Keluarga

5 Tips Rahasia Memasak Makanan Italia yang Enak Ala Koki Terkenal

5 Tips Rahasia Memasak Makanan Italia yang Enak Ala Koki Terkenal

MOMSMONEY.ID - Jika Anda merupakan penggemar berat makanan Italia dan tertarik ingin mempelajarinya secara otodidak, ada beberapa tips rahasia yang wajib Anda ketahui.

Untuk dapat memasak makanan Italia secara profesional, seorang koki Italia terkenal yang mendirikan restoran berbintang Michelin di Singapura bernama Chef Beppe de Vito menghadirkan beberapa tipsnya. Melansir dari The Food Diaries dan Architectural Digest, berikut artikelnya.

Baca Juga: Dari Pappardelle hingga Orecchiette, Ini 5 Jenis Pasta Terbaik untuk Bolognese

Buat sesederhana mungkin

Baccala Mantecato

Memasak makanan Italia tak perlu bahan yang rumit. Hanya dengan 2 bahan sederhana saja Anda sudah dapat mengubahnya menjadi makanan yang enak di lidah.

Chef Beppe de Vito mengatakan bahwa inti dari makanan Italia adalah menonjolkan rasa alami dari bahan-bahan yang ada. Semakin sedikit bahan, maka semakin baik hidangannya.

Orang-orang Italia juga membiasakan agar kulkas kosong supaya bahan makanan segar bisa dibeli. bahan makanan yang segar akan membuat makanan Italia terasa lebih lezat.

Baca Juga: Pesto hingga Marinara, Ini 6 Jenis Saus Pasta Italia yang Wajib Anda Coba

Gunakan air rebusan makanan

Alla Norma

Untuk dapat menyajikan makanan Italia yang lezat, para chef selalu mengutamakan air rebusan makanan.

Contohnya ketika memasak saus, gunakan air rebusan pasta. Air rebusan pasta mengandung pati yang secara alami keluar dari pasta. Aduklah terus air rebusan & saus hingga saus berubah mengental dengan sendirinya. Saus jadi terasa akan lebih lembut dari biasanya.

Baca Juga: Resep Pizza Bolognese Goreng Super Krispi dengan Topping Tersembunyi

Gunakan herba yang segar

Salah satu tips penting memasak pasta ala Italia yang enak adalah selalu menggunakan herba segar.

Herba seperti peterseli, sage, basil, hingga tarragon merupakan bahan yang akan ditambahkan menjelang tahap akhir masakan. Ini dilakukan agar rasa & aromanya dapat lebih keluar.

Apabila herba dimasukkan saat proses memasak, maka warna & rasa aslinya akan hilang.

Beri sedikit herba pada minyak goreng

Herba dalam Minyak pada makanan Italia

Agar makanan Italia yang Anda masak menjadi super harum dan terasa sedap di lidah, maka tips memasak yang dapat Anda ikuti salah satunya dengan membumbui minyak dengan herba.

Baca Juga: Resep Bola-bola Cokelat Meses, Camilan Manis Favorit Keluarga yang Mudah Dibuat

Caranya dengan memanaskan minyak zaitun hingga bersuhu hangat. Kemudian masukkan herba segar seperti rosemary, oregano, bawang putih, ataupun thyme ke dalam minyak. Cara ini akan membuat makanan Italiamu jadi lebih beraroma.

Namun apabila minyak yang Anda panaskan jadi terlalu panas, akali dengan memasukkan herba kering. Sebab herba kering yang dipanaskan akan membuat minyak alaminya keluar, sehingga lebih sedap & beraroma.

Sajikan langsung dari oven

Tips memasak makanan Italia agar mirip seperti hidangan profesional adalah dengan selalu membuat & menyajikannya secara langsung.

Seperti saat membuat pizza, maka buatlah pizza ketika Anda ingin memakannya. Pizza harus menggunakan bahan-bahan yang masih fresh & baru.

Itulah sederet tips memasak makanan Italia ala koki terkenal yang bisa Anda tiru di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News