HOME, Keluarga

5 Tips Merawat dan Membersihkan Air Fryer Supaya Tahan Lama

5 Tips Merawat dan Membersihkan Air Fryer Supaya Tahan Lama

MOMSMONEY.ID - Air fryer adalah salah satu alat dapur atau kitchen appliances yang tengah menjadi primadona masyarakat dunia, khususnya Indonesia.

Pasalnya, alat yang satu ini menawarkan inovasi berupa kemampuannya untuk memasak atau menggoreng makanan tanpa minyak. Jadi, gorengan yang dihasilkan oleh air fryer diklaim lebih sehat.

Di sisi lain, air fryer memang terdengar seperti suatu alat yang banyak manfaatnya. Namun, alat ini tentu tidak murah, sehingga penggunanya harus merawat dan membersihkannya dengan baik sehingga air fryer bisa awet dan tahan lama.

Baca Juga: 7 Tips Menggunakan Air Fryer Supaya Berfungsi Maksimal

Nah, apa saja yang harus dilakukan supaya air fryer bisa tetap awet selama bertahun-tahun? Berikut tipsnya.

Bersihkan setiap kali selesai digunakan

Sama seperti membersihkan alat masak lainnya, sebaiknya selalu bersihkan air fryer setiap kali selesai digunakan dan hindari menunda-nundanya.

Sebab, remah-remah atau sisa makanan yang tertinggal di dalam air fryer bisa mengeras dan menempel pada bagian dalam air fryer, sehingga akan sulit dibersihkan nantinya.

Biarkan dingin sebelum dibersihkan

Walaupun harus segera dibersihkan, keamanan Anda tetap harus diutamakan. Jangan langsung mencuci air fryer saat masih panas, sebab dapat menyebabkan luka bakar jika tersentuh kulit.

Dilansir dari Taste of Home, matikan air fryer dan cabut kabelnya setelah selesai digunakan, lalu tunggu bagian luar dan dalamnya dingin dengan sempurna sebelum dibersihkan.

Baca Juga: Rekomendasi Air Fryer Berkualitas di Harga 1 Jutaan, Makanan Jadi Bebas Minyak!

Bersihkan panci penggorengan dengan air dan sabun

Air fryer umumnya memiliki komponen-komponen yang dapat dilepas dan dibersihkan secara terpisah, seperti keranjang atau wadah, panci, dan baki.

Untuk komponen-komponen tersebut, bersihkan seperti biasa dengan air dan sabun cuci piring. Atau, jika air fryer Anda berlabel dishwasher safe, Anda bisa mencucinya di dalam dishwasher dengan aman.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Air Fryer Low Watt yang Terjangkau dan Ramah di Dompet

Jangan rendam mesin air fryer di dalam air

Untuk membersihkan unit air fryer (selain komponen-komponen di atas), jangan merendamnya di dalam air, sebab dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.

Cukup gunakan lap yang dibasahi air untuk mengelap bagian dalam dan luar air fryer. Jika ada kotoran atau makanan yang menempel di bagian dalam atau sela-sela air fryer, bersihkan dengan sikat berbulu lembut.

Jangan gunakan alat berbahan logam untuk membersihkan air fryer

Ketika membersihkan wadah, panci, dan bagian dalam air fryer, jangan gunakan berbahan logam atau metal karena dapat menggores dan merusak permukaan air fryer, apalagi jika permukaan tersebut memiliki lapisan antilengket.

Consumer Reports menyarankan untuk menggunakan tusuk sate atau tusuk gigi berbahan kayu atau bambu untuk membantu membersihkan kotoran atau sisa makanan yang menempel di sela-sela air fryer, sehingga tidak akan menggores komponen di dalamnya.

Nah, itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan membersihkan air fryer, sehingga penampilan dan kinerjanya akan terus terjaga. Semoga tipsnya bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News