HOME, Keluarga

6 Alternatif Pengganti Pohon Natal untuk Dekorasi Rumah yang Bisa Anda Coba

6 Alternatif Pengganti Pohon Natal untuk Dekorasi Rumah yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Pohon natal merupakan barang dekorasi natal yang wajib ada untuk memaksimalkan suasana festive di rumah.

Namun, banyak orang yang tidak bisa menggunakan pohon natal sebagai dekorasi, baik karena keterbatasan budget maupun area di rumah.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan pohon natal sama sekali. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menyulap beberapa barang di rumah menjadi pohon natal tiruan yang terlihat cantik dan unik.

Dilansir dari Family Handyman dan Real Simple, berikut alternatif pohon natal yang bisa Anda coba untuk mendekorasi rumah saat natal.

Baca Juga: Tips Dekorasi Natal untuk Rumah Sempit, Simpel dan Mudah!

Tumpukan buku

Jika Anda dan keluarga termasuk kutu buku, coba manfaatkan tumpukan buku di rumah menjadi pohon natal tiruan yang cantik dan estetik.

Caranya, tumpuk buku di meja hingga membentuk pohon seperti gambar di atas. Lalu, hiasi dengan beragam ornamen, misalnya string lights dan tree topper supaya terlihat seperti pohon natal.

Ranting pohon

Alternatif yang ini cocok untuk Anda yang menginginkan dekorasi natal yang terkesan rustic dan apa adanya. Caranya juga mudah, lo!

Anda cukup menggunakan dahan atau ranting pohon yang patah, lalu cat dengan warna putih atau perak atau biarkan apa adanya. Tempatkan di pot atau vas, lalu hiasi dengan ornamen layaknya seperti menghias pohon natal biasa.

Kain flanel

Jika Anda memiliki area dinding yang kosong di rumah, coba beri hiasan berupa kain flanel yang dibentuk menyerupai pohon natal.

Caranya, potong kain flanel besar berwarna hijau dengan bentuk pohon natal, kemudian tempelkan ke dinding yang kosong. Untuk menghiasnya, Anda bisa menggunakan kain flanel berwarna-warni yang digunting dengan bentuk ornamen khas natal, kemudian tempelkan di pohon tersebut.

Baca Juga: Tips Memilih Pohon Natal yang Tepat untuk Dekorasi di Rumah

Pohon kardus

Jika Anda punya kardus bekas yang cukup tebal di rumah, coba kreasikan menjadi pohon natal mini yang simpel.

Anda bebas menempatkan pohon natal kardus tersebut di manapun, misalnya digantung di dinding atau ditempatkan di atas meja. Jangan lupa hiasi dengan berbagai ornamen seperti manik-manik dan pita.

Baca Juga: Tips Merayakan Natal yang Ramah Lingkungan di Rumah, Mudah Dilakukan!

Tumpukan kado

Pohon natal dari tumpukan kado

Natal identik dengan tumpukan kado. Jadi, jika Anda punya tradisi saling bertukar kado saat natal, coba hiasi tumpukan kado tersebut sehingga terlihat seperti pohon natal.

Anda bisa menumpuk kado tersebut di meja, atau sekalian menumpuknya di lantai jika jumlah kado cukup banyak. Lalu, hiasi dengan ornamen pohon natal seperti biasa.

Pohon natal mini

Jika Anda malas membuat prakarya pohon natal, coba pertimbangkan untuk membeli pohon natal versi mini yang bisa diletakkan di meja.

Selain menghemat tenaga karena tidak perlu repot-repot membuat pohon dari nol, pohon natal mini biasanya juga dilengkapi dengan lampu, sehingga akan berfungsi ganda sebagai lampu meja.

Itulah beberapa alternatif yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti pohon natal biasa di rumah. Bagaimana, ide-idenya cukup menarik kan?

Selamat mempraktikkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News