Keluarga

5 Tips Memilih Bedak Padat untuk Kulit Berminyak, Jangan Keliru!

5 Tips Memilih Bedak Padat untuk Kulit Berminyak, Jangan Keliru!

MOMSMONEY.ID - Berikut penjelasan tentang 5 tips memilih bedak padat untuk kulit berminyak yang perlu Anda simak.

Compact powder atau bedak padat termasuk salah satu bentuk bedak yang digemari oleh banyak orang selain loose powder atau bedak tabur. Meskipun identik dengan kulit kering, bukan berarti kulit berminyak tidak dapat menggunakan bedak padat sama sekali.

Para pemilik kulit berminyak tetap bisa menggunakan bedak padat asalkan bedak tersebut mengandung formula khusus untuk kulit berminyak.

Kira-kira, apa sajakah karakteristik bedak padat yang aman untuk kulit berminyak supaya tidak salah pilih? Dilansir dari Maybelline, inilah 5 tips memilih bedak padat untuk kulit berminyak.

Baca Juga: 4 Langkah Baking Makeup untuk Hasil Makeup yang Super Mulus

1. Pilih bedak padat dengan formula oil-control

Kulit berminyak memiliki kelenjar sebaceous yang aktif dalam memproduksi minyak. Oleh sebab itu, pemilik kulit berminyak yang ingin menggunakan bedak padat harus memilih produk yang mengandung formula oil-control.

Formula oil-control dalam bedak padat akan membantu mengontrol minyak berlebih dan menjadikan kulit wajah bebas kilap.

Pertimbangkan untuk memilih bedak padat dengan formula oil-control yang tahan lama guna mencegah Anda terlalu sering touch up.

2. Pastikan teksturnya ringan

Tekstur bedak padat terbaik untuk kulit berminyak ialah yang ringan dan halus.

Pasalnya, bedak padat bertekstur ringan dan halus lebih mudah menyatu dengan kulit. Hasil akhirnya pun terlihat natural dan flawless.

Bedak padat dengan tekstur yang ringan dan halus juga cenderung tidak menyumbat pori-pori. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir kulit akan dipenuhi komedo atau jerawat setelahnya.

3. Pilih bedak padat yang memiliki hasil akhir matte

Produksi minyak yang aktif dan berlebih pada kulit berminyak dapat membuat wajah mudah mengilap dan kusam.

Itulah mengapa penting untuk memilih bedak padat yang memiliki hasil akhir matte agar kulit wajah Anda senantiasa tampak bersih dan cerah.

Sebaliknya, hindari bedak padat yang memberikan hasil glowing karena bisa memperjelas tampilan pori-pori besar dan membuat wajah semakin mengilap.

Baca Juga: 7 Ekspresi Wajah yang Bisa Menyebabkan Kerutan Muncul Lebih Cepat

4. Utamakan bedak padat dengan coverage medium

Kebanyakan kulit berminyak memiliki pori-pori yang besar. Nah, untuk membantu menyamarkan tampilan pori-pori yang demikian, pilihlah bedak padat dengan coverage medium.

Namun, jika Anda terbiasa memakai foundation, pastikan untuk memilih bedak padat dengan coverage yang ringan saja.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah hasil makeup yang terlalu berat sekaligus meminimalkan potensi pori-pori tersumbat.

5. Pilih bedak padat yang memiliki formula sweatproof

Di tengah cuaca panas, kulit tidak hanya akan memproduksi minyak berlebih tetapi juga keringat. Apabila bedak padat yang Anda pakai tidak memiliki formula yang tepat, itu akan membuat kulit Anda tampak seperti kilang minyak.

Selain oil-control, formula bedak padat lainnya yang tepat untuk kulit berminyak adalah sweatproof.

Sesuai namanya, formula sweatproof dapat membantu menahan keringat supaya makeup tidak mudah luntur saat terpapar cuaca panas.

Demikian 5 tips memilih bedak padat untuk kulit berminyak. Setelah menemukan produk yang cocok, aplikasikanlah bedak padat pilihan Anda dengan menggunakan spons atau powder brush usai membersihkan wajah, memakai pelembab, dan mengoleskan primer. Baurkan bedak padat ke seluruh wajah secara merata dan bubuhkan lebih banyak di area T-Zone untuk hasil maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News