HOME, Bugar

5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Saat Berpuasa

5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Makanan untuk menjaga kesehatan saat puasa wajib dikonsumsi untuk menunjang daya tahan sekaligus mencegah tubuh merasa lemas dan tidak berenergi.

Saat berpuasa, Anda harus menghemat energi agar tubuh tidak mudah lelah dengan tidak melakukan kegiatan yang berat. 

Perut yang tidak terisi selama lebih dari 12 jam tentu akan membuat tubuh rentan terserang berbagai macam penyakit, terutama yang berhubungan dengan pencernaan.

Belum lagi dengan kondisi cuaca yang terkadang tak bisa diprediksi. Inilah mengapa Anda tetap harus menjaga asupan nutrisi meski sedang berpuasa.

Baca Juga: 5 Manfaat Jalan Kaki Sesudah Sahur yang Perlu Anda Ketahui

 Dilansir dari Health Focus dan Mayo Clinic, inilah beberapa makanan yang bisa meningkatkan imunitas saat berpuasa, antara lain: 

1. Bayam

Makanan yang bisa meningkatkan imunitas saat berpuasa pertama adalah bayam. Bayam mengandung tinggi asam folat yang berfungsi untuk membantu tubuh membentuk sel-sel baru.

Bayam juga tinggi antioksidan, serat, dan vitamin B yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi bayam saat sahur dan berbuka dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

2. Telur

Makanan yang bisa meningkatkan imunitas saat berpuasa kedua telur. Telur merupakan sumber makanan yang tinggi akan kandungan protein.

Di dalam telur, terdapat vitamin B-kompleks dan D yang memang baik untuk memperlancar aliran darah sekaligus membasmi penyakit.

Mengolahnya pun mudah kok, mulai dari digoreng hingga dicampurkan dengan berbagai sajian lainnya.

3. Kunyit

Makanan yang bisa meningkatkan imunitas saat berpuasa ketiga kunyit. Mengkonsumsi kunyit dapat meningkatkan respon imun seseorang, karena senyawa kurkumin di dalamnya.

Menurut A Review of Its’ Effects on Human Health, curcumin memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat mencegah peradangan dengan menunjang sistem kekebalan tubuh. 

Baca Juga: 3 Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

4. Semangka

Makanan yang bisa meningkatkan imunitas saat berpuasa keempat adalah semangka. Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga bisa membantu terhindar dari dehidrasi.

Semangka juga baik untuk menurunkan tekanan darah, sehingga cocok sebagai menu buka puasa atau sebagai makanan penutup setelah Anda melakukan makan malam. 

5. Jamur

Makanan yang bisa meningkatkan imunitas saat berpuasa terakhir adalah jamur. Jamur turut berperan dalam proses pembentukan sel darah putih pada tubuh Anda.

Sel darah putih sendiri memegang peranan penting dalam kekebalan tubuh. Selain itu, jamur juga kaya akan zinc dan beragam nutrisi lainnya yang mendukung terjaganya imunitas tubuh Anda.

Itulah beberapa makanan yang bisa meningkatkan imunitas saat berpuasa. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C untuk mendukung imunitas tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News