Keluarga

Pesto hingga Marinara, Ini 6 Jenis Saus Pasta Italia yang Wajib Anda Coba

Pesto hingga Marinara, Ini 6 Jenis Saus Pasta Italia yang Wajib Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Tak hanya saus Bolognese, ternyata ada begitu banyak jenis saus pasta Italia yang lezat dan punya rasa yang bervariasi. Saus pasta ini ada yang terbuat dari bahan dasar krim, bawang putih, hingga daun basil, lo.

MomsMoney telah merekomendasikan 6 jenis saus pasta Italia yang bisa Anda coba saat berkunjung ke restoran pasta. Melansir dari laman Unocasa dan SBS, berikut artikelnya:

Saus pesto

Pesto

Baca Juga: Anti Rontok, Ikuti 4 Cara Bikin Tepung Panir Awet Menempel pada Makanan

Jenis saus pasta Italia pertama yang wajib Anda coba adalah Saus Pesto. Jika biasanya saus Bolognese berwarna merah, maka Saus Pesto berwarna hijau.

Saus Pesto tergolong ke dalam jenis saus pasta Italia yang menyehatkan karena terbuat dari daun basil, sedikit minyak zaitun, kacang pinus, dan keju Parmesan.

Saus pesto dapat mudah dicampur dengan spaghetti serta jadi saus pasta yang pas sebagai pengganti saus tomat.

Aglio e olio

Aglio e Olio adalah jenis saus pasta Italia tanpa tomat yang sangat mudah dimasak.

Hanya perlu 2 bahan saja untuk memasak saus pasta yang satu ini, yakni bawang putih dan minyak. Beberapa orang juga terkadang menambahkan keju Parmesan dan cabai bubuk sebagai penambah rasa.

Baca Juga: Cara Memilih Cumi, Membersihkan hingga Memasak Cumi Agar Tetap Segar

Marinara

Marinara Gnocchi

Saus pasta Marinara berbahan dasar tomat yang dicampur dengan bawang putih, rempah-rempah, dan bumbu Italia. Warnanya merah cerah dan teksturnya cukup kental.

Meski terlahir dari komunitas Italia-Amerika, Marinara merupakan jenis saus pasta paling popular di dunia. Saus pasta Marinara cocok dikombinasikan dengan jenis pasta seperti Gnocchi, Casserole, dan Lasagna.

Baca Juga: Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

Cacio e Pepe

Cacio e Pepe

Jenis saus pasta Italia bernama Cacio e Pepe punya rasa yang begitu mengejutkan. Saus pasta ini hasil perpaduan antara keju, mentega, lada hitam, sedikit air, dan pati untuk mengentalkan saus.

Meski super kental, saus pasta Cacio e Pepe sangat enak dan tidak bikin enek.

Baca Juga: 5 Metode Memasak Makanan yang Menyehatkan biar Gizi Tak Mudah Hilang

Alfredo

Alfredo

Baca Juga: Kurangi Minyak Berlebih, Ikuti 4 Cara Menggoreng Ikan Anti Meletup

Tak seperti saus pasta Italia lainnya yang memiliki warna cerah, jenis saus pasta bernama Alfredo ini memiliki warna putih dengan tekstur kental. Ini karena saus pasta Alfredo dimasak dari bahan-bahan seperti krim kental, keju, dan mentega.

Saus Alfredo biasa dipadukan dengan daging putih ataupun seafood. Saus pasta Alfredo kaya akan rasa sehingga sempurna jika disajikan dengan jenis pasta tebal dan panjang seperti Fettuccine atau Pappardelle.

Baca Juga: Penggemar Sambal, Ikuti 4 Tips Bikin Sambal yang Awet dan Tahan Lama

Alla Norma

Para vegetarian wajib coba saus pasta yang satu ini! Saus Pasta Italia bernama Alla Norma merupakan jenis pasta yang dikombinasikan dengan Terong/Terung.

Hidangan klasik dari wilayah Sisilia, Italia ini mengombinasikan saus tomat bersama terung goreng, parutan keju, dan daun basil. Saus pasta Alla Norma adalah hidangan sempurna untuk musim panas.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi jenis saus pasta Italia yang wajib Anda coba agar masakan Pastamu lebih bervariasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News