Keluarga

Bisa Membakar Kalori, Ini 7 Manfaat Menonton Film Horor untuk Kesehatan

Bisa Membakar Kalori, Ini 7 Manfaat Menonton Film Horor untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Ada 7 manfaat menonton film horor untuk kesehatan yang perlu Anda tahu. Yuk, simak sampai akhir!

Film horor identik dengan nuansa suram, pemandangan yang menakutkan, dan suara keras yang mengagetkan.

Ketiga unsur dalam film horor tersebut dapat dengan mudah membuat jantung berdetak kencang atau berpacu terlalu cepat pada saat bersamaan.

Walaupun cenderung seram dan mengejutkan, faktanya menonton film horor bukan sekadar aktivitas tanpa arti lho. Pasalnya, ada banyak manfaat yang ditawarkan dari menonton film horor.

Melansir HorrorBuzz, inilah 7 manfaat menonton film horor untuk kesehatan tubuh maupun mental.

Baca Juga: 4 Kesalahan Memakai Body Scrub yang Bisa Merusak Kulit, Apa Saja?

1. Membakar kalori

Manfaat menonton film horor untuk kesehatan yang pertama yaitu membakar kalori. Menurut sebuah penelitian, film horor dapat membantu menurunkan berat badan.

Bahkan, Anda bisa membakar hingga 190 kalori hanya dengan menonton film horor. Adapun jumlah kalori ini sama dengan jumlah kalori yang dibakar setelah latihan angkat beban.

2. Meningkatkan aktivitas otak

Manfaat menonton film horor untuk kesehatan yang kedua yaitu meningkatkan aktivitas otak.

Saat Anda menonton film horor, otak akan melepaskan bahan kimia bernama dopamin, serotonin, dan glutamat. Bahan-bahan kimia ini dapat membantu mengaktifkan sel-sel otak yang membuat pikiran tetap aktif, fokus, dan waspada untuk waktu yang singkat.

Menurut ScienceDaily, film horor juga mampu membantu meningkatkan kesehatan otak. Film horor bisa meningkatkan kesehatan otak dengan menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

3. Mengurangi stres dan kecemasan

Manfaat menonton film horor untuk kesehatan yang ketiga yaitu mengurangi stres dan kecemasan. Kendati bisa memicu stres dan menakutkan, namun siapa sangka bahwa menonton film horor justru dapat membantu menghilangkan stres.

Film horor yang bagus bisa mengalihkan pikiran Anda sejenak dari peristiwa stres dalam hidup. Plus, sensasi adrenalin yang dialami saat menonton film horor dapat menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan kecemasan dan stres.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat menonton film horor untuk kesehatan yang keempat yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menonton film horor dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih. Setelah tubuh tersentak dari pengalaman yang menakutkan, otak akan melepaskan dua jenis bahan kimia yaitu dopamin dan serotonin yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Punya Kulit Berminyak yang Patut Anda Ketahui

5. Mengatasi depresi

Manfaat menonton film horor untuk kesehatan yang kelima yaitu mengatasi depresi. Film horor mampu mengajarkan Anda cara untuk menghadapi situasi sulit sekaligus menjadi lebih percaya diri.

Film horor memang bisa membuat takut. Namun, sisi positifnya, menonton film horor dapat mengajarkan cara menghadapi masalah di kehidupan nyata. Hasilnya, kemampuan pemecahan masalah bisa meningkat dan Anda mungkin lebih siap untuk mencari solusi.

6. Membantu mengatasi fobia dan ketakutan irasional

Manfaat menonton film horor untuk kesehatan yang keenam yaitu membantu mengatasi fobia dan ketakutan irasional.

Banyak terapis menyarankan pasien mereka untuk menonton film horor guna mengatasi fobia atau ketakutan psikologis.

Film horor berdasarkan kejadian nyata bisa membantu mengatasi ketakutan dalam kehidupan nyata, karena cenderung lebih mudah bagi kita untuk membayangkan diri kita dalam posisi karakter.

7. Memperkuat ikatan emosional

Manfaat menonton film horor untuk kesehatan yang terakhir yaitu memperkuat ikatan emosional.

Saat menonton film horor, otak akan melepaskan beberapa bahan kimia neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin. Dopamin dan serotonin sendiri adalah bahan kimia yang sama-sama dilepaskan tatkala kita mengalami jatuh cinta.

Itulah mengapa film horor termasuk cara terbaik untuk memperdalam ikatan dengan keluarga, teman, dan orang-orang terkasih lainnya.

Demikian 7 manfaat menonton film horor untuk kesehatan yang perlu Anda tahu. Melihat manfaatnya yang luar biasa, jangan ragu untuk menonton film horor bersama orang-orang terdekat Anda ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News