

2. Sajikan makanan yang mudah dicerna

Saat anak sakit dan enggan makan, sajikanlah makanan yang mudah dicerna oleh mereka misalnya bubur. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memberikan anak makanan bercita rasa hambar karena makanan hambar cenderung lebih mudah ditoleransi.

Sebaliknya, hindari memberikan anak makanan berat seperti makanan yang berminyak atau digoreng, makanan manis, dan makanan dengan bumbu yang banyak. Pasalnya, ketiga makanan tersebut akan membuat perut anak menjadi sensitif dan sulit untuk mencerna.

3. Tawarkan makanan dalam porsi kecil

Tawarkan anak Anda makanan dalam porsi kecil tatkala mereka tidak nafsu makan karena sakit. Cara ini jauh lebih baik dibandingkan Anda memberikan makanan dalam jumlah yang banyak kepada anak sehingga membuat mereka kewalahan untuk menghabiskannya.

Saat Anda menyajikan makanan dalam porsi kecil, jangan lantas khawatir anak akan kelaparan. Karena, nafsu makan anak akan berangsur kembali ketika kondisi mereka sudah mulai membaik.

Baca Juga: 4 Manfaat Olahraga Sepatu Roda yang Baik untuk Kesehatan, Tertarik Mencoba?

4. Berikan makanan favorit anak

Memberikan anak makanan favoritnya saat mereka sakit bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak yang menurun. Jadi, utamakanlah hal tersebut alih-alih memikirkan menu baru yang belum tentu disukai oleh anak.

Misal, jika anak Anda gemar makan sup, roti panggang, atau nasi goreng pada hari-hari biasa, maka jangan ragu untuk menyajikannya ketika mereka sedang sakit. Kendati demikian, selalu pastikan makanan yang Anda sajikan tergolong sehat dan bergizi ya Moms.

5. Pertimbangkan makanan yang mengandung probiotik

Apabila dokter telah meresepkan antibiotik, pertimbangkanlah untuk memberikan makanan kaya probiotik seperti yogurt kepada anak Anda yang sedang sakit. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung probiotik dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan akibat obat yang dikonsumsi oleh anak.

Atau, mintalah rekomendasi dokter untuk memberikan suplemen probiotik yang tepat untuk anak Anda.

6. Minta bantuan dokter

Jika kelima upaya di atas sudah Anda coba namun tak kunjung membuahkan hasil, maka jangan ragu untuk meminta bantuan dokter karena dokter tahu betul bagaimana mengatasi masalah makan pada anak yang sedang sakit.

Salah satu contoh tindakan yang mungkin akan dokter lakukan kepada anak adalah memberikan cairan infus guna mencegah mereka mengalami dehidrasi akibat tidak mau makan.

Demikian 6 cara mengatasi anak yang tidak mau makan akibat sakit. Apabila anak Anda mengalami demam tanpa disertai gejala lain, maka berfokuslah untuk menjaga tubuh mereka tetap terhidrasi dan tawarkan makanan favoritnya. Jika demam yang anak alami disertai dengan batuk, pilek, dan hidung tersumbat, sajikanlah sup hangat, kaldu, cokelat panas, atau teh tanpa kafein kepada mereka.

Untuk anak yang mengalami sakit tenggorokan, Anda bisa memberikan mereka jus jeruk, jus nanas, jus tomat, smoothies, yogurt beku, cokelat panas, atau puding dingin guna membantu menenangkan sekaligus meredakan sakit tenggorokannya. Atau, pertimbangkan untuk memberikan anak Anda pancake, telur orak-arik, sereal, pasta, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER