Keluarga

7 Ekspresi Wajah yang Bisa Menyebabkan Kerutan Muncul Lebih Cepat

7 Ekspresi Wajah yang Bisa Menyebabkan Kerutan Muncul Lebih Cepat

MOMSMONEY.ID - Seiring bertambahnya usia, kerutan wajah menjadi salah satu permasalahan kulit yang tak terhindarkan. Hal ini terjadi karena produksi kolagen dan elastin cenderung berkurang tatkala usia semakin bertambah. Namun, apa jadinya jika kerutan muncul sebelum waktunya?

Selain penuaan, kemunculan kerutan pada wajah juga dapat dipicu oleh faktor lain seperti ekspresi wajah lho Moms.

Melansir Bright Side, inilah 7 ekspresi wajah yang bisa menyebabkan kerutan muncul lebih cepat.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Bedak Tabur yang Efektif untuk Mengunci Makeup, Halus dan Tahan Lama

1. Kerutan di dahi

Menurut para spesialis, kerutan di dahi dapat dikaitkan dengan trauma atau syok di masa lalu yang belum terselesaikan. Saat Anda sering mengalami kecemasan, itu akan meningkatkan kebiasaan mengangkat alis yang menghasilkan garis-garis halus di area dahi.

Kerutan horizontal di dahi juga kerap muncul pada orang yang terlalu banyak berpikir serta penderita sakit leher atau sakit kepala.

2. Kerutan di antara alis

Dua garis vertikal yang dalam di antara alis telah dikaitkan dengan kebiasaan berpikir secara mendalam serta pikiran yang sibuk. Meskipun begitu, para ahli mengatakan bahwa kemunculan kerutan ini tidak ada hubungannya dengan emosi negatif yang sangat intens.

Seorang ahli akupuntur mengungkapkan bahwa kerutan dalam yang muncul di antara alis banyak ditemukan pada wanita dengan karir yang kuat dan menantang seperti pengacara, hakim, atau direktur. Di sisi lain, kerutan ini juga dapat muncul pada orang yang tidak sabar, frustasi, atau mengalami penderitaan kronis.

3. Kerutan di samping mata

Mungkin, Anda kerap menjumpai kerutan ini pada orang yang gemar tersenyum atau tertawa. Meski dapat menunjukkan kebahagiaan, faktanya kerutan di samping mata yang sudah sangat dalam telah dikaitkan dengan ketegangan dan frustasi.

Saat Anda sering dituntut untuk membuat keputusan sulit, maka jangan heran jika area samping mata Anda dihinggapi banyak kerutan.

4. Kerutan di atas bibir

Kerutan yang muncul secara vertikal di atas bibir dapat menunjukkan kebiasaan buruk seperti merokok atau gangguan makan. Para ahli juga mengatakan bahwa orang-orang yang tidak mampu melihat sesuatu dengan baik memiliki kemungkinan yang besar untuk mendapatkan kerutan ini.

Selain itu, garis-garis vertikal di atas bibir juga bisa disebabkan oleh kekurangan gizi.

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Membantu Menyamarkan Kerutan, Tidak Sulit!

5. Kerutan di bawah mata

Bisa membuat wajah terlihat jauh lebih tua, kerutan di bawah mata dikaitkan dengan kesedihan yang mendalam seperti kehilangan cinta untuk waktu yang lama. Tak sekadar itu, gaya hidup yang penuh tekanan juga dapat memicu kemunculan kerutan ini.

Seorang ahli mengatakan bahwa ia sering menemukan kerutan di bawah mata pada orang-orang yang sedang berjuang dengan masalah kesuburan.

6. Kerutan di sekitar hidung

Kerutan di sekitar hidung dapat dikaitkan dengan kebiasaan tersenyum. Namun, jika tampilannya sudah sangat dalam, kerutan ini justru dikaitkan dengan kesedihan dan kekecewaan tentang kehidupan.

Spesialis mengatakan bahwa kerutan di sekitar hidung juga bisa menunjukkan adanya masalah usus kronis.

7. Kerutan di sekitar mulut dan pipi bagian bawah

Emosi utama penyebab mulut tampak terkulai adalah kesedihan dan penderitaan. Kerutan yang muncul di sekitar mulut dan pipi bagian bawah juga bisa dikaitkan dengan adanya gangguan kecemasan.

Penyebab lainnya dari kemunculan kerutan ini adalah leher yang kaku dan perasaan takut akan bahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News