ads

5 Cara Sederhana Agar Menstruasi Bisa Kembali Lancar

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 01 November 2021 | 14:20 WIB
5 Cara Sederhana Agar Menstruasi Bisa Kembali Lancar

ILUSTRASI. 5 Cara Sederhana Agar Menstruasi Bisa Kembali Lancar


MOMSMONEY.ID - 

Setiap wanita memiliki siklus menstruasiyang berbeda. Normalnya, haid datang setiap 21-35 hari sekali. Haid disebut tidak teratur ketika jadwalnya datang lebih cepat atau lebih lama dari yang seharusnya.

Untuk membantu melancarkan haid agar kembali normal, ada cara-cara yang bisa Anda lakukan. Tenang saja, selama tidak disertai gejala-gejala lainnya, menstruasi yang tidak lancar masih dapat dianggap wajar.

Ketidaklancaran menstruasi yang dialami wanita pun dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari perubahan hormon hingga gaya hidup yang kurang sehat.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Memperlancar Program Hamil

Berikut berbagai pilihan cara memperlancar jadwal haid yang berantakan:

1. Istirahat cukup

Stres pikiran dan capek fisik bisa mengancaukan siklus haid yang tadinya normal. Haid bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari seharusnya. Anda bahkan mungkin saja haid dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak sama sekali ketika sedang stres.

2. Rutin berolahraga

Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan yang dilakukan rutin setiap hari juga tak hanya akan membuat tubuh terasa lebih bugar, tapi juga dapat membuat menstruasi lebih lancar.

Yoga merupakan jenis olahraga yang sangat dianjurkan, karena dapat membantu meredakan stres dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Beberapa gerakan yoga seperti standing pose triangle dan half-moon cukup baik dilakukan untuk merilekskan otot panggul.

3. Meditasi

Meditasi adalah cara sederhana untuk membantu melancarkan haid. Meditasi membantu mengurangi stres dengan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. 

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Vagina dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini

4. Kelola stres

Tidak hanya hormon, stres juga dapat memengaruhi siklus menstruasi seseorang. Hal ini terjadi karena saat stres, hormon kortisol dalam tubuh menjadi tidak seimbang, dan akan memengaruhi hypothalamus, yaitu hormon yang mengatur periode menstruasi.

5. Menjaga berat badan sehat

Terlalu kurus atau terlalu gemuk sama-sama bisa mengacaukan jadwal menstruasi. Oleh sebab itu, menjaga berat badan tetap ideal menjadi cara terbaik untuk memperlancar haid Anda tiap bulannya.

Jika cara-cara tadi belum juga ampuh untuk membuat menstruasimu lancar, jangan ragu untuk diskusikan hal ini dengan dokter ya, untuk mendeteksi dini jika ada permasalahan kesehatan yang mungkin dialami. 

Selanjutnya: Cara Menghitung Siklus Menstruasi dan Masa Subur yang tepat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER