HOME, Keluarga

Yuk, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Rumput Sintetis untuk Taman Rumah

Yuk, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Rumput Sintetis untuk Taman Rumah

MOMSMONEY.ID - Rumput merupakan salah satu elemen utama yang biasanya ditemui di taman rumah. Pasalnya, hanya dengan menambahkan rumput, taman akan langsung terlihat hijau dan segar.

Umumnya, orang-orang memilih rumput asli untuk ditanam di taman rumah karena tampilannya yang alami. Namun, ada juga orang yang memilih menggunakan rumput sintetis atau rumput buatan dari plastik untuk beberapa alasan.

Jika ditelusuri, penggunaan rumput sintetis tampak lebih praktis karena tidak perlu dirawat secara rutin layaknya rumput asli. Di sisi lain, ada juga kekurangan dari rumput jenis ini yang perlu Anda pahami.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru Imlek

Apa saja kelebihan dan kekurangan rumput sintetis untuk taman rumah? Berikut penjelasannya.

Kelebihan Rumput Sintetis

Tampilannya selalu sempurna

Dilansir dari Choice Australia, kelebihan rumput sintetis yang paling kentara adalah penampilannya yang selalu sempurna sepanjang tahun, bahkan ketika musim kemarau. Karena palsu, rumput sintetis tidak akan mati, tumbuh terlalu panjang, atau mengalami perubahan warna.

Perawatan yang minim

Selain tampilannya yang sempurna, rumput sintetis juga sangat mudah dirawat. Dikutip dari Millionacres, pada dasarnya rumput sintetis hanya perlu dibiarkan saja. Anda tidak perlu menyiram, memotong, hingga menyemprotkan pestisida ke permukaan rumput.

Ramah untuk anak dan hewan peliharaan

Jika dibandingkan dengan rumput asli, rumput sintetis cenderung aman untuk hewan peliharaan dan anak-anak. Pasalnya, rumput sintetis tidak akan mudah rusak jika terkena air seni hewan peliharaan. Selain itu, anak-anak yang bermain di atas permukaan rumput sintetis juga dapat terhindar dari kotoran dan alergi.

Baca Juga: Mengenal Konsep Taman Kering, Cocok Untuk yang Tak Suka Kotor!

Kekurangan Rumput Sintetis

Tidak terlihat natural

Karena terbuat dari bahan artifisial, rumput sintetis bisa tampak palsu dan tidak natural. Jadi, jika Anda lebih suka tampilan taman yang lebih natural, mungkin jenis rumput ini kurang cocok digunakan di taman rumah Anda.

Biaya pemasangan mahal

Bila dibandingkan dengan rumput asli, pemasangan rumput sintetis umumnya memakan biaya yang lebih tinggi. Jika Anda memiliki keterbatasan budget, faktor ini perlu dipertimbangkan saat ingin memasang rumput sintetis di taman rumah.

Baca Juga: Simak, Ini Tren Warna Eksterior Rumah Tahun 2022

Tidak ramah lingkungan

Karena terbuat dari plastik, rumput sintetis cenderung tidak ramah lingkungan. Melansir Gardenista, walaupun terbuat dari bahan daur ulang, rumput sintetis butuh waktu pemakaian hingga bertahun-tahun supaya sepadan dengan energi yang dikeluarkan untuk membuatnya. Selain itu, jika sudah tidak digunakan lagi, rumput sintetis bisa menjadi sampah yang mencemari lingkungan.

Mudah panas

Jika terpapar sinar matahari yang terik, rumput sintetis mudah menyerap panas sehingga dapat menyebabkan luka bakar jika tidak sengaja tersentuh, apalagi oleh anak-anak. Oleh karena itu, penggunaan rumput sintetis pada dasarnya dapat membahayakan keselamatan Anda, terutama jika ditempatkan di lokasi yang mudah terkena panas matahari.

Itulah kelebihan dan kekurangan rumput sintetis yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News