Keluarga

5 Rutinitas Pagi untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

5 Rutinitas Pagi untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Susah tidur di malam hari? Coba terapkan 5 rutinitas pagi untuk membantu tidur lebih nyenyak di malam hari ini.

Tidur nyenyak di malam hari mungkin terkesan biasa saja. Padahal, tidak semua orang dapat menikmatinya. Apakah Anda termasuk?

Ternyata, nyenyak atau tidaknya tidur di malam hari bisa dipengaruhi oleh rutinitas yang kita lakukan pada pagi hari lho.

Jika selama ini Anda cenderung sulit tidur dengan nyenyak di malam hari, bisa jadi Anda tidak menerapkan rutinitas pagi yang tepat.

Melansir Livestrong.com, seorang spesialis tidur bersertifikat bernama Angela Holliday-Bell, MD, membagikan 5 rutinitas pagi untuk membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Berikut 5 rutinitas tersebut.

Baca Juga: Bisa Membakar Kalori, Ini 7 Manfaat Menonton Film Horor untuk Kesehatan

1. Bangun pada waktu yang sama setiap pagi

Bangun tidur

Berpegang pada jadwal bangun tidur yang teratur bahkan di akhir pekan sama pentingnya dengan menjaga waktu tidur yang konsisten. Kedua kebiasaan ini sama-sama bermanfaat untuk memudahkan tidur di malam hari.

Waktu tidur dan bangun yang dapat diprediksi memainkan peran penting dalam memperkuat siklus tidur-bangun tubuh, menurut Mayo Clinic.

Anda tidak harus bangun dari tempat tidur pukul 07.00 tepat setiap pagi. Jika Anda menginginkan waktu tidur ekstra, Anda bisa sesekali memperpanjang jadwal bangun tidur Anda menjadi 30 menit sampai 1 jam lebih lama.

2. Berjemur

berjemur pagi hari

Alih-alih bermalas-malasan, biasakanlah untuk berjemur setiap pagi jika Anda mendambakan tidur malam yang berkualitas.

Paparan cahaya matahari dalam waktu 1 jam setelah bangun tidur dapat membantu mengatur ritme sirkadian yang membuat Anda lebih terjaga di pagi hari dan lebih mengantuk pada waktu tidur, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Cahaya matahari mampu menghentikan produksi hormon melatonin yang memicu tidur. Juga, membantu membersihkan brain fog atau kabut otak di pagi hari. Apabila 1 jam terlalu lama, cobalah untuk mendapatkan paparan sinar matahari setidaknya 15 menit setiap pagi.

3. Rapikan tempat tidur

Merapikan kamar tidur

Sesaat setelah bangun tidur, selalu ingat untuk segera merapikan seprai, selimut, dan bantal Anda. Menurut Johns Hopkins Medicine, orang-orang yang rajin membereskan tempat tidur mereka di pagi hari melaporkan waktu tidur yang lebih nyenyak di malam hari.

Kemungkinan, hal tersebut ada hubungannya dengan fakta bahwa ruangan yang berantakan dapat mengganggu dan meningkatkan kadar hormon stres kortisol, menurut sebuah studi pada Januari 2010 di Journal of Personality and Social Psychology.

Sebaliknya, berada di ruangan yang rapi dan teratur di penghujung hari cenderung meningkatkan perasaan tenang.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Berat Badan Sebelum Sarapan di Pagi Hari, Lakukan Rutin Ya!

4. Sarapan

Salad

Orang-orang yang rajin sarapan cenderung merasa lebih terjaga di pagi hari dan melaporkan kualitas tidur yang lebih baik di malam hari dibandingkan mereka yang tidak sarapan, menurut studi di Current Developments in Nutrition pada Juni 2019.

Sama halnya dengan waktu tidur dan bangun yang konsisten, waktu makan yang konsisten juga berperan dalam mengatur ritme sirkadian.

Dengan memulai hari dengan kebiasaan sehat seperti sarapan, itu dapat mendorong perilaku sehat lainnya sepanjang hari yang juga bisa mendorong tidur yang lebih baik pada malam hari.

Untuk sarapan, pilihlah makanan tinggi protein dan serat yang mampu memberikan energi dan rasa kenyang. Contohnya, greek yogurt dengan buah dan kacang atau roti gandum dengan telur dadar dan sayuran.

5. Olahraga

Sepatu roda

Menurut studi di Chronobiology International pada November 2021, olahraga di pagi hari akan membuat tidur lebih nyenyak daripada olahraga di sore hari.

Olahraga pagi diklaim dapat meningkatkan dorongan tidur tubuh yang dibangun sepanjang hari sekaligus membantu tidur di malam hari.

Olahraga juga telah terbukti mampu mengurangi stres sehingga tidur bisa jadi lebih mudah.

Itulah 5 rutinitas pagi untuk membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa diterapkan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News