4 Manfaat Olahraga Sepatu Roda yang Baik untuk Kesehatan, Tertarik Mencoba?

Reporter: Ana Risma
Kamis, 22 September 2022 | 19:38 WIB
4 Manfaat Olahraga Sepatu Roda yang Baik untuk Kesehatan, Tertarik Mencoba?

ILUSTRASI. 4 Manfaat Olahraga Sepatu Roda yang Baik untuk Kesehatan.


MOMSMONEY.ID - Sepatu roda dapat menjadi opsi yang menyenangkan sekaligus menarik untuk membuat tubuh tetap aktif. Bisa dilakukan oleh semua orang dari berbagai usia, sepatu roda telah terbukti menjadi latihan fisik yang efektif dengan manfaat kesehatan yang besar.

Cocok untuk membantu Anda mencapai tujuan kebugaran, berikut 4 manfaat olahraga sepatu roda yang baik untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Word of Health.

1. Menjaga kesehatan jantung

Bermain sepatu roda dapat membantu memperkuat jantung lho. Menurut The American Heart Association, sepatu roda termasuk bentuk latihan aerobik yang valid.

Berpartisipasi dalam kegiatan sepatu roda dengan level sedang akan meningkatkan detak jantung rata-rata dari 140-160 denyut per menit. Melalui sepatu roda, Anda dapat meningkatkan detak jantung secara dramatis sampai sekitar 180 detak per menit.

Baca Juga: Mau Adopsi Anabul? Berikut Ini Cara Membuat Kucing Beradaptasi di Lingkungan Baru

2. Mengelola diabetes

The American Diabetes Association merekomendasikan dua jenis aktivitas fisik untuk mengelola dan mencegah diabetes seperti latihan kekuatan dan latihan aerobik. Adapun kedua jenis aktivitas fisik tersebut dapat dijumpai dalam sepatu roda.

Termasuk latihan aerobik yang sangat baik, sepatu roda mampu membantu tubuh untuk menggunakan dan mengelola insulin dengan lebih baik. Sepatu roda juga bisa memperkuat tulang, menurunkan kadar glukosa darah, meredakan stres, hingga meningkatkan kadar kolestrol.

3. Melatih kekuatan otot

Sepatu roda setara dengan jogging dalam hal mengurangi lemak tubuh serta mengembangkan kekuatan kaki. Secara alami, sepatu roda dapat membantu mengembangkan kekuatan dan membangun otot.

Aktif dalam kegiatan sepatu roda akan melatih kaki dan glutes saat Anda melakukan gerakan. Sepatu roda juga akan secara otomatis melatih lengan dan inti Anda tatkala Anda berusaha menyeimbangkan tubuh. Pada akhirnya, Anda akan memiliki otot yang lebih kuat dan koordinasi yang lebih baik untuk membantu mencegah cedera sekaligus membuat Anda tetap aktif.

4. Membakar kalori

Menurut Mayo Clinic, melakukan sepatu roda dengan kecepatan rata-rata selama satu jam dapat membakar sekitar 913 kalori pada seseorang yang memiliki berat 160 pound.

Dalam jam yang sama, seseorang yang beratnya 200 pound akan membakar 1.138 kalori sementara seseorang dengan berat 240 pound dapat membakar 1.363 kalori saat aktif dalam kegiatan sepatu roda.

Nah, itulah 4 manfaat olahraga sepatu roda yang baik untuk kesehatan. Jika Anda tertarik untuk mulai mencoba sepatu roda, pastikan untuk memakai alat pelindung kepala, siku, dan lutut demi keamanan. Pertimbangkan juga untuk memanggil seorang pelatih berpengalaman guna membantu Anda mempelajari teknik yang tepat dalam bersepatu roda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER