HOME, Keluarga

5 Tips Menata Taman yang Kecil Supaya Tampak Menawan

5 Tips Menata Taman yang Kecil Supaya Tampak Menawan

MOMSMONEY.ID - Rumah yang dibangun di lahan kecil biasanya memiliki sisa lahan yang terbatas. Supaya hunian bertambah cantik, Anda bisa mengubah sisa lahan tersebut menjadi taman kecil.

Sama halnya dengan menata interior rumah yang kecil, taman kecil juga memiliki tantangan tersendiri dalam penataannya. Sebab, Anda tidak bisa menatanya sesuka hati. Perlu kecermatan dalam menata taman kecil sehingga terlihat menawan dan enak dipandang.

Nah, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan saat menata taman rumah yang kecil supaya tetap cantik? Berikut tipsnya.

Baca Juga: Yuk, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Rumput Sintetis untuk Taman Rumah

Usahakan taman terlihat sederhana

Menurut The Spruce, salah satu kunci utama saat menata taman kecil adalah membiarkannya tetap terlihat sederhana dan apa adanya.

Jadi, saat menata taman kecil, usahakan untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Sebab, penataan yang berlebihan tak hanya membuat taman terlihat penuh, namun juga menjadi tidak nyaman ditempati.

Sesuaikan dengan tema rumah

Karena luas taman yang kecil, sebaiknya Anda menyesuaikan tema taman dengan tema rumah supaya tampilan hunian secara keseluruhan terlihat serasi.

Misalnya, jika rumah menggunakan material yang terlihat rustic dengan banyak batu dan kayu, gunakan material yang sama untuk menghias taman rumah. Atau, jika rumah Anda mengusung tema minimalis, gunakan konsep taman yang simpel dan minimalis pula.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru Imlek

Gunakan konsep taman vertikal

Mengutip Neutrino Bursts, salah satu trik untuk memanfaatkan lahan sempit di taman kecil adalah menggunakan konsep taman vertikal. Dengan cara ini, Anda bisa menyusun pot-pot tanaman secara vertikal, baik digantung atau diletakkan di suatu rak.

Saat menggunakan konsep ini, pastikan menggunakan tanaman hias berukuran kecil supaya tidak saling bertumpuk saat dipajang.

Baca Juga: Tips Membuat Vertical Garden yang Cantik Sekaligus Fungsional di Rumah

Hindari menggunakan banyak tanaman

Seperti yang sudah disebutkan pada poin-poin sebelumnya, taman berukuran kecil sebaiknya ditata dengan konsep yang simpel supaya tetap terlihat cantik. Hindari menggunakan terlalu banyak tanaman karena akan membuat taman terlihat berantakan.

Gunakan juga tanaman dengan warna-warna yang senada, sehingga taman akan terlihat serasi dan tidak terlalu penuh dengan banyak warna.

Gunakan pot berukuran besar

Menurut Homes and Gardens, taman yang kecil bukan berarti harus menggunakan pot tanaman yang kecil. Pot berukuran besar justru akan membantu membuat taman kecil Anda terlihat menawan.

Mengapa? Sebab, satu pot besar bisa digunakan untuk berbagai tanaman sekaligus, sehingga membuat taman lebih rapi. Bila dibandingkan, menggunakan satu pot kecil untuk setiap jenis tanaman justru akan membuat taman kecil  terlihat penuh dan berantakan.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat taman kecil makin cantik. Selamat menata taman impian Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News