HOME, Bugar

5 Rekomendasi Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

 5 Rekomendasi Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

MOMSMONEY.ID - Menu takjil berbuka puasa biasanya didominasi oleh beragam makanan yang serba manis. Memang, ada makanan manis yang sehat.

Sayangnya, sebagian mengandung terlalu banyak gula tambahan. Makanan manis dipilih sebagai menu buka puasa karena bisa mengembalikan energi dengan cepat.

Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan gizinya. Supaya terhindar dari gangguan kesehatan dan puasa tetap lancar, Anda bisa mengonsumsi takjil sehat.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Saat Berpuasa

Dilansir dari beberapa sumber, inilah beberapa rekomendasi takjil sehat untuk berbuka puasa yang bisa Anda konsumsi, antara lain:  

1. Buah kurma 

Rekomendasi takjil sehat untuk berbuka puasa yang pertama adalah buah kurma dan sudah dikenal sebagai takjil wajib di banyak kalangan.

Kurma merupakan buah yang mengandung gula alami dan kaya akan nutrisi, seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, zat besi, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Selain menyehatkan, kurma juga bisa mencegah Anda dari makan berlebihan saat berbuka.

2. Smoothies buah

Rekomendasi takjil sehat untuk berbuka puasa yang kedua adalah smoothies buah. Manisnya segelas smoothies bisa menghilangkan dahaga seketika.

Minuman ini biasanya dibuat dari campuran yoghurt atau susu dengan potongan buah segar. Bahkan, penggemar smoothies juga kerap bereksperimen dengan menambahkan sayuran.

3. Sop atau es buah

Rekomendasi takjil sehat untuk berbuka puasa yang ketiga adalah sop dan es buah. Selain kurma, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan segar lainnya untuk berbuka.

Sebab, buah mengandung gula alami dan serat yang bisa mengembalikan kadar gula dalam darah. 

Anda bisa memilih buah apapun yang Anda suka lalu mengonsumsinya, baik secara maupun diolah menjadi jus, sop, atau es buah.

Sebisa mungkin, hindari penambahan gula atau susu kental manis dalam sajian buah yang Anda buat.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

4. Kolak pisang tanpa santan

Rekomendasi takjil sehat untuk berbuka puasa yang keempat adalah kolak pisang tanpa santan. Berbuka puasa rasanya tidak lengkap tanpa kolak.

Bagi Anda yang tidak suka makanan bersantan atau takut mengonsumsi kolak karena kandungan santannya, jangan cemas.

5. Lumpia buah basah

Rekomendasi takjil sehat untuk berbuka puasa yang terakhir adalah lumpia buah basah. Makanan ini sama seperti lumpia basah pada umumnya, tetapi isinya diganti dengan buah-buahan. 

Anda bisa menggunakan hampir semua jenis buah yang Anda sukai, seperti mangga, buah naga, kiwi, nanas, stroberi, dan lain-lain.

Setelah berbuka dengan takjil sehat, jangan lupa untuk minum air putih. Sesuai dengan pola 2-4-2, Anda bisa minum 2 gelas air putih saat berbuka dan 4 gelas air putih saat makan malam.

Minumlah secara berkala sambil Anda menyantap takjil dan makanan utama lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News