HOME, Keluarga

7 Tips Menggunakan Air Fryer Supaya Berfungsi Maksimal

7 Tips Menggunakan Air Fryer Supaya Berfungsi Maksimal

MOMSMONEY.ID - Belakangan ini, air fryer menjadi salah satu alat yang umum dijumpai di dapur-dapur Indonesia. Tak heran alat yang satu ini populer di Indonesia, sebab, air fryer memberikan pengalaman memasak makanan yang cukup unik, yaitu menggoreng makanan hanya dengan udara panas.

Gorengan yang dihasilkan dari air fryer akan cenderung lebih sehat karena minim minyak atau lemak berlebih. Alat ini juga multifungsi alias bisa digunakan untuk beragam keperluan memasak.

Baca Juga: 4 Tren Desain Dapur yang Diprediksi Akan Ditinggalkan di Tahun 2022

Nah, supaya air fryer yang Anda miliki tetap awet dan bisa berfungsi dengan maksimal dalam jangka waktu panjang, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakannya. Simak tips berikut ini!

Goyangkan wadah makanan sesekali

Dikutip dari Cnet, jangan lupa untuk menggoyangkan wadah makanan atau membalikkan makanan yang sedang dimasak di dalam air fryer, terutama jika Anda memasak kentang goreng, nugget, dan makanan sejenisnya. Hal ini bisa membantu sirkulasi panas yang lebih merata, sehingga makanan yang dimasak akan matang sempurna.

Jangan isi air fryer terlalu penuh

Sama seperti oven, hindari mengisi air fryer hingga terlalu penuh. Jika diisi terlalu penuh, sirkulasi panas di dalam air fryer akan terhambat sehingga makanan tidak akan matang sempurna. Jika Anda akan memasak makanan dalam jumlah yang cukup banyak, bagilah menjadi beberapa bagian dan masak secara bergantian.

Hindari memasak makanan yang dilapisi adonan basah

Walaupun bernama air fryer, tidak semua jenis makanan bisa digoreng di dalamnya. Dilansir dari Taste of Home, hindari memasak makanan yang berlapis adonan basah (misalnya pisang goreng, stik mozzarella, dan sejenisnya) karena akan membuat isi air fryer berantakan. Jadi, carilah menu-menu gorengan lainnya yang lebih cocok dimasak di dalam air fryer.

Baca Juga: Catat, Ini Alasan Anda Harus Punya Air Fryer di Rumah

Panaskan air fryer terlebih dahulu

Supaya proses memasak dengan air fryer berjalan lebih efisien, lebih baik panaskan air fryer terlebih dahulu selama beberapa menit. Sama dengan oven, proses yang dinamakan preheat ini akan membuat makanan langsung memasuki proses memasak begitu ditempatkan ke dalam air fryer. Makanan pun akan matang merata.

Jangan minyaki bagian dalam air fryer

Karena sudah menggunakan wadah antilengket dan udara panas untuk memasak makanan, Anda tidak perlu lagi meminyaki bagian dalam wadah airfryer. Makanan yang dimasak di dalam air fryer masih tetap akan matang dengan baik walaupun tidak dibantu dengan minyak.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Air Fryer Murah di Bawah 1 Juta, Tak Perlu Khawatir Dompet Jebol!

Gunakan air fryer di tempat yang lapang

Ketika menggunakan air fryer, tempatkan alatnya di area yang cukup lapang di atas meja. Artinya, jangan letakkan air fryer terlalu berdekatan dengan dinding atau benda padat lainnya. Dengan memberi ruang yang cukup lapang di sekitar air fryer, sirkulasi udara di luar dan dalam air fryer akan mengalir dengan lebih efektif.

Bersihkan setiap kali selesai digunakan

Supaya air fryer tetap terlihat cantik dan terawat, selalu bersihkan air fryer setiap kali selesai digunakan. Cuci wadah dan bakinya dengan produk pembersih yang lembut, dan lap bagian dalam air fryer dengan kain atau tisu yang dibasahi sedikit air.

Itulah beberapa tips yang akan membantu Anda menggunakan air fryer dengan lebih efektif sehingga alatnya akan awet dan tahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News