HOME, Keluarga

Tips Dekorasi Natal untuk Rumah Sempit, Simpel dan Mudah!

Tips Dekorasi Natal untuk Rumah Sempit, Simpel dan Mudah!

MOMSMONEY.ID - Luas ruangan yang sempit dan terbatas adalah salah satu kendala yang dihadapi pemilik rumah kecil saat akan mendekorasi rumah untuk perayaan tertentu seperti Natal.

Memang, rumah yang sempit membuat penghuninya memiliki keterbatasan untuk mendekorasi dan menghias rumah dengan bebas. Sebab, rumah bisa terasa makin penuh dan sesak jika didekorasi sembarangan.

Namun, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menghadirkan suasana natal di rumah yang sempit. Tak perlu berlebihan, rumah sempit pun bisa tampil cantik dengan dekorasi khas natal!

Dirangkum dari Real Simple dan ACE Indonesia, berikut tips dekorasi natal untuk rumah sempit.

Baca Juga: Tips Memilih Pohon Natal yang Tepat untuk Dekorasi di Rumah

Gunakan hiasan atau dekorasi berukuran kecil

Karena luas ruangan yang terbatas, sebaiknya hindari penggunaan hiasan atau dekorasi natal berukuran besar di rumah yang sempit.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan hiasan atau dekorasi natal berukuran kecil. Misalnya, Anda bisa menggunakan pohon natal yang lebih pendek, bahkan pohon natal yang bisa diletakkan di meja untuk menghemat tempat di lantai rumah.

Supaya suasana natal tetap terasa, jangan lupa untuk tetap menghias pohon tersebut dengan pernak-pernik atau ornamen yang simpel seperti lampu, bola natal, gantungan, atau garland.

Gunakan dekorasi yang multifungsi

Salah satu hal yang banyak disarankan untuk menata rumah sempit adalah menggunakan furnitur atau dekorasi yang bersifat multifungsi. Hal tersebut juga bisa Anda terapkan untuk dekorasi natal juga, lo.

Supaya rumah tidak terasa makin sempit, coba gunakan dekorasi yang multifungsi sehingga tidak hanya terkesan sebagai dekorasi rumah. Misalnya, Anda bisa menggunakan taplak meja dengan motif kotak-kotak berwarna merah atau hijau, atau gunakan bantal sofa dengan sarung bermotif khas natal.

Baca Juga: Tips Merayakan Natal yang Ramah Lingkungan di Rumah, Mudah Dilakukan!

Gunakan palet warna yang simpel

Penggunaan warna-warna yang terlalu banyak dapat membuat dekorasi rumah terlihat berlebihan dan tidak nyaman dipandang. Jadi, lebih baik gunakan palet warna yang minimalis dan simpel, tapi tetap terasa khas natal.

Misalnya, Anda bisa fokus menggunakan dekorasi dengan warna merah-hijau yang festive atau emas-perak yang lebih netral. Cukup gunakan 2-3 warna saja supaya rumah tetap terasa nyaman.

Maksimalkan ruang kosong di dinding

Selain menggunakan barang multifungsi dan warna-warna simpel, trik lainnya yang bisa digunakan untuk mendekorasi rumah sempit adalah dengan memanfaatkan ruang vertikal yang kosong pada dinding.

Untuk memunculkan suasana natal, Anda bisa menempel atau menggantung beragam hiasan natal pada dinding. Misalnya, Anda bisa menggantung wreath, garland, lampu, hingga gambar-gambar khas natal. Atau, gunakan rak dinding untuk memajang berbagai dekorasi natal yang lucu.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi rumah sempit saat natal. Bagaimana, mudah dan simpel, kan? Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News