Keluarga

4 Langkah Baking Makeup untuk Hasil Makeup yang Super Mulus

4 Langkah Baking Makeup untuk Hasil Makeup yang Super Mulus

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 langkah baking makeup yang bisa dicoba untuk menciptakan hasil makeup yang super mulus. Tertarik mencoba?

Saat mendengar kata baking, apa yang terlintas di dalam pikiran Anda? Istilah baking memang erat kaitannya dengan dunia bakery ya, Moms. Kendati begitu, istilah ini juga eksis di dunia tata rias.

Memiliki konsep yang mirip dengan memanggang roti, teknik baking makeup dilakukan untuk memanggang kulit namun dengan cara membaurkan banyak bedak ke atas alas bedak yang sudah diaplikasikan kemudian membiarkannya menempel pada kulit selama beberapa menit sebelum dibersihkan.

Meski baking termasuk teknik makeup yang populer terutama di kalangan penata rias selebriti, faktanya baking tergolong sederhana dan dapat dilakukan oleh pemula makeup sekali pun. Bisa Anda coba, berikut 4 langkah baking makeup untuk hasil makeup yang super mulus sebagaimana dilansir dari L’Oreal Paris dan Maybelline New York.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Spa di Bali yang Punya Rating Tinggi, Tertarik Mencoba?

1. Lakukan skin preparation

Mulailah prosesi makeup Anda dengan kulit yang bersih, terhidrasi, dan prima. Pertama, cuci muka Anda dengan produk pembersih yang ringan untuk menghilangkan semua kotoran, minyak, dan keringat. Sesaat setelah mencuci muka, pakai toner untuk membersihkan sekaligus meminimalkan tampilan pori-pori dan lanjutkan dengan mengoleskan pelembab serta eye cream untuk menyehatkan dan menghidrasi kulit.

Sebagai penutup dari tahapan skin preparation, jangan ragu untuk mengaplikasikan primer guna membuat makeup bertahan lebih lama. Usahakan Anda memilih primer yang memiliki efek blur untuk membantu mengaburkan pori-pori dan menciptakan dasar yang halus untuk foundation.

2. Aplikasikan liquid foundation

Liquid foundation atau foundation cair merupakan formula foundation yang cocok untuk baking. Ini karena liquid foundation cenderung mampu menciptakan alas yang rata untuk concealer dan bedak nantinya.

Supaya hasilnya maksimal, Anda bisa menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikan liquid foundation. Teteskan liquid foundation secukupnya ke atas beauty blender lalu oleskan ke seluruh wajah Anda secara bergulir. Setelah itu, tap tap beauty blender secara perlahan hingga Anda mencapai coverage yang diinginkan.

Baca Juga: 7 Ekspresi Wajah yang Bisa Menyebabkan Kerutan Muncul Lebih Cepat

3. Pakai concealer untuk menyamarkan dark circle

Usai wajah Anda tertutup sempurna oleh foundation, lanjutkan dengan memakai concealer untuk menyamarkan noda yang masih terlihat dan dark circle di bawah mata. Pastikan untuk memilih concealer cair yang ringan dengan shade lebih terang guna mencerahkan area dark circle.

Gambarlah segitiga terbalik di bagian bawah setiap mata dengan concealer pilihan Anda lalu ratakan dengan menggunakan beauty blender. Selalu ingat untuk menggunakan beauty blender dengan gerakan lembut seraya mempertahankan bentuk segitiga terbalik yang telah dibuat.

4. Baurkan loose powder

Komponen utama dalam melakukan baking adalah membaurkan loose powder atau bedak tabur dalam jumlah banyak alih-alih membaurkan pressed atau compact powder. Dan, sangat disarankan untuk memilih loose powder dengan shade translucent supaya tidak merusak warna foundation.

Untuk memulai baking, tuangkan loose powder ke tutup kemasan kemudian celupkan beauty blender yang sama ke dalamnya untuk mengambil bedak dengan jumlah yang banyak. Tekan-tekan beauty blender yang sudah dipenuhi bedak ke area bawah mata. Anda juga bisa melakukan hal yang sama tepat di bawah kontur pipi jika ingin menonjolkan tampilan kontur yang telah Anda buat.

Biarkan loose powder menempel pada wajah Anda selama 5-10 menit tanpa perlu buru-buru diratakan. Nah, proses inilah yang dimaksud dengan baking. Saat baking berlangsung, panas yang terperangkap di bawah bedak akan memberikan tampilan airbrush.

Sembari menunggu baking selesai, Anda dapat menyelesaikan riasan lainnya seperti mengaplikasikan eyeshadow dan membuat alis. Setelah 5-10 menit berlalu, gunakanlah fluffy brush untuk mengakhiri proses baking yakni membersihkan sedikit bedak yang menempel pada wajah lalu membaurkannya ke seluruh wajah. Voila, kulit wajah Anda pun tampak lebih mulus dan poreless layaknya memakai airbrush.

Demikian 4 langkah melakukan baking makeup yang bisa Anda coba. Untuk melengkapi keempat langkah baking di atas, jangan lupa untuk menyemprotkan setting spray agar keseluruhan makeup Anda menyatu dengan baik dan lebih tahan lama sepanjang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News