Keluarga

Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Membersihkan Kulkas

Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Membersihkan Kulkas

MOMSMONEY.ID - Kulkas termasuk salah satu alat elektronik yang wajib ada di rumah. Tak heran, sebab keberadaannya sangat membantu menjaga urusan perut seluruh penghuni rumah.

Hanya dengan bermodalkan kulkas, Anda bisa menyimpan bahan makanan yang belum dimasak, mendinginkan berbagai jenis makanan, menyimpan makanan sisa, dan masih banyak lagi.

Karena sering digunakan, kulkas tentunya perlu dibersihkan secara rutin untuk membantu memperpanjang masa pakai kulkas dan menjaga kualitas makanan yang disimpan di dalamnya.

Nah, supaya kegiatan membersihkan kulkas semakin maksimal, ada beberapa kesalahan saat membersihkan kulkas yang sebaiknya Anda hindari. Apa sajakah kesalahan yang dimaksud? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Kulkas Berbau Tidak Sedap? Coba Atasi dengan 4 Trik Ini!

Jarang membersihkan kulkas

Jika Anda termasuk orang yang jarang membersihkan kulkas, sebaiknya mulailah membersihkan kulkas secara rutin, minimal sebulan sekali.

Dikutip dari Food Safety Australia, kulkas yang terlihat biasa saja sebenarnya bisa mengandung jutaan bakteri, seperti salmonella, listeria, dan E. coli. Bakteri-bakteri tersebut dikenal sebagai bakteri yang dapat mengganggu kesehatan, khususnya pada bagian pencernaan.

Jadi, supaya makanan yang disimpan di kulkas tidak terkontaminasi bakteri, jangan lupa untuk membersihkan kulkas secara rutin.

Menggunakan pembersih yang keras

Melansir penjelasan dari Ohmymag.uk, menggunakan produk pembersih yang tepat merupakan kunci untuk membersihkan kulkas secara efektif.

Oleh karena itu, perhatikan produk pembersih yang Anda gunakan untuk membersihkan kulkas. Hindari produk pembersih dengan kandungan kimia yang keras, misalnya produk pembersih yang mengandung bleach atau pemutih pakaian.

Walaupun ampuh sebagai bahan pembersih, beberapa bahan kimia tertentu juga bisa merusak permukaan yang dibersihkan. Selain itu, beberapa produk pembersih memiliki bau menyengat yang bisa tertinggal dan menempel di makanan. Sebaiknya, cukup gunakan air dan sabun untuk membersihkan bagian dalam kulkas.

Baca Juga: Ingin Memanfaatkan Botol Semprot Bekas? Ini Sederet Ide Menarik

Salah urutan dalam membersihkan

Saat membersihkan sesuatu, terkadang kita membersihkan benda tersebut dengan sembarangan, asalkan hasil akhirnya tetap bersih.

Padahal, pemikiran ini kurang tepat karena ada urutan tertentu dalam membersihkan sesuatu, termasuk membersihkan kulkas. Dengan urutan yang tepat, kegiatan bersih-bersih akan lebih efisien.

Mengutip Mashed, sebaiknya bersihkan kulkas dari atas ke bawah. Hal ini dapat membantu mencegah kotoran terjatuh ke area yang sudah dibersihkan, sehingga Anda tak perlu membersihkan area yang sama dua kali.

Lupa membersihkan bagian tertentu

Kulkas terbagi menjadi beberapa area yang ditujukan untuk bahan makanan tertentu. Ada area khusus untuk botol minuman, telur, sayuran, buah-buahan, dan lain-lain.

Area tersebut umumnya memiliki desain khusus dengan rak yang bisa dilepas-pasang. Sebaiknya, saat membersihkan kulkas, jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian ini secara menyeluruh.

Keluarkan semua rak, laci, dan tempat penyimpanan yang ada di kulkas, lalu cuci bersih dengan sabun dan air. Sambil menunggu rak dan lacinya kering, bersihkan dinding pada bagian dalam kulkas dan keringkan dengan lap kering supaya tidak lembap.

Itulah beberapa kesalahan saat membersihkan kulkas yang perlu Anda hindari. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News