Keluarga

5 Trik Membuat Rumah Terasa Lebih Luas dengan Keramik

5 Trik Membuat Rumah Terasa Lebih Luas dengan Keramik

MOMSMONEY.ID - Jika Anda tinggal di rumah yang tergolong kecil, jangan minder dulu karena rumah kecil tak harus selalu terasa sempit.

Dengan beberapa trik sederhana, rumah kecil Anda justru bisa terlihat lebih luas dan lapang. Jadi, Anda dan keluarga pun akan merasa makin nyaman saat menempati rumah kecil tersebut.

Salah satu trik yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan keramik, terutama keramik pada lantai. Dirangkum dari Canadian Home Trends dan Strictly Tiles, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warna Keramik yang Tidak Gampang Terlihat Kotor

Gunakan warna cerah

Mungkin Anda sering mendengar saran untuk menggunakan cat dinding berwarna cerah supaya interior rumah terlihat lebih luas. Hal yang sama juga berlaku untuk keramik lantai, jadi pilihlah keramik dengan warna yang terang dan cerah seperti putih atau krem.

Warna cerah dikenal dapat memantulkan dan menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan, sehingga menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar. Namun, jika Anda tetap menginginkan warna keramik yang gelap, pastikan pencahayaan di dalam ruangan optimal sehingga tidak terkesan sempit.

Gunakan warna polos

Ketika memilih keramik lantai, usahakan untuk memilih keramik dengan warna yang polos tanpa motif apapun. Hal ini akan membantu menghasilkan kesan rumah yang lebih luas.

Jika Anda ingin menggunakan keramik bermotif, pilihlah motif yang sederhana dan memiliki perpaduan warna yang tidak terlalu kontras, sehingga interior rumah tidak terasa ramai dan penuh.

Baca Juga: Anti Mager, Ini 5 Tips Menjaga Kebersihan Rumah Saat Liburan

Pilih keramik berukuran besar

Lantai yang dipasangi keramik berukuran besar akan membantu mengurangi garis-garis batas atau garis nat antar ubin, sehingga membuat rumah terlihat lebih luas. Jarak pandang dari satu keramik ke keramik lainnya pun akan lebih jauh.

Sebaliknya, keramik berukuran kecil akan menciptakan banyak garis nat di lantai, sehingga membuat rumah terkesan penuh dan sempit. Jadi, Anda bisa memilih menggunakan keramik berukuran besar untuk menciptakan kesan rumah yang besar.

Baca Juga: Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Membersihkan Kulkas

Samakan warna nat

Salah satu kunci untuk membuat rumah terasa lebih luas adalah dengan membuat lantainya terlihat seamless atau berpadu tanpa garis-garis pembatas.

Untuk menciptakan lantai rumah yang terkesan seamless, Anda bisa mencocokkan warna grout atau nat dengan warna keramik yang digunakan. Misalnya, jika menggunakan keramik putih, gunakan nat berwarna putih, begitu pula dengan warna lainnya.

Susun secara diagonal

Selain warna dan ukuran keramik yang digunakan, pola penyusunan keramik juga berpengaruh dalam menciptakan ilusi rumah yang lebih luas, lo.

Misalnya, keramik lantai yang disusun secara diagonal akan menciptakan kesan luas dibandingkan menyusun keramik secara linear. Dengan menyusun keramik lantai secara diagonal, Anda pun tidak akan terpaku pada luas ruangan berdasarkan panjang dan lebar keramik.

Itulah beberapa trik untuk membuat rumah terasa lebih luas dengan keramik lantai. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News