HOME, Keluarga

Tips Memilih Pohon Natal yang Tepat untuk Dekorasi di Rumah

Tips Memilih Pohon Natal yang Tepat untuk Dekorasi di Rumah

MOMSMONEY.ID - Salah satu kesibukan umat Kristiani dalam menyambut natal adalah mendekorasi rumah dengan pernak-pernik yang khas, misalnya pohon natal beserta ornamen-ornamennya.

Umumnya, pohon natal artifisial atau pohon natal palsu merupakan jenis yang banyak digunakan karena mudah didapat dan terjangkau. Selain itu, jika dirawat dan digunakan dengan baik, pohon natal palsu bisa awet bertahun-tahun, lo!

Karena merupakan hiasan natal yang cukup penting, memilih pohon natal palsu tidak boleh asal-asalan. Perlu kecermatan yang baik untuk memilih pohon natal yang tepat supaya pohon tersebut bisa mempercantik rumah dengan maksimal.

Nah, kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan saat akan memilih dan membeli pohon natal palsu? Berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Pohon Natal Asli vs Palsu untuk Dekorasi Rumah, Pilih Mana?

Ukur luas ruangan yang akan ditempati pohon natal

Dilansir dari Southern Living, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengukur luas ruangan yang akan ditempati pohon natal.

Mengapa? Sebab, dengan mengukur luas ruangan, Anda dapat menentukan ukuran pohon natal yang tepat untuk dekorasi di rumah Anda.

Jadi, pastikan pohon natal yang Anda pilih memiliki ukuran yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Lalu, pastikan juga akan ada cukup ruang untuk bergerak di area sekitar pohon natal tersebut.

Perhatikan desain pohon natal

Selanjutnya, Anda dapat menentukan desain pohon natal seperti apa yang Anda inginkan, dan apakah pohon natal tersebut akan cocok diletakkan di rumah.

Biasanya, pohon natal palsu akan didesain semirip mungkin dengan pohon natal asli yang rimbun dengan warna coklat dan hijau, sehingga dapat memberikan kesan alami di rumah.

Namun, jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, tak ada salahnya memilih pohon natal dengan bentuk dan warna yang unik. Anda bisa memilih pohon natal yang ramping atau pohon natal yang berwarna-warni seperti warna putih, biru, bahkan pink.

Baca Juga: Tips Merayakan Natal yang Ramah Lingkungan di Rumah, Mudah Dilakukan!

Perhatikan kelengkapan pohon natal

Dikutip dari bhg.com, Anda juga perlu memperhatikan kelengkapan apa saja yang terdapat dalam pohon natal yang diincar.

Ada beberapa kelengkapan yang bisa Anda periksa, misalnya dudukan atau stand supaya pohon natal dapat berdiri dengan kokoh, ornamen atau hiasan tambahan, hingga ketersediaan tempat khusus untuk menyimpan pohon natal jika sudah selesai digunakan.

Pertimbangkan anggaran yang sesuai

Terakhir, Anda perlu mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan sehingga dapat menyiapkan budget yang sesuai.

Pada dasarnya, kualitas bahan dan ornamen-ornamen tambahan pada pohon natal akan mempengaruhi harganya. Pohon natal dengan bahan plastik atau metal tentu memiliki harga yang berbeda. Begitu pula dengan pohon natal biasa dengan pohon natal yang dipenuhi hiasan.

Jadi, jika Anda menginginkan pohon natal dengan kualitas dan tampilan tertentu, coba lakukan riset untuk mengetahui perkiraan harganya. Barulah tentukan pohon natal seperti apa yang sesuai dengan budget Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan saat akan membeli pohon natal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News