4 Minuman Herbal untuk Mengatasi Jerawat dari Dalam

Reporter: Ana Risma
Minggu, 25 September 2022 | 15:15 WIB
4 Minuman Herbal untuk Mengatasi Jerawat dari Dalam

ILUSTRASI. 4 Minuman Herbal untuk Mengatasi Jerawat dari Dalam.


MOMSMONEY.ID - Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi jerawat adalah dengan mengonsumsi minuman herbal.

Sebagaimana MomsMoney sadur dari laman Vogue, Dr Mittal Gupta selaku Konsultan Nutrisi Gaya Hidup Tripti Gupta dan Nmami Agarwal selaku Ahli Gizi membagikan daftar minuman herbal yang terbukti bermanfaat untuk mengatasi jerawat dari dalam. Berikut daftar minuman herbal tersebut:

1. Teh spearmint

Teh spearmint

Mengonsumsi 1-2 cangkir teh spearmint organik setiap hari dapat mengurangi jerawat hingga 25%-50%. Adapun informasi ini telah didokumentasikan dengan baik oleh para ahli kulit.

Teh spearmint diklaim sebagai minuman mint paling ampuh untuk membunuh bakteri dan ragi penyebab jerawat.

Berkat sifat anti-inflamasi yang ada di dalamnya, teh spearmint juga dapat membantu menenangkan jerawat yang masih aktif.

Baca Juga: Air Beras Bisa Diolah Jadi Pupuk Organik, Yuk Simak Cara Mengolahnya!

2. Teh hijau dan lemon

Teh hijau

Teh hijau dan lemon merupakan kombinasi yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Cukup rebus beberapa daun teh hijau kemudian tambahkan 1 sendok teh jus lemon ke dalamnya. Setelah larut, saring dan minum selagi hangat.

Sementara vitamin C dalam lemon berfungsi untuk mencerahkan kulit, teh hijau dikemas dengan katekin yang merupakan antioksidan kuat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau dapat membantu mengurangi produksi sebum yang menjadikan kulit sebagai lingkungan yang tidak bersahabat bagi bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan suntikan antioksidan yang lebih kuat, Anda bisa mencoba matcha dengan kandungan EGCG yang bermanfaat untuk membantu melawan pembentukan sebum yang terjadi sebelum jerawat terbentuk.

3. Neem dan madu

Daun Neem

Meski neem atau daun mimba memiliki cita rasa pahit, namun bahan herbal yang satu ini mampu bertindak sebagai penangkal jerawat, bisul, dan noda berkat sifat antibakterinya.

Mengunyah neem atau meminumnya dalam bentuk ramuan dapat membantu menghilangkan racun dan memurnikan darah.

Supaya tidak terlalu pahit, Anda bisa memasukkan neem ke dalam air dan menambahkannya madu.

4. Teh serai dan kunyit

Kunyit

Serai dan kunyit sama-sama memiliki sifat anti-jamur dan antibakteri yang bermanfaat untuk membantu menangkal jerawat serta ruam.

Seduhan serai, kunyit, lada hitam, evening primrose oil, dan batang lavender akan menjadi minuman herbal yang sempurna untuk mengatasi jerawat yang berkaitan dengan PCOD (Polycystic Ovarian Disease). Dikutip dari KlikDokter, PCOD merupakan kondisi yang terjadi saat indung telur menghasilkan sel telur yang belum matang dalam jumlah yang banyak.

Selain dikonsumsi dalam bentuk minuman herbal, Anda juga bisa menambahkan kunyit ke dalam sup atau secangkir susu hangat guna mendapatkan manfaat kurkumin dari kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk membuat jerawat lebih cepat sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER