HOME, Bugar

5 Penyebab Nyeri Tulang Kemaluan Wanita dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Nyeri Tulang Kemaluan Wanita dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Tulang kemaluan nyeri biasanya dialami oleh ibu hamil atau wanita yang sedang haid. Banyak faktor yang menyebabkan nyeri tulang kemaluan pada wanita.

Beberapa diantaranya mulai dari gangguan organ dalam hingga gejala dari penyakit yang lebih serius. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh StatPearls, nyeri pada area panggul atau tulang kemaluan yang bersifat kronis, sering kali dikaitkan dengan masalah sindrom iritasi usus besar, gangguan depresi mayor, hingga radang panggul. 

Dirangkum dari Women Health dan Mayo Clinic, beberapa penyebab nyeri pada tulang kemaluan diuraikan sebagai berikut. 

Baca Juga: 5 Olahraga yang Membantu Meredakan Nyeri Saat Haid

1. Penyakit menular seksual 

Penyakit menular seksual juga bisa menjadi penyebab serius nyeri pada tulang kemaluan atau panggul. Lebih dari itu, Anda mungkin mengalami rasa sakit saat buang air kecil, perdarahan padahal tidak sedang haid, dan keputihan yang tidak normal.

2. Osteomielitis

Osteomielitis adalah infeksi pada tulang yang bisa menyebar ke bagian tulang lain melalui jaringan terdekat atau aliran darah. Meski jarang terjadi, osteomielitis termasuk kondisi serius yang bisa mengakibatkan komplikasi tambahan. 

3. Nyeri haid  

Tulang kemaluan nyeri juga bisa disebabkan oleh proses ovulasi yang menyakitkan saat haid. Pada kondisi ini Anda mungkin mengalami rasa sakit yang luar biasa saat menstruasi.

Kondisi ini disebut dengan dismenore. Mengingat nyeri haid terjadi di perut bagian bawah, terkadang ini membuat area di sekitar tulang kemaluan juga terasa sakit.

4. Infeksi saluran kemih (ISK)

ISK terjadi akibat infeksi bakteri di saluran kemih yang meliputi uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal. Infeksi ini sering kali menyebabkan rasa nyeri di bagian panggul dan area sekitar tulang kemaluan. 

Baca Juga: 5 Cara Ini Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

5. Kehamilan

Kehamilan adalah satu penyebab umum tulang kemaluan terasa nyeri, terlebih di usia kehamilan yang sudah memasuki trimester ketiga.

Mengingat tulang kemaluan berada di sekitar panggul, ini juga menyebabkan nyeri panggul saat hamil. Kondisi ini disebut dengan symphysis pubis diastasis (SPD). 

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan nyeri tulang kemaluan. Meski beberapa penyebab nyeri dapat hilang dengan sendirinya, pada kondisi tertentu nyeri tulang kemaluan bisa mengarah pada kondisi yang lebih serius.

Beberapa cara mengatasi nyeri bisa Anda lakukan untuk meredakan gejalanya. Namun, jika kondisi nyeri tak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan kondisi Anda.

Selanjutnya: 5 Cara Sederhana Agar Menstruasi Bisa Kembali Lancar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News